Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam Investasi Jangka Panjang Menguntungkan yang Bisa Kamu Coba

Kompas.com - 07/03/2022, 11:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Reksa Dana: Pahami, Nikmati!
Pengarang: Rudiyanto
|
Editor Novia Putri Anindhita

Melakukan investasi adalah langkah yang tepat agar bisa memberikan kenyamanan finansial di saat kondisi serba tidak pasti.

Setidaknya, berinvestasi dapat meringankan beban di saat situasi tengah darurat di masa depan nanti.

Masing-masing orang pastinya memiliki tujuan yang berbeda-beda saat akan melakukan investasi, mulai dari memutar dana yang tersedia agar bisa menghasilkan keuntungan, sementara yang lainnya untuk mengamankan dana agar bisa menjadi penopang hidup di masa depan.

Jika dibagi, investasi sendiri memiliki dua jenis perbedaan berdasarkan hasil yang ingin didapatkan, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun, jika ingin memiliki kebebasan finansial saat masa tua nanti, investasi jangka panjang bisa menjadi pilihan yang tepat sebab hasil yang akan diperoleh baru akan terasa dan terlihat dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sebelum memutuskan untuk memilih investasi jangka panjang apa saja yang bisa dicoba untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang, jauh lebih bagus jika kamu mempelajari terlebih dahulu beberapa macam investasi jangka panjang.

Dari berbagai macam investasi jangka panjang yang ada, pastikan dana dan ilmu yang kamu punya sudah tercukupi agar tidak asal pilih berinvestasi hanya karena iming-iming keuntungan, tapi perlu pemahaman juga yang bisa menghindarkan kamu dari risiko kerugian.

Macam-Macam Investasi Jangka Panjang

1. Properti

Walaupun memerlukan modal yang cukup besar untuk memulai investasi properti, tapi hasil dari keuntungan yang akan didapatkan nantinya pun akan berlipat-lipat ganda besarnya sebab prospek investasi properti semakin bagus setiap tahunnya.

Harga tanah dan bangunan yang semakin naik setiap tahunnya akibat jumlah lahan yang tetap tapi jumlah penduduk yang terus bertambah, membuat permintaan akan kebutuhan properti semakin tinggi dan membludak.

2. Saham

Seiring perkembangan zaman, investasi saham kini tidak hanya dapat dilakoni oleh kalangan tertentu saja, sebab dengan modal yang kecil sekarang hampir semua kalangan masyarakat bisa menjadi investor saham asalkan mampu memahami cara kerjanya.

Selain mampu memberikan keuntungan melalui dividen, pemegang saham juga bisa memperoleh keuntungan lainnya dari kegiatan jual-beli saham di pasar saha, sehingga dapat menjadi pilihan investasi jangka panjang yang menjanjikan keuntungan.

3. Emas

Investasi emas memang tidak pernah terasa usang karena harga emas yang stabil membuat instrumen investasi yang satu ini masih diminati oleh banyak orang sebagai pilihan investasi jangka panjang yang aman dan menghasilkan keuntungan.

Harga emas yang cenderung naik setiap tahunnya bisa menjadi pegangan yang pasti untuk investasi jangka panjang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, emas juga mampu bertahan dari gerusan inflasi serta mudah ditukarkan menjadi uang, sehingga bisa dijadikan instrumen investasi jangka panjang yang menjamin keamanan finansial.

4. Obligasi

Obligasi merupakan investasi berbentuk surat utang tanda bukti atas transaksi peminjaman yang dilakukan oleh pihak penerbit obligasi dengan pihak pemilik dana dengan durasi waktu investasi selama 2 hingga 3 tahun atau bahkan lebih.

Keuntungan yang didapatkan melalui bunga pinjaman menjadikan obligasi sebagai instrumen investasi jangka panjang yang menawarkan keuntungan yang menggiurkan dengan tingkat keamanan yang terjamin sebab dilindungi oleh undang-undang.

5. Reksa Dana

Terakhir ada reksa dana yang bisa dipilih sebagai instrumen investasi jangka panjang karena kamu tidak membutuhkan keahlian khusus jika ingin memulainya dan modal untuk berinvestasi reksa dana juga tergolong kecil.

Semua kegiatan investasi akan ditangani oleh seorang profesional yang akan membagi modal kamu ke beberapa tempat dengan diversifikasi risiko, sehingga kamu dapat menghemat waktu dan berinvestasi dengan tenang.

Kini semua pilihan ada di tangan kamu untuk memilih instrumen investasi jangka panjang mana yang terasa paling cocok untuk menjadi tempat investasi yang menguntungkan.

Namun, jika reksa dana menjadi instrumen investasi yang akan kamu pilih dan coba, buku yang satu ini bisa menjadi sumber ilmu dan pedoman yang tepat untuk dibaca.

Buku Reksa Dana: Pahami, Nikmati! yang ditulis oleh Rudiyanto akan menjadi media yang tepat dan sempurna untuk memahami jenis investasi yang satu ini.

Buku ini menawarkan segala hal yang perlu kamu ketahui mengenai reksa dana, mulai dari definisi, tata cara investasi, peraturan, riset-riset tentang reksa dana, hingga praktiknya sendiri.

Semua hal tentang reksa dana yang dibahas akan memudahkan kamu dalam memahami dan menjalankan investasi reksa dana dengan pemahaman yang mumpuni.

Buku Reksa Dana: Pahami, Nikmati! bisa kamu beli dan pesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com