Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku Lulus SBMPTN Terbaik untuk Menggapai Perguruan Tinggi Negeri Impian Kamu

Kompas.com - 22/04/2022, 11:06 WIB
Buku lulus SBMPTN Sumber Gambar: Freepik.com Buku lulus SBMPTN
Rujukan artikel ini:
Wangsit (Pawang Soal Sulit) Hots…
Pengarang: Tim Tentor Master
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat dengan SBMPTN, merupakan salah satu jalur yang bisa kamu tempuh untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.

Meskipun umumnya penerimaan mahasiswa jalur SBMPTN memiliki kuota yang lebih besar dibandingkan jalur tes lainnya, namun kamu tetap perlu mempersiapkan diri dengan matang karena banyaknya saingan yang akan kamu hadapi.

Salah satu persiapan yang perlu kamu lakukan untuk bisa lolos seleksi tes SBMPTN adalah belajar dengan giat dan sering berlatih menyelesaikan soal-soal dari materi yang akan diujikan.

Tidak hanya berisi bank soal yang bisa kamu kerjakan sebagai latihan, namun buku SBMPTN juga akan memberikan kamu kisi-kisi dan prediksi soal yang up-to-date beserta dengan pembahasannya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku yang bisa membantu kamu untuk lulus SBMPTN dan menggapai perguruan tinggi negeri yang kamu idam-idamkan.

4 Rekomendasi Buku Lulus SBMPTN Terbaik

1. Wangsit (Pawang Soal Sulit) HOTS SBMPTN 2022 Saintek dan Soshum – Tim Tentor Master

Meskipun nilai minimum yang dibutuhkan untuk bisa lulus SBMPTN adalah 500, namun sering kali kamu membutuhkan nilai yang lebih besar untuk bisa diterima di jurusan-jurusan tertentu, terutama di jurusan favorit yang banyak diminati.

Buku yang telah menjadi mega best seller ini akan menjanjikan kamu untuk bisa mencapai skor sebesar 750 melalui berbagai fasilitas yang diberikan di dalamnya.

Menurut tim penulis, seleksi penerimaan mahasiswa menggunakan pola ujian tulis berbasis komputer atau yang biasa disebut dengan UTBK, saat ini memiliki tingkat kesulitan dengan menerapkan jenis soal penalaran tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Dengan cakupan materi yang luas dan memiliki keterkaitan antara materi satu dan yang lainnya, hal ini kemudian menuntut siswa peserta seleksi untuk bisa berpikir kreatif dalam menyelesaikan persoalan yang baru.

Selain itu, soal ujian juga dirancang untuk bisa mengukur kemampuan umum yang dimiliki oleh para peserta sebagai calon mahasiswa, dalam menentukan keberhasilannya pada semua program studi.

Untuk mengatasi tantangan ini, tim penulis dari Tentor Master menghadirkan buku ini yang bisa menjadi bekal bagi para siswa dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tes SBMPTN nantinya.

Selain mendapatkan bank soal yang bisa kamu gunakan sebagai latihan, kamu juga akan mendapatkan akses gratis untuk mengikuti try out online yang disediakan oleh leson.id, serta fasilitas video bedah soal yang dijelaskan langsung oleh tim tentor berpengalaman.

Dilengkapi dengan soal prediksi SBMPTN beserta pembahasan yang mudah dipahami, kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan akurat terkait soal-soal yang akan diujikan.

2. Bedah Kisi-Kisi 2022 SBMPTN & UM Mandiri Saintek dan Soshum – Forum Tentor Indonesia

Buku setebal 900 halaman lebih ini memuat hingga 4000 bank soal beserta pembahasannya yang dibedah hingga tuntas menggunakan penjelasan yang mudah kamu pahami.

Selain berisikan latihan soal untuk mempersiapkan kamu menghadapi ujian, buku ini juga menghadirkan tips dan trik menggunakan rumus cerdik ala bimbel, sehingga kamu bisa lebih cepat dalam mengerjakan soal perhitungan.

