Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Kalimat Pembukaan Pidato untuk Berbagai Acara, Singkat dan Mudah Dihafalkan

Kompas.com - 02/05/2023, 10:00 WIB
Contoh Pembukaan Pidato Sumber Gambar: Freepik.com Contoh Pembukaan Pidato
Rujukan artikel ini:
Buku Mudah Dan Cepat Kuasai…
Pengarang: Kholifatul Adha
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Pidato merupakan sebuah pengungkapan pikiran ke dalam bentuk kalimat atau kata-kata yang nantinya akan ditujukan kepada khalayak umum.

Pidato pada dasarnya bertujuan untuk memotivasi dan meyakinkan para pendengar, atau bisa juga dijadikan sebagai sarana untuk mencairkan suasana yang terlalu tegang.

Dalam berpidato, ada beberapa metode dan etika yang perlu diikuti agar setiap kalimat yang disampaikan bisa lebih sistematis dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pendengar.

Salah satu langkah awal yang tidak boleh dilupakan adalah membuat dan mempersiapkan naskah yang akan disampaikan dalam pidato supaya kamu bisa latihan terlebih dahulu.

Dalam berbagai acara, kalimat pembuka pidato menjadi salah satu bagian yang penting untuk disiapkan.

Membuat kalimat pembuka pidato sebenarnya bisa dikatakan sebagai tugas yang mudah sekaligus susah karena keberhasilan pembacaan pidato tidak terlepas dari pembuka pidato itu sendiri.

Bagi kamu yang masih bingung dalam membuat kalimat pembukaan pidato, berikut ini ada beberapa referensi yang bisa kamu jadikan contoh.

Contoh Kalimat Pembukaan Pidato

1. Pidato Perpisahan Sekolah

Selamat pagi, yang terhormat kepada bapak/ibu guru serta staf sekolah, dan teman-teman sekalian yang saya sayangi.

Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk hadir.

Di pagi hari yang cerah ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat anugerah dan berkatnya kita bisa berkumpul bersama-sama di tempat ini.

Perkenalkan, nama saya Edo, murid kelas 12-1.

Terima kasih saya ucapkan karena sudah diberikan kehormatan untuk memberikan pidato perpisahan untuk angkatan tahun 2020 ini.

Sebelum memulai pidato, ada sebuah pepatah yang mengingatkan saya tentang perjalanan hidup yang sudah kita jalani selama di sekolah, yakni “Goodbye are not the end. They simply means I’ll miss you forever, until we meet again”.

2. Pidato tentang Kebersihan Lingkungan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat iman dan kesehatan sehingga kita bisa berkumpul bersama pada hari ini.

Melalui pidato singkat ini, saya ingin menjelaskan mengenai kebersihan sekaligus ingin mengajak hadirin sekalian untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita.

Pada dasarnya, Allah SWT sangat menyayangi orang-orang yang suka membersihkan segala sesuatu yang ada padanya, jadi mulai sekarang marilah kita menjaga kebersihan untuk kebaikan dan keselamatan diri sendiri serta orang lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Pidato tentang Menuntut Ilmu

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang para hadirin sekalian, salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat dan karuniaNya sehingga kita bisa berkumpul dalam acara yang berbahagia ini.

Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan sebuah pidato singkat mengenai pentingnya menuntut ilmu dalam kehidupan.

Pada dasarnya, ilmu akan membuat hidup kita terasa jauh lebih mudah, sekaligus bisa meninggikan derajat dan membantu kita untuk mendapatkan kebaikan di sisi Tuhan.

4. Pidato tentang Pentingnya Puasa

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, pada hari ini kita semua masih diberikan kesempatan untuk berkumpul sekaligus menjalankan aktivitas dengan baik.

Terima kasih kepada bapak dan ibu sekalian yang telah memberikan waktunya untuk hadir di acara ini.

Semoga kita semua sama-sama diringankan langkahnya, dilembutkan hatinya, dan dipanjangkan umurnya agar selalu bisa mempelajari ilmu-ilmu agama.

Semoga kita senantiasa mendapatkan karunia dari Allah SWT sehingga kita bisa mendapatkan kebaikan dan petunjuk dari Allah SWT.

Hadirin sekalian yang saya banggakan, pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk menyampaikan sebuah pidato tentang “Pentingnya Menjalankan Ibadah Puasa bagi umat Islam”.

Itu dia beberapa contoh kalimat pembukaan pidato yang bisa kamu jadikan referensi.

Jika diberi kesempatan untuk berpidato dan kamu masih sering merasa tidak percaya diri, membaca Buku Mudah dan Cepat Kuasai Public Speaking karya Kholifatul Adha mungkin bisa membantu kamu.

Rasa khawatir, cemas, dan panik yang dirasakan sebelum naik panggung sebenarnya merupakan tanda-tanda kamu mengalami demam panggung.

Hal ini bisa diatasi dan diimbangi dengan kemampuan public speaking yang baik sehingga nantinya kamu bisa menguasai audiens selama berpidato.

Buku ini menyajikan berbagai teori mengenai public speaking yang bisa membantumu tampil percaya diri, dan bahkan menjadikan kamu sebagai pembicara yang andal.

Dalam Buku Mudah dan Cepat Kuasai Public Speaking juga menyajikan beberapa contoh naskah pidato yang bisa kamu jadikan sebagai bahan latihan sekaligus referensi dalam membuat naskah pidato.

Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa membeli di toko buku Gramedia terdekat, atau melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com