Mengenal Mata Uang Virtual, Bitcoin adalah Jenis Cryptocurrency yang Diminati oleh Banyak Orang

Kompas.com - 14/01/2022, 22:12 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Bitcoin 101
Pengarang: Sigit Putra Tanoko, St
|
Editor Novia Putri Anindhita

Teknologi digital yang semakin berkembang dengan pesat membuat beragam hal dapat dibuat dan dilakukan secara virtual demi memudahkan banyak orang untuk menggunakannya.

Hal-hal seperti kendaraan umum, belanja kebutuhan sehari-hari, sekolah, hingga transaksi keuangan kini bisa dilakukan secara virtual menggunakan teknologi yang sangat canggih, sehingga memudahkan kita untuk mengakses dan melakukannya.

Geliat transaksi keuangan secara virtual yang semakin tinggi dan meningkat menciptakan sebuah cara baru dalam bertransaksi finansial, yaitu kehadiran bitcoin yang disebut sebagai mata uang virtual.

Bitcoin merupakan jenis cryptocurrency berbentuk mata uang virtual yang menawarkan transaksi keuangan dengan biaya yang lebih ekonomis dibandingkan dengan pembayaran online lainnya.

Namun, karena bitcoin tidak memiliki bentuk fisik atau wujud keberadaannya bisa dibilang tidak ada, maka penggunaannya dilarang di beberapa negara karena berpotensi memunculkan transaksi yang ilegal.

Akan tetapi, bitcoin sendiri mempunyai sistem keamanan yang dijamin kuat dan terpercaya, sehingga masih banyak orang yang menggunakannya hingga saat ini.

Pengertian Bitcoin

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang dibuat, digunakan dan disimpan secara digital yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 dengan teknologi blockchain sebagai wadah untuk melakukan transaksi bitcoin.

Penggunaan atau transaksi bitcoin secara garis besar menggunakan media internet tanpa memerlukan perantara seperti jasa bank, sehingga bisa dilakukan secara lebih praktis dan ekonomis.

Bitcoin memakai cryptography untuk menunjang keamanan dasar, seperti menegaskan jika bitcoin hanya bisa dipergunakan oleh orang yang memang benar-benar memilikinya serta tidak dapat dilakukan lebih dari satu kali.

Bitcoin juga kerap dipandang sebagai sebuah instrumen investasi baru oleh beberapa orang karena mampu memberi keuntungan yang memuaskan, sehingga banyak sekali yang memperjualbelikan bitcoin di pasaran.

Karena berbentuk virtual, bitcoin secara umum disimpan dalam komputer pribadi dengan menggunakan format file wallet atau dapat pula disimpan dalam wallet yang disediakan oleh pihak ketiga, sehingga kepemilikannya sendiri bisa dibilang anonim karena tidak memerlukan identitas untuk memilikinya.

Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin

1. Kelebihan Bitcoin

  • Berpotensi Tumbuh Pesat

Kebanyakan orang atau investor yang membeli bitcoin banyak yang menahannya dengan jaminan jika di masa yang akan datang bitcoin akan lebih banyak dipergunakan, sehingga nilai dari bitcoin sendiri akan meningkat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  • Transaksi yang Cenderung Aman

Saking anonimnya, untuk melakukan transaksi bitcoin sendiri tidak memerlukan identitas, sehingga data pribadi yang biasanya dibutuhkan untuk transaksi perbankan secara digital mutlak tidak ada dan pencurian data pribadi pun tidak akan terjadi.

  • Tidak Melibatkan Pihak Ketiga

Karena berada di luar kendali dari pihak ketiga mana pun, seperti bank dan otoritas pemerintah, maka saat terjadi krisis keuangan dan resesi hebat, bitcoin tidak akan terpengaruh sama sekali sebab menjadi mata uang alternatif yang terdesentralisasi.

2. Kekurangan Bitcoin

  • Risiko Diretas yang Cukup Besar

Walaupun memiliki teknologi blockchain yang dipercaya mampu memberikan keamanan saat melakukan transaksi, tapi bitcoin sendiri sudah masuk menjadi target yang menarik bagi para hacker, sehingga tidak menutup kemungkinan risiko diretas bisa saja terjadi.

  • Penggunaan yang Masih Terbatas

Meskipun sudah bisa diterima oleh beberapa negara dan perusahaan sebagai bentuk pembayaran yang sah, namun bitcoin sendiri masih sangat terbatas untuk bisa dipergunakan dalam berbagai jenis transaksi keuangan.

  • Tidak Terlindungi oleh SIPC

SIPC (Securities Investor Protection Corporation) adalah sebuah perusahaan yang melindungi para investor yang melakukan investasi, tapi sayangnya perusahaan ini tidak memasukkan Cryptocurrency seperti bitcoin di dalamnya.

Bagaimana, apakah kini kamu sudah mulai paham dan mengerti tentang bitcoin? Jika masih memerlukan referensi tambah seperti buku investasi saham, buku tentang bitcoin yang satu ini pun kiranya akan cocok untuk dibaca.

Buku berjudul Bitcoin 101 yang ditulis oleh Sigit Putra Tanoko merupakan panduan yang praktis dan mudah untuk kamu dalam mempelajari seluk-beluk tentang dunia bitcoin.

Kamu akan menemukan poin-poin penting mengenai bitcoin, seperti penjelasan perihal bitcoin, definisi dari blockchain, hingga faktor yang menyebabkan harga awal dari bitcoin.

Hanya dengan 87 halaman, kamu sudah mendapatkan ringkasan materi tentang bitcoin yang akan menambah wawasan serta Informasi yang akan membantu kamu sebelum melakukan transaksi pembelian untuk salah satu instrumen investasi yang mulai dilirik oleh banyak orang ini.

Buku ini tersedia di Gramedia.com dan kamu sudah bisa membelinya sekarang juga.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.