Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 4 Cara agar Semangat di Pagi Hari yang Juga Baik untuk Kesehatan

Kompas.com - 23/02/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The 5 Am Club
Pengarang: Robin Sharma
|
Editor Almira Rahma Natasya

Bangun dari tempat tidur di pagi hari terkadang bisa menjadi suatu hal yang tidak mudah untuk dilakukan.

Padatnya aktivitas dan tugas yang harus diselesaikan, serta rutinitas yang berulang setiap harinya, bisa membuat kamu merasa jenuh dan seakan tidak siap untuk memulai hari.

Meskipun hal ini wajar untuk dirasakan oleh setiap orang, namun jika terus dibiarkan terjadi dalam waktu yang lama, akan berdampak terhadap produktivitas dan membuat kamu jadi terbiasa memiliki mood yang kurang bagus di pagi hari.

Beruntungnya, hal ini bisa diatasi dengan membangun rutinitas pagi yang menyehatkan dan bisa membuat kamu jadi lebih semangat untuk memulai hari.

Selain itu, rutinitas pagi juga bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan kebahagiaan, mengurangi tingkat stres, dan membangun emosi serta perasaan positif untuk menjalani hari dengan lebih tenang.

Berikut ini adalah empat cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai hari dengan penuh motivasi dan juga semangat.

4 Cara agar Semangat di Pagi Hari yang Juga Baik untuk Kesehatan

1. Bangun Tepat Waktu

Mungkin sebagian besar orang tidak menyadari jika ketepatan waktu ketika bangun di pagi hari memberikan banyak pengaruh terhadap emosi atau mood yang kamu rasakan sepanjang hari.

Jangan mengulur waktu dan segeralah bangkit dari tempat tidur saat mendengar alarm berbunyi.

Semakin kamu menunda-nunda, maka akan semakin sulit dan membutuhkan usaha yang lebih keras untuk membuat kamu terbangun nantinya.

Selain itu, jangan langsung mengecek ponsel begitu kamu bangun dari tidur.

Akan lebih baik jika kamu pergi ke kamar mandi dan membasuh atau mencuci muka sehingga kamu merasa lebih segar dan terjaga sepenuhnya.

Dengan bangun tepat waktu, kamu memberi ruang kepada diri kamu untuk bisa menikmati suasana pagi, seperti membuka jendela dan melihat matahari yang akan terbit, menghirup udara segar, serta nuansa yang masih sunyi dengan sesekali terdengar cicit dari burung-burung yang berada di sekitar rumah.

Hal ini tentunya akan meningkatkan mood atau perasaan kamu serta bisa membuat kamu menjadi lebih rileks dan santai, karena memiliki waktu yang lebih banyak untuk menjalankan aktivitas tanpa perlu merasa tergesa-gesa.

2. Melakukan Olahraga Ringan atau Meditasi

Dibandingkan hanya duduk dan scrolling media sosial setelah berhasil bangun dari tidur, menggerakkan badan dengan melakukan olahraga ringan atau yoga bisa membuat kamu merasa jauh lebih segar.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik juga terbukti bisa membuat tubuh kamu memproduksi hormon endorfin yang bisa mengurangi rasa sakit, menghilangkan stres, dan memberikan energi positif yang baik untuk memulai hari.

Kamu bisa melakukan jogging atau lari kecil di sekitar rumah, bisa juga berolahraga ringan di dalam ruangan dengan melakukan sit up dan push up, atau bisa juga mengikuti video di Youtube yang membahas tentang olahraga.

Jika kamu merasa tidak memiliki waktu untuk berolahraga di pagi hari, kamu bisa menggunakan alternatif lain dengan melakukan meditasi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sempatkan waktu 5 – 10 menit saja untuk sejenak duduk dan berkonsentrasi menenangkan tubuh serta pikiran kamu.

Suasana pagi yang sunyi dan tenang menjadi waktu yang tepat dan bisa memudahkan kamu untuk berkonsentrasi saat melakukan meditasi.

Banyak manfaat yang akan kamu rasakan dengan bermeditasi di pagi hari, seperti mengontrol perasaan cemas, mengurangi stres, mengatur emosi dan pikiran negatif, mencegah tekanan darah tinggi, serta masih banyak lagi.

3. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik favorit bisa membuat kamu jadi lebih bersemangat dan meningkatkan mood, sehingga kamu akan merasa lebih bahagia untuk memulai hari.

Pastikan untuk mendengarkan musik yang bisa memberi energi positif dan semangat, bukan lagu yang bisa membuat kamu larut dalam nuansa sedih dan muram.

4. Minum Segelas Air atau Infused Water

Minum segelas air putih ketika perut kosong setelah tidur semalaman memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menyeimbangkan kerja sistem getah bening dan bisa mendorong metabolisme tubuh.

Selain itu, minum segelas air putih di pagi hari juga bisa membuat kamu menjadi lebih berenergi dan membuat tubuh terhidrasi.

Jika ingin meminum sesuatu yang menyegarkan namun tetap menyehatkan, kamu juga bisa menyiapkan infused water sebelum tidur untuk kemudian kamu minum keesokan harinya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai rutinitas pagi yang selain bisa membuat kamu jadi lebih bersemangat, juga memberikan dampak yang baik untuk kesehatan.

Untuk membuat kamu semakin termotivasi agar bisa bangun tepat waktu dan memulai hari dengan rutinitas pagi yang menyehatkan, kamu bisa membaca buku The 5 Am Club yang ditulis oleh Robin Sharma.

Di dalam buku ini, penulis memaparkan mengenai betapa pentingnya untuk bangun dan memulai aktivitas sejak pukul lima pagi serta memanfaatkan waktu pagi yang kamu miliki dengan sebaik mungkin.

Menurut Robin, dengan memaksimalkan waktu pagi dengan melakukan kebiasaan yang baik bisa memberikan banyak manfaat, seperti membuat hidup kamu menjadi lebih sukses, bahagia, dan juga lebih bermakna.

Hal ini telah dibuktikan melalui pengalaman pribadi penulis yang merupakan seorang ahli kepemimpinan dan pembicara terkemuka, serta pendiri dari sebuah perusahaan nirlaba yang telah banyak membantu anak-anak kurang mampu untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Selain dibuktikan oleh Robin sendiri, dampak positif dari membangun kebiasaan atau rutinitas pagi yang dibagikan di dalam buku ini juga telah dirasakan oleh banyak tokoh-tokoh sukses dunia untuk memaksimalkan produktivitas dengan tetap melindungi ketenangan serta kesehatan tubuh.

Kamu bisa mendapatkan buku The 5 Am Club ini dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com