Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Tidak Lulus SBMPTN Bagaimana? Berikut Beberapa Hal yang Dapat Kamu Lakukan

Kompas.com - 24/06/2022, 11:04 WIB
Jika Tidak Lulus SBMPTN Sumber Gambar: Pexels.com Jika Tidak Lulus SBMPTN
Rujukan artikel ini:
Wangsit (Pawang Soal Sulit) Hots…
Pengarang: Tim Tentor Master
|
Editor Novia Putri Anindhita

Banyak sekali siswa dan siswi yang sudah lulus SMA ingin melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi, khususnya Perguruan Tinggi Negeri.

Tidak mengherankan jika seleksi untuk bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri sangatlah ketat dan sulit, sehingga dibutuhkan persiapan yang matang sebelum menghadapinya.

Salah satu seleksi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri ialah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), berupa ujian seleksi yang biasanya cukup dinanti-nantikan oleh para siswa-siswi di Tanah Air.

Namun, untuk bisa lulus SBMPTN tidaklah mudah, karena bisa dibayangkan seberapa banyak peserta yang mengikuti ujian seleksi yang satu ini.

Kuota SBMPTN yang tidak begitu banyak menyebabkan beberapa calon mahasiswa harus rela menerima jika mereka tidak lolos SBMPTN.

Akan tetapi, bagi kamu yang nantinya tidak lolos SBMPTN jangan dulu bersedih maupun berkecil hati, sebab terdapat beberapa alternatif lain yang bisa kamu lakukan jika tidak lulus SBMPTN.

Ada beberapa hal yang bisa kamu pilih dan pertimbangkan jika nantinya tidak lulus SBMPTN, karena hal tersebut bukanlah akhir dari segalanya dan kesempatan kamu untuk tetap kuliah masih terbuka lebar.

Alternatif apa sajakah yang bisa dipilih dan dilakukan jika nantinya tidak lulus SBMPTN?

Alternatif yang Dapat Dilakukan Jika Tidak Lulus SBMPTN

1. Mempersiapkan Diri untuk Mencoba Kembali di Tahun Depan

Siapa bilang jika kesempatan mengikuti SBMPTN itu hanya satu kali?

Faktanya kamu dapat mengikuti SBMPTN kembali di tahun depan dan tahun depannya lagi, alias masih ada dua kali kesempatan jika kamu belum lolos.

Justru dengan kegagalan kali ini akan membuat kamu jauh lebih memahami materi soal UTBK SBMPTN melalui tes yang sudah kamu ikuti.

Manfaatkan waktu gap year yang kamu miliki untuk belajar lebih giat dan keras lagi, supaya bisa memahami berbagai materi yang diujikan pada soal UTBK SBMPTN.

Banyak cara yang bisa dilakukan seperti mengikuti bimbingan belajar yang saat ini aksesnya sangat mudah dan biayanya pun bisa dibilang cukup terjangkau.

2. Mengikuti Jalur Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri

Jika cita-cita dan impian kamu adalah kuliah di Perguruan Tinggi Negeri, maka tidak ada salahnya untuk mencoba jalur seleksi mandiri yang biasanya dibuka oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang ada.

Biasanya seleksi melalui jalur ini diadakan oleh pihak Perguruan Tinggi Negeri itu sendiri, sehingga terdapat beberapa syarat yang harus kamu perhatikan dan ikuti.

Tidak hanya itu, jalur seleksi mandiri pun biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga kamu harus mempersiapkan finansial agar bisa mengikuti seleksi melalui jalur ini.

Masing-masing Perguruan Tinggi Negeri memiliki rincian biaya dan syarat yang berbeda-beda, sehingga wajib hukumnya bagi kamu untuk mulai mencari tahu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Mendaftarkan Diri di Perguruan Tinggi Swasta

Jika kalian tidak ingin menunggu SBMPTN tahun depan, atau dirasa terlalu berat dalam hal biaya jika mengikuti jalur seleksi mandiri, maka jalan yang dapat dipilih ialah dengan berkuliah di universitas swasta yang saat ini kualitasnya tidak kalah bagus dengan Perguruan Tinggi Negeri.

Jangan termakan gengsi dengan pola pikir Perguruan Tinggi Negeri terasa jauh lebih keren ketimbang universitas swasta, sebab dalam dunia kerja itu semua bisa terpatahkan.

Namun, jika kuliah di universitas swasta pun masih terkendala biaya, jangan khawatir, sebab ada beberapa universitas swasta yang menawarkan beasiswa bagi calon mahasiswanya, sehingga opsi ini bisa menjadi pilihan kamu untuk tetap memilih mengemban ilmu di universitas swasta.

4. Mencari Pengalaman Terlebih Dahulu dengan Bekerja

Pada akhirnya tujuan utama dari kuliah ialah untuk mendapatkan pekerjaan yang bisa menjamin kelangsungan hidup.

Oeh karena itu, saat kamu memilih gap year sambil menunggu seleksi SBMPTN tahun depan, tidak ada salahnya jika memilih untuk bekerja terlebih dahulu sebagai bekal pengalaman yang berharga.

Selain bisa mendapatkan penghasilan untuk biaya kuliah nantinya, pengalaman yang kamu dapatkan ketika bekerja pun akan membentuk karakter menjadi lebih tangguh, giat, dan dewasa, sehingga saat memasuki bangku kuliah, kamu akan dengan mudah mampu beradaptasi secara cepat.

5. Kuliah di Luar Negeri

Terakhir, jika kamu belum lolos SBMPTN, mungkin kamu mau mencoba untuk kuliah di luar negeri, baik dengan modal sendiri atau jika terkendala biaya, kamu dapat mencari beasiswa untuk bisa kuliah di luar negeri.

Bagi beberapa orang yang memiliki orang tua dengan penghasilan yang mumpuni, mungkin kuliah di luar negeri bukan menjadi soal, tapi jangan berkecil hati untuk kamu yang tidak memiliki biaya yang cukup karena ada beasiswa yang bisa menjadi kesempatan.

Cari saja beasiswa kuliah di luar negeri dan persiapkan segala sesuatunya agar kamu bisa mendapatkan beasiswa tersebut, supaya kesempatan untuk belajar di luar negeri bisa kamu dapatkan.

Mungkin saja kegagalan kamu lulus SBMPTN bisa menjadi berkah lainnya dengan kuliah di luar negeri.

Jadi, jangan pernah berkecil hati jika kamu belum diberi kesempatan untuk lulus SBMPTN, karena ternyata masih ada hal yang bisa kamu lakukan dan pilih sebagai jalan keluar.

Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kamu dapat mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mengikuti tes seleksi SBMPTN seperti belajar latihan soal UTBK SBMPTN di buku berikut ini.

Buku Wangsit (Pawang Soal Sulit) HOTS SBMPTN Saintek 2022 dan Wangsit (Pawang Soal Sulit) HOTS SBMPTN Soshum 2022 adalah dua buku soal latihan UTBK SBMPTN yang dijamin bisa membantu kamu untuk memperbesar peluang lulus seleksi SBMPTN.

Kedua buku Wangsit ini akan membekali siswa sesuai jurusan yang dipilih dalam mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi negeri dengan materi yang dibahas secara mendalam, beserta drilling soal per topik bahasan melalui pembahasan yang mudah dipahami.

Tak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan soal prediksi dan try out SBMPTN yang akurat sehingga mampu memberikan gambaran kepada siswa mengenai soal yang akan diujikan nantinya.

Kedua buku ini dapat langsung kamu beli dan pesan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com