Terdapat berbagai fasilitas lain yang juga akan kamu dapatkan, mulai dari beragam aplikasi untuk mengikuti try out, Tes Potensi Akademik (TPA), aplikasi CBT, serta aplikasi motivasi sukses.

Bagi kamu yang masih ragu dalam memutuskan jurusan yang akan kamu ambil, buku ini juga bisa membantu memberikan solusi dengan membagikan tips sukses memilih jurusan SBMPTN yang bisa kamu ikuti dan praktikkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu juga bisa bergabung dalam grup belajar UTBK 2022 yang disediakan oleh tim penulis melalui link yang diberikan di dalam buku, sehingga kamu akan semakin semangat untuk belajar dengan bertemu teman-teman seperjuangan.

Sama seperti buku sebelumnya, buku ini juga dilengkapi dengan video tutorial bedah soal SBMPTN dan UM Mandiri, yang akan membantu kamu untuk bisa semakin menguasai materi-materi yang diujikan.

Untuk semakin matang dalam mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN, tim penulis dari Forum Tentor Indonesia juga memberikan bonus CD yang berisi software untuk melakukan simulasi CBT berbasis komputer yang bisa kamu lakukan di rumah.

3. Bank Soal UTBK SBMPTN 2022 Saintek dan Soshum – Tim Tentor Kreatif

Bagi kamu yang mencari buku SBMPTN dengan harga yang lebih terjangkau, buku ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk kamu.

Meskipun memiliki harga yang cenderung lebih murah dibandingkan buku-buku SBMPTN lainnya, namun buku ini juga tidak kalah lengkap dengan menyediakan 18 paket soal, baik TPS dan TKA beserta dengan pembahasannya.

Sama seperti buku-buku sebelumnya, buku ini juga akan memberikan kamu kisi-kisi terkait materi yang keluar dalam soal ujian, diikuti dengan kiat-kiat sukses yang akan meningkatkan kesempatan kamu bisa lulus SBMPTN.

Kelebihan buku ini adalah adanya fasilitas link dari website beasiswa perguruan tinggi yang akan membantu kamu untuk mendapatkan beasiswa selama berkuliah dan bisa meringankan beban ekonomi yang harus kamu tanggung.

Buku ini juga menyediakan tes kepribadian ala MBTI yang bisa kamu isi untuk mengetahui dan lebih memahami tipe kepribadian dari diri kamu, sehingga kamu pun bisa memaksimalkan potensi yang kamu miliki.

4. The Master Key UTBK SBMPTN TPS–TKA 2022 Saintek dan Soshum – Tim Widya Gamma dan Tim Quantum

Rekomendasi buku SBMPTN selanjutnya yang juga memiliki harga cukup terjangkau ialah The Master Key UTBK SBMPTN TPS–TKA 2022, baik untuk jurusan Saintek maupun Soshum.

Sama halnya dengan buku-buku SBMPTN lainnya, buku ini juga memberikan bank soal yang tak kalah lengkap sebagai latihan untuk mempersiapkan kamu dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan.

Selain berisi berbagai paket soal, mulai dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) beserta latihan try out-nya, kamu juga akan mendapatkan ringkasan materi yang bisa semakin memudahkan kamu saat belajar.

Kamu pun bisa mengikuti try out online yang disediakan oleh tim penulis dan memperoleh berbagai link untuk mengunduh aplikasi latihan soal SBMPTN, aplikasi latihan soal US/USP, tips dan trik melalui video di Youtube, serta simulasi tes TOEFL.

Tidak hanya bisa membantu kamu untuk mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN, namun buku ini juga sekaligus bisa menjadi bekal bagi kamu yang ingin mengikuti jalur penerimaan mahasiswa lain, seperti SIMAK atau ujian mandiri lainnya.

Kamu juga akan memperoleh LJD atau Lembar Jawaban Digital yang dibagikan di dalam buku, sehingga kamu bisa melakukan simulasi layaknya saat mengikuti tes SBMPTN yang sesungguhnya.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku lulus SBMPTN ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com