Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Berikut Ini agar Memberikan Kesan

Kompas.com - 04/04/2023, 09:00 WIB
Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Sumber Gambar: Freepik.com Contoh Pidato Perpisahan Sekolah
Rujukan artikel ini:
Jangan Pidato Sebelum Baca Buku…
Pengarang: SILVIANTIKAN NZ
|
Editor Ratih Widiastuty

Di balik pertemuan, tentunya akan ada perpisahan karena sejatinya itu adalah fase kehidupan manusia yang mau tak mau harus diterima serta dijalani.

Tidak terkecuali dengan saat-saat ketika masih bersekolah, sebab pertemuan dan kebersamaan bersama teman-teman pada akhirnya harus berakhir dengan perpisahan.

Perasaan sedih dan haru tentunya akan dirasakan karena perpisahan yang dialami bukan hanya dengan teman-teman satu sekolah saja, tapi ada guru dan staf pula yang harus kita tinggalkan.

Biasanya akan ada momen atau acara perpisahan yang dikemas dengan wisuda maupun perpisahan yang diadakan oleh pihak sekolah.

Dalam momen tersebut, biasanya akan ada sesi memberikan pidato perpisahan untuk mengenang kembali kebersamaan selama proses menuntut ilmu.

Pada umumnya, pidato perpisahan akan berisi ucapan terima kasih, permintaan maaf, hingga kesan selama menuntut ilmu, baik di sekolah maupun universitas.

Pidato ini penting sekali dilakukan agar sebelum berpisah dengan teman-teman maupun guru, kita bisa mengungkapkan perasaan selama ini.

Pidato perpisahan akan menjadi tonggak mengharukan karena tentunya akan ada emosi yang turut serta mewarnainya.

Bagaimanakah pidato perpisahan sekolah yang bisa coba untuk dibawakan? Simak beberapa contohnya berikut ini.

Pidato Perpisahan Sekolah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati, bapak kepala sekolah SMA Negeri 1 Suka Mulya, para guru dan staf SMA Negeri 1 Suka Mulya, dan teman-teman seperjuangan yang saya cintai.

Pertama-tama, puji dan syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT karena sudah memberikan rahmat-Nya untuk kita semua dengan berkumpul di sini untuk merayakan momen perpisahan yang indah ini.

Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para guru yang dengan sabar sudah mau membimbing, mendidik, dan mengajari saya banyak ilmu dan pelajaran yang amat sangat berharga.

Semoga jasa bapak dan ibu guru semua bisa dibalas oleh Allah SWT.

Saya pun ingin meminta maaf jika selama ini sering sekali membuat kesalahan dan kenakalan selama proses belajar di sekolah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Mungkin ada tingkah laku saya yang secara tidak sengaja melukai hati bapak dan ibu guru sekalian.

Saya harap, bapak dan ibu guru sekalian bisa memberikan maaf untuk kenakalan dan kesalahan saya selama menjadi siswa di sekolah ini.

Serta untuk teman-teman seperjuangan yang sekarang sudah lulus, semoga perjuangan kita di universitas maupun dunia kerja dapat dilancarkan.

Terima kasih untuk kebersamaannya selama tiga tahun ini dalam menemani dan mewarnai hari-hari dengan penuh suka cita.

Mungkin setelah lulus dari sini kita akan sangat jarang sekali bertemu, tapi memori akan kenangan yang tercipta akan selalu tersimpan dalam benak saya.

Semoga dalam fase kehidupan selanjutnya, kita semua dapat menjadi pribadi yang jauh lebih baik dan mampu menghargai setiap usaha serta kerja keras yang sudah kita upayakan selama ini.

Saya akan selalu mengenang setiap momen dan pelajaran yang sudah saya dapatkan di SMA Negeri 1 Suka Mulya ini.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih sekali lagi atas kebaikan dan perhatiannya, semoga kita bisa dipertemukan kembali di lain kesempatan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Rekomendasi Buku Pidato

Untuk menunjang kemampuan pidato agar lebih mumpuni, kamu bisa membaca buku Jangan Pidato Sebelum Baca Buku Ini karena mengungkap rahasia para ahli pidato sukses berbicara di depan umum.

Pidato merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan khalayak ramai yang harus dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik serta mampu diterima oleh audiens.

Topik pembicaraan dalam sebuah pidato pun harus menjelaskan ide dan petunjuk sesuai dengan konteks yang ingin disampaikan.

Oleh karena itu, diperlukan kiat dan tips yang tepat untuk bisa membantu melakukan pidato dengan cara yang benar agar makna dari isi pidato itu sendiri bisa tersampaikan dengan baik pada pendengar.

Buku ini bisa menjadi pedoman untuk kamu yang ingin mahir berpidato karena berisi materi yang dibutuhkan, seperti pengertian pidato, jenis-jenis pidato, metode berpidato, cara meningkatkan rasa percaya diri, bagaimana mengatasi demam panggung, mengendalikan situasi, serta membuat teks pidato yang efektif dan sistematis.

Beli bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com