Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku Belajar Pidato, Supaya Handal Pidato Tentang pendidikan

Kompas.com - 28/07/2023, 11:30 WIB
rekomendasi buku belajar pidato Sumber: pexels/Fauxels rekomendasi buku belajar pidato
Rujukan artikel ini:
Pidato 3 Bahasa: Arab, Inggris,…
Pengarang: Abdul Rohman
|
Editor Rahmad

Belajar berpidato bukanlah hal yang mudah, karena kita harus bisa menerapkan konsep tentang apa saja yang akan kita bawakan dan kita sampaikan kepada pendengar.

Apalagi, jika pembahasan pidato tentang pendidikan, di mana kamu juga harus memahami isi yang akan disampaikan, sehingga mudah dicerna.

Sebelum melakukan pidato, tentunya kamu harus mempersiapkan dengan matang, misalnya saja naskah pidato.

Dengan begitu, isi pidato yang akan kamu sampaikan akan lebih mudah untuk dicerna oleh pendengar kamu karena sudah tersusun secara sistematis.

Kamu sedang menyiapkan naskah pidato tentang pendidikan atau berbagai tema lainnya?

Sebelum itu, yuk pelajari terlebih dahulu tentang pidato secara keseluruhan supaya pidato tentang pendidikan yang kamu sampaikan bisa mudah dicerna.

Berikut rekomendasi buku untuk belajar pidato yang bisa kamu pelajari.

Rekomendasi Buku Tentang Pidato

1. Pidato 3 Bahasa: Arab, Inggris, Indonesia

Buku mahir pidato 3 bahasa: Arab, Inggris, dan Indonesia ini karya Abdul Rohman yang mendapatkan tanggapan antusias dari berbagai siswa dan juga para santri karena berisi tiga bahasa, yaitu teks pidato dalam Bahasa Indonesia, teks pidato dalam Bahasa Inggris, dan juga teks pidato dalam Bahasa Arab.

Jadi, buku ini sangat membantu para pembaca yang ingin berlatih pidato dan juga bisa membantu dalam memenangkan pidato untuk kamu yang ingin ikut lomba pidato.

Buku yang berjumlah 192 halaman ini tidak hanya menyajikan berbagai tema pidato, tetapi juga menjelaskan tentang teknik dalam berpidato sekaligus contoh dari teks Master Ceremony atau pembawa acara dalam tiga Bahasa.

2. Mahir Pidato dan MC: Panduan Praktis Menyingkirkan Rasa Gugup

banyak orang yang mempunyai ide brilian, tetapi tidak bisa atau tidak pandai dalam menyampaikan ide itu kepada orang lain.

Banyak orang yang berkeringat atau bahkan gemetar pada saat harus tampil di podium.

Melalui buku berjudul Mahir Pidato dan MC: Panduan Praktis Menyingkirkan Rasa Gugup karya Adelina Nurmalasari, kamu bisa mempelajari berbagai teori untuk bisa menjadi seorang pembicara yang andal dan bisa diminati oleh banyak orang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai macam contoh naskah pidato dan juga MC dalam berbagai kesempatan, sehingga kamu sudah memiliki acuan naskah dalam menyusun teks atau naskah pidato yang ingin kamu buat.

3. Jangan Pidato Sebelum Baca Buku Ini

Pidato merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan banyak orang. Pidato sendiri dilakukan dengan menggunakan Bahasa yang baik dan juga bisa diterima oleh para pendengarnya.

Biasanya, orang melakukan pidato akan menyampaikan sebuah gagasan kepada para pendengarnya.

Isi pidato biasanya akan menjelaskan tentang ide dan petunjuk.

Tidak jarang juga berisikan nasihat kepada para pendengarnya. Jadi, isi pidato tergantung dengan konteks atau kondisi dari pidato tersebut.

Buku Jangan Pidato Sebelum Baca Buku Ini karya Silviantika NZ bisa menjadi buku pedoman untuk kamu yang ingin mahir dalam berpidato.

Buku ini berisikan tentang pidato, jenis-jenis dari pidato, metode dalam berpidato, cara meningkatkan kepercayaan diri, bagaimana mengatasi demam panggung, mengendalikan situasi dan juga membuat teks pidato yang efektif dan sistematis.

Buku yang berjumlah 280 halaman ini juga dilengkapi dengan contoh dalam berpidato di berbagai situasi, misalnya pidato hari Kartini, peringatan hari ibu, sumpah pemuda, pidato tentang pendidikan di hari pendidikan, hingga sambutan untuk berbagai acara.

4. Juara Pidato 3 Bahasa (Arab-Inggris-Indonesia)

Buku Juara Pidato 3 Bahasa(Arab-Inggris-Indonesia) karya Andi Holilulloh, S.Pd.I., M.A adalah buku yang paling mudah untuk digunakan para siswa atau pun santri sebagai panduan dalam berlatih atau berlomba pidato.

Di dalam buku ini tidak hanya menyajikan berbagai tema pidato saja, tetapi juga menyajikan berbagai macam teknik yang bisa kamu lakukan pada saat pidato dan juga contoh teks Master Ceremony atau pembawa acara dalam tiga Bahasa.

Buku ini memang disusun untuk membantu para siswa, mahasiswa atau santri yang ingin berlatih pidato dalam tiga bahasa, atau bahkan ingin melakukan lomba pidato dalam tiga bahasa.

Dengan cara menyesuaikan konteks yang ada, kamu bisa menambah atau mengurangi isinya sesuai dengan kondisi.

Nah, itulah beberapa rekomendasi buku pidato yang bisa kamu jadikan sebagai panduan dalam berpidato berbagai tema, tanpa terkecuali pidato tentang pendidikan. Semua buku rekomendasi di atas, bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com