Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Pidato Singkat tentang Kebersihan yang Dapat Dijadikan Referensi

Kompas.com - 21/06/2023, 13:00 WIB
Pidato Singkat tentang Kebersihan  Sumber Gambar: Pexels.com Pidato Singkat tentang Kebersihan 
Rujukan artikel ini:
Buku Public Speaking for Success
Pengarang: Dale Carnegie
|
Editor Puteri

Pidato adalah kegiatan berbicara di depan banyak orang yang biasanya memiliki pesan atau tujuan yang ingin disampaikan.

Terdapat banyak sekali jenis pidato yang bisa disampaikan di depan khalayak umum, salah satunya seperti pidato tentang kebersihan yang memang saat ini menjadi isu yang penting di tengah perubahan iklim yang semakin tidak menentu.

Pidato tentang kebersihan banyak dipilih sebagai alternatif untuk mengajak banyak orang supaya bisa lebih peduli dan sadar akan kondisi lingkungan yang sudah semakin tidak terawat.

Melalui pidato, pesan mengenai pentingnya dalam menjaga kebersihan akan tersampaikan secara efisien karena para pendengar atau audiens dapat menyerap informasi yang telah disampaikan.

Biasanya pidato sering disampaikan oleh seseorang yang mampu memengaruhi atau mengajak para audiens agar bisa turut mengimplementasikan pesan pada pidato tersebut.

Tidak hanya berisi imbauan saja, pidato yang tepat juga kerap dilengkapi dengan berbagai hal yang bisa menarik empati audiens.

Jadi dapat ditarik kesimpulan jika pidato merupakan aktivitas berbicara di depan umum dengan membahas suatu tema tertentu.

Pidato mempunyai tujuan untuk memberikan pemahaman atau informasi agar memengaruhi orang lain tentang berbagai macam gagasan yang disampaikan secara persuasif.

Lalu, seperti apakah contoh pidato singkat tentang kebersihan? Simak contoh pidato singkat tentang kebersihan berikut ini.

Pidato Singkat tentang Kebersihan

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang terhormat bapak dan ibu guru serta seluruh hadirin yang sudah menyempatkan waktunya untuk hadir hari ini.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT karena sudah memberikan kesehatan serta kesempatan untuk berkumpul pada hari ini.

Para hadirin yang saya hormati, pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato mengenai pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Bumi yang kita tinggali ini mesti kita jaga dan rawat sebagai bentuk rasa syukur karena masih diberi tempat yang layak serta nyaman untuk hidