Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Cara Mencari Modal Awal untuk Membangun Bisnis yang Bisa Kamu Lakukan

Kompas.com - 29/03/2022, 09:00 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Bisnis Modal Gratisan Hasil Jutaan
Pengarang: Jefferly Helianthusonfri
|
Editor Ratih Widiastuty

Selain memikirkan ide dan memilih strategi yang tepat dalam membangun sebuah bisnis, hal lain yang tak kalah penting untuk kamu persiapkan adalah memiliki modal awal.

Meskipun saat ini terdapat beberapa alternatif usaha tanpa modal yang bisa kamu lakukan seperti menjadi dropshipper, namun sebagian besar bisnis pada dasarnya membutuhkan modal.

Jika kamu memilih merintis bisnis dengan sistem dropshipper pun, modal awal bisa membantu kamu untuk lebih cepat mengembangkan bisnis dan melakukan lebih banyak inovasi.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mencari modal awal untuk membangun bisnis atau usaha impian kamu.

Cara Mencari Modal Awal untuk Membangun Bisnis

1. Tabungan Pribadi

Tabungan pribadi merupakan cara paling umum dan mudah untuk bisa mendapatkan modal awal dalam membangun sebuah usaha.

Namun, cara ini cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama dan bergantung dari seberapa banyak uang yang bisa kamu sisihkan dari pengeluaran sehari-hari kamu.

Kamu pun tidak bisa menggunakan seutuhnya uang di tabungan pribadi kamu sebagai modal bisnis untuk berjaga-jaga jika suatu saat terjadi pengeluaran yang tidak terduga.

Namun jika kamu memang mampu menggunakan tabungan pribadi sebagai modal awal untuk membangun usaha, maka kamu bisa memiliki kendali penuh atas bisnis yang kamu jalankan karena tidak perlu "meminta" uang kepada investor.

2. Meminjam kepada Teman atau Keluarga

Sebelum melakukan pinjaman kepada pihak luar atau mencari investor, kamu bisa memanfaatkan orang-orang terdekat untuk meminjam dana sebagai modal awal usaha.

Kamu bisa menjelaskan dengan lebih santai mengenai ide atau gambaran bisnis yang ingin kamu bangun agar mereka mengerti tujuan kamu dalam meminjam uang.

Jika mereka berkenan, kamu bisa membuat kesepakatan bersama terkait jangka waktu dan seberapa besar bunga yang nantinya perlu kamu kembalikan kepada mereka.

Meskipun terlihat mudah, namun kamu perlu berhati-hati agar jangan sampai merusak hubungan dengan orang yang telah mempercayai dan meminjamkan kamu uang.

3. Menjual atau Menggadaikan Aset

Jika tidak memiliki tabungan pribadi yang cukup serta tidak mendapatkan pinjaman dari orang terdekat, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menjual atau menggadaikan aset yang kamu miliki.

Pastikan kamu telah memperhitungkan untung dan rugi dalam penjualan atau penggadaian aset tersebut agar hasilnya sepadan atau menjanjikan untuk dijadikan sebagai modal usaha.

Kamu bisa menjual atau menggadaikan aset berupa emas, perhiasan, barang elektronik, BPKB, dan lain-lain.

4. Pinjaman Bank

Jika tidak memungkinkan untuk menjual aset yang kamu miliki, maka cara lain yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan pinjaman di bank.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Terdapat berbagai jenis kredit yang ditawarkan oleh bank, baik dengan jaminan atau pun tanpa agunan, yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun kamu bisa mendapatkan bantuan dana dengan nominal yang cukup besar, namun pahami dengan matang mengenai bunga dan cicilan yang harus kamu tanggung.

Buatlah perkiraan terlebih dahulu terkait dana yang setidaknya harus kamu bayarkan untuk memenuhi cicilan per bulan, agar pinjaman kamu tidak menunggak dan mendapat bunga yang semakin besar.

5. Mencari Investor Melalui P2P Lending

Peer-to-Peer Lending merupakan sebuah inovasi baru yang tengah populer saat ini, di mana penyelenggara jasa keuangan akan mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman untuk melakukan perjanjian pinjam meminjam melalui sistem elektronik.

Terdapat banyak website serta aplikasi yang menyediakan layanan ini sekarang, namun pastikan untuk memilih yang telah terdaftar di OJK agar aman dan menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

P2P Lending bisa menjadi salah satu cara yang cepat dan praktis untuk mendapatkan modal awal memulai usaha, karena syarat pendaftarannya pun terbilang cukup mudah.

Namun kamu perlu berhati-hati dan jeli dalam melihat bunga yang perlu kamu bayarkan karena umumnya P2P Lending memiliki bunga yang tergolong cukup besar.

Nah, itulah beberapa sumber untuk mendapatkan modal awal dalam membangun bisnis yang ingin kamu jalankan.

Jika kamu ingin merintis sebuah bisnis namun terhambat karena memiliki modal yang terbatas, buku Bisnis Modal Gratisan Hasil Jutaan yang ditulis oleh Jefferly Helianthusonfri bisa membantu kamu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Di era digital seperti saat ini, bisnis online bisa menjadi solusi yang mudah untuk membangun usaha dengan modal minim, namun tetap memperoleh keuntungan yang besar.

Melalui buku ini, penulis akan mengupas bagaimana kamu bisa memulai bisnis di internet, melakukan digital marketing, hal-hal yang perlu kamu persiapkan, semuanya dibahas step by step sehingga mudah untuk kamu ikuti.

Kamu akan mendapatkan berbagai panduan terkait menemukan ide bisnis, cara berjualan online, membuat website, program iklan di internet seperti Google AdSense, memulai affiliate marketing, dan masih banyak lagi.

Buku ini juga dilengkapi dengan puluhan video tutorial digital marketing, meliputi pembahasan SEO, copywriting, Instagram Ads, Twitter Ads, Facebook Ads, dan lain-lain, yang akan membantu kamu untuk bisa mengembangkan bisnis agar semakin sukses.

Kamu bisa mendapatkan buku Bisnis Modal Gratisan Hasil Jutaan ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com