Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku You Do You: Sebuah Perjalanan untuk Menemukan Arti Kehidupan

Kompas.com - 07/06/2022, 17:20 WIB
Sumber gambar: instagram.com/moi.gramedia
Rujukan artikel ini:
You Do You: Discovering Life…
Pengarang: Fellexandro Ruby
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Saat ini buku-buku self improvement sering masuk ke dalam daftar best seller di berbagai toko buku.

Selain karena isi bacaannya yang ringan, buku-buku ini juga secara tidak langsung dinilai mampu untuk membangkitkan kembali semangat orang-orang yang sempat merasa down dalam menjalani kehidupan.

Salah satu buku self improvement yang cocok masuk ke daftar bacaanmu saat ini adalah buku karya Fellexandro Ruby yang berjudul You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness.

Buku ini fokus membahas berbagai masalah yang biasanya terjadi dalam kehidupan manusia, seperti kebimbangan dalam menentukan pilihan, merasa asing dengan diri sendiri, merasa jauh tertinggal dengan teman-teman yang lain, dan masih banyak masalah lain yang tidak jauh-jauh dari kehidupanmu.

Selain fokus pada masalah, buku ini juga akan memberikan berbagai solusi, cara, dan tips yang bisa kamu terapkan untuk mencapai tujuan hidup dan menemukan arti kehidupan yang sesungguhnya.

Bagian yang Menarik dalam Buku Ini

1. Paham Diri = Percaya Diri

Dalam hidup ini kita sering sekali menjalani saran dari teman, mentor, atau rekan kerja mengenai berbagai hal, tapi ternyata tidak semuanya berhasil dan bisa diterima oleh kita sendiri, kenapa bisa begitu?

Ini semua terjadi karena kita sebenarnya belum benar-benar memahami dan mengenal diri sendiri.

  • Seberapa sering kita menjenguk diri sendiri dan menanyakan apa yang menjadi kesulitan kita sendiri?
  • Seberapa sering kita mengulas diri sendiri untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan kita?

Kalau kamu masih kesulitan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, berarti kamu belum mengenal dirimu sendiri, untuk itu kamu bisa menemukan beberapa caranya dalam buku ini.

2. The Story Mindset

Bagian ini cocok sekali untuk orang-orang yang masih galau dalam menentukan pilihan karir yang tepat.

Tapi dalam buku ini Ruby akan memberikan tips dan trik menarik yang bisa kamu terapkan saat kamu berada diantara dua pilihan karir yang membuatmu bimbang, yaitu dengan cara fast forward atau membayangkan jauh ke masa depan sehingga kamu bisa mengetahui mana pilihan yang lebih baik untuk kamu jalani.

3. When Does Your Mind Work Best?

Kalimat “Work Smarter, Not Harder” sepertinya sering sekali kita dengar sebagai salah satu kalimat motivasi, tapi menurut Ruby kalimat ini jauh dari kesan efektif, mengapa?

Hal ini karena produktivitas sebenarnya bukan hanya soal mendahulukan prioritas atau soal mengerjakan sesuatu dengan cepat, tapi juga soal bagaimana kita mengerjakannya.

Dalam mengerjakan apapun, kita harus memahami bahwa ada jam-jam tertentu dimana kita bisa mengalokasikan energi yang kita punya, tapi ada juga saat-saat dimana tubuh kita membutuhkan istirahat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ini biasa disebut sebagai “jam pintar” dan “jam bodoh”.

Nah, tugas utama kita adalah menemukan “jam pintar” dan ”jam bodoh” tersebut, dan kamu akan temukan caranya dalam buku ini.

Ulasan atau Review Buku You Do You

Buku yang terdiri dari lima bab ini akan menuntun para pembaca untuk bisa menemukan arti kehidupan dengan cara mengenali diri sendiri, dan memberi gambaran bahwa kita punya banyak sekali opsi untuk bisa berkembang menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Terlebih untuk orang-orang yang saat ini memasuki usia 20 tahun dan sedang merasakan beratnya tuntutan untuk menjadi dewasa, serta harus mempersiapkan masa depan.

Buku ini akan menemani kamu menemukan dan mengeksplorasi minat dan bakat yang kamu punya.

Buku ini juga tidak dipenuhi dengan tulisan yang padat, kamu akan menemukan banyak sekali ilustrasi cantik yang membuatmu nyaman saat membacanya.

Ruby juga menulis buku ini dengan gaya bahasa yang mengalir dan tidak bertele-tele.

Banyak sekali kalimat positif yang rasanya benar-benar bisa mengubah kebiasaan dan gaya hidup seseorang untuk menjadi lebih baik lagi dari hari ke hari.

Di setiap akhir bab juga penulis menyediakan dua lembar halaman kosong yang disediakan untuk kamu jika ingin menulis berbagai hal yang sedang ada dalam pikiranmu saat membaca buku ini.

Buku ini sangat tepat untuk menemani kamu menemukan berbagai arti kehidupan dari berbagai sudut pandang.

Bagi kamu yang tertarik ingin membaca lebih lanjut, buku You Do You karya Fellexandro Ruby ini bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Saat ini, kamu pun bisa baca buku versi digitalnya di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com