Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Pidato Singkat tentang Kebersihan

Kompas.com - 28/06/2023, 12:00 WIB
 Pidato Singkat tentang Kebersihan Sumber Gambar: Freepik.com Pidato Singkat tentang Kebersihan
Rujukan artikel ini:
Jangan Pidato Sebelum Baca Buku…
Pengarang: SILVIANTIKAN NZ
|
Editor Ratih Widiastuty

Pidato merupakan sebuah sarana untuk menyampaikan pesan pada suatu momen penting di hadapan banyak orang.

Ada beberapa jenis pidato yang sering disampaikan di acara-acara penting, seperti pidato lengkap dengan beberapa contoh kisah orang-orang sukses dunia atau pidato yang isinya singkat.

Adapun berbagai jenis tema pidato yang biasa disampaikan pembicara saat berpidato, antara lain adalah pidato tentang bisnis, politik, akademis, isu sosial, agama, dan kebersihan.

Pidato singkat juga akan lebih bisa dicermati isinya daripada berpidato panjang lebar yang akhirnya bisa membuat orang yang mendengarkan menjadi bosan dan suasana acara jadi tidak efektif.

Dalam pidato singkat mengandung beberapa kalimat persuasif, atau kalimat ajakan atau perintah.

Pidato dengan tema kebersihan menjadi salah satu materi yang sering dibawakan karena kebersihan merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui banyak orang agar lingkungan menjadi bersih dan segar.

Akan tetapi kebersihan bukan hanya persoalan yang sering dihadapi oleh beberapa titik lingkungan saja, namun kebersihan tubuh juga sangatlah penting untuk diketahui banyak orang.

Adapun contoh teks pidato singkat mengenai kebersihan adalah sebagai berikut

Contoh Pidato Singkat tentang Kebersihan

Assalamualaikum Wr. Wb, Shalom, salam sejahtera untuk kita semua, Shalom, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena bisa mempertemukan kita pada acara penting kali ini sehingga kita bisa lebih berilmu setelah selesai acara ini.

Yang saya hormati Bapak dan Ibu pimpinan lembaga Kerakyatan serta para hadirin dan hadirat yang telah hadir pada acara ini.

Perkenalkan nama saya Muhammad Alfian dari Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan penyampaian tentang kebersihan agar kita selalu dalam keadaan bersih dan segar.

Perlu kita sadari bersama bahwa lingkungan merupakan tempat kita untuk menggantungkan hidup.

Maka dari itu, kita semua harus bisa lebih menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan agar kita semua bisa hidup dengan damai dan bisa selalu dalam keadaan sehat.

Pelajaran mengenai menjaga kebersihan sebenarnya lebih baik untuk diajarkan kepada anak-anak kecil karena anak-anak merupakan generasi penerus yang akan membawa lingkungan bahkan negara menuju kemajuan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Akan tetapi para orang dewasa juga perlu disadarkan akan pentingnya menjaga kebersihan agar bisa memberikan edukasi kepada anak-anaknya di rumah.

Banyak orang yang belum mengetahui arti dari kebersihan lingkungan yang sesungguhnya.

Arti dari menjaga kebersihan adalah menjaga kondisi suatu lingkungan agar layak ditinggali oleh masyarakat.

Dengan begitu kesehatan manusia secara fisik juga akan terjaga.

Teman-teman sekalian, menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah bencana yang manusia ciptakan dan bisa mencegah terjadinya penularan penyakit akibat lingkungan yang kotor.

Biasanya masalah penyakit yang sering dihadapi masyarakat adalah penyakit demam berdarah, penyakit kulit, sakit perut, dan malaria.

Beberapa penyakit tersebut merupakan penyakit yang muncul dari lingkungan yang kotor dan sampah yang menumpuk.

Maka dari itu, agar kita semua selalu terjaga dari beberapa penyakit-penyakit tersebut kita harus sadar akan kebersihan lingkungan yang kita tinggali.

Karena dengan lingkungan yang bersih, bisa membuat anak-anak yang sedang tumbuh berkembang bisa lebih sejahtera hidupnya.

Sekian pidato dari Saya, jika kurang berkenan di hati para hadirin, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nah, itulah contoh pidato yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin berpidato singkat mengenai pentingnya menjaga kebersihan.

Bagi kamu yang ingin belajar berpidato atau ingin mengolah cara berbicara, kamu bisa membaca buku Jangan Pidato Sebelum Baca Buku Ini yang ditulis oleh Silviantikan.

Buku Jangan Pidato Sebelum Baca Buku Ini bisa menjadi panduan bagi siapa saja yang ingin menjadi pembicara yang baik.

Buku ini membahas tentang pengertian tuturan, jenis-jenis tuturan, metode tuturan, cara meningkatkan rasa percaya diri, cara mengatasi ketakutan panggung, mengendalikan situasi dan menciptakan tuturan yang efisien dan sistematis.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan contoh pidato dalam berbagai situasi seperti pidato Hari Kartini, sumpah pemuda, merayakan hari ibu, ucapan salam dalam arisan wanita, pidato RT di rapat pengurus, hari pendidikan nasional, pidato di acara ulang tahun pernikahan , khitanan, Maulid Nabi dan upacara lainnya.

Dapatkan segera buku Jangan Pidato Sebelum Baca Buku Ini hanya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com