Apa Arti Ara-Ara dalam Bahasa Jepang? Kenali Berbagai Istilah Populer yang Sering Dipakai di Dunia Anime

Kompas.com - 18/05/2022, 16:00 WIB
Apa itu Ara-ara Sumber Gambar: Freepik.com Apa itu Ara-ara
Rujukan artikel ini:
Spy x Family 01
Pengarang: Endo Tatsuya
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Salah satu bahasa asing yang paling populer dan banyak digunakan oleh para anak muda Indonesia adalah bahasa Jepang. Temukan Tips Belajar Bahasa Jepang disini!

Kepopuleran anime dan manga Jepang tentunya semakin membuat kehadiran bahasa Jepang menjadi semakin tidak asing lagi di telinga masyarakat Tanah Air.

Akibatnya, ada banyak sekali kalimat atau istilah-istilah dalam bahasa Jepang yang terasa familiar dan sering digunakan di media sosial, salah satunya adalah istilah ara-ara.

Istilah ara-ara sendiri awalnya dipopulerkan oleh Mutsumi Otohime, salah satu karakter dalam anime dan manga Love Hina yang tayang pada tahun 2006 lalu.

Ara-ara memiliki arti dan makna yang beragam, jadi penting bagi kita untuk memahaminya dengan baik agar tidak salah dalam mengartikannya.

Berikut adalah penjelasan mengenai arti dan makna ara-ara dalam bahasa Jepang.


Baca juga: Ottoke


Pengertian dan Makna Ara-Ara

Kata ara-ara memang menjadi salah satu istilah yang cukup familiar di kalangan pecinta anime dan manga Jepang, tapi tidak semua orang bisa memahami apa maknanya.

Dalam bahasa Indonesia, ara-ara bisa diartikan sebagai “ya ampun”, “astaga”, “wow”, dan beberapa kata lain yang tujuannya adalah untuk menunjukkan situasi yang mengejutkan.

Di media sosial, ara-ara kerap dipakai oleh para perempuan yang dalam bahasa Jepang disebut dengan istilah “Oneesan”.

Dalam anime atau manga, ara-ara sering digunakan oleh beberapa karakter yang memiliki sifat ceroboh, misalnya sering menyenggol gelas hingga tumpah atau menyenggol orang yang sedang berjalan.

Ada beberapa kalimat yang biasanya menggunakan istilah ara-ara, seperti:

Ara-Ara Gomen yang berarti “maaf” atau “aduh”.

Ara-Ara Kimochi yang berarti “wah, enaknya”.

Ara-Ara Sayonara yang berarti “wah, selamat tinggal”.

Selain istilah ara-ara, sebenarnya masih banyak sekali istilah dalam bahasa Jepang lainnya yang tidak kalah populer di media sosial.

Biar tidak salah mengartikan dan memaknainya, berikut adalah beberapa istilah populer yang sering digunakan dalam anime dan manga yang perlu kamu ketahui.

Berbagai Istilah Populer dalam Dunia Manga dan Anime Jepang

1. Wibu

Kata Wibu sebenarnya berasal dari serapan bahasa Inggris yakni Weeaboo.

Istilah ini sering sekali digunakan oleh orang non-Jepang yang fanatik dan tergila-gila dengan anime, manga, dan budaya Jepang lainnya.

Sayangnya, banyak masyarakat yang memandang para Wibu sebagai orang yang sedikit aneh karena mereka dianggap sudah mengabaikan dan melupakan budaya serta identitas bangsanya sendiri.

2. Husbu dan Waifu

Husbu atau Husbando diambil dari bahasa Inggris “Husband” yang berarti suami.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Biasanya digunakan oleh para pecinta anime saat tertarik pada karakter laki-laki hingga menjadikannya sebagai pacar atau suami khayalannya.

Sedangkan Waifu bisa diartikan sebagai istri, sering digunakan untuk karakter perempuan anime yang sangat disukai atau diidamkan untuk menjadi istri khayalannya.

3. Kawaii

Secara harfiah, Kawaii berarti imut atau comel.

Istilah ini sering digunakan untuk memuji atau mendeskripsikan sesuatu yang mengemaskan.

Kawaii tidak hanya digunakan untuk mendefinisikan fisik atau penampilan seseorang, tapi juga benda atau barang-barang lain yang terlihat lucu.

4. Sensei

Sensei adalah salah satu istilah yang paling populer, biasanya digunakan untuk menyebut seseorang atau tokoh yang dihormati karena memiliki pengetahuan yang luas seperti guru, dokter, pengacara, dan masih banyak lagi.

5. Nani!

Kata Nani biasanya sering diucapkan dengan nada tinggi sehingga membuat banyak orang menganggapnya sebagai ungkapan marah atau kecewa.

Padahal istilah Nani sebenarnya bisa diartikan sebagai “apa itu?” atau “apa yang kamu lakukan?”.

Sering diucapkan dengan nada tinggi karena istilah ini sifatnya informal dan biasanya digunakan saat sedang berbicara dengan teman sebaya atau yang usianya lebih muda.

Itulah beberapa istilah populer yang sering sekali digunakan dalam dunia anime maupun manga Jepang.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin mengenal lebih banyak istilah lain, kamu bisa membaca beberapa manga Jepang seperti Spy x Family karya Endo Tatsuya dan Gokushufudo - The Way of House Husband karya Kousuke Oono.

Spy x Family bercerita mengenai seorang agen mata-mata yang bertugas untuk melakukan spionase akibat dari adanya perang dingin antara negara Westalis dan Ostania.

Ia kemudian menyamarkan identitasnya dan menggunakan nama samaran “Loid Forger”.

Dalam tugasnya, ia menyusup ke area sekolah untuk mengadopsi seorang anak perempuan bernama Anya yang ternyata memiliki kemampuan telepati dan ahli membaca pikiran orang lain.

Di sana, ia akan bertemu dengan Yor Briar, calon istrinya di masa depan yang merupakan seorang pembunuh bayaran, tapi sedang menyamar sebagai pegawai kantoran.

Manga ini akan mengajak kamu untuk mengikuti berbagai aksi-aksi spionase Forger yang akan membuat kamu terkesima.

Gokushufudo - The Way of House Husband mengisahkan tentang Tatsu, seorang mantan bos Yakuza yang ditakuti dan disegani musuh, tapi tiba-tiba menghilang dan ternyata berakhir menjadi bapak rumah tangga.

Manga bergenre komedi dan slice of life ini akan membawa premis cerita yang menarik dengan dialog yang absurd.

Dijamin bisa membuat kamu tertawa ngakak saat mengikuti perjalanan kisah para karakternya yang super random.

Jika kamu tertarik dan ingin memiliki komik-komik Jepang ini, kamu bisa mendapatkannya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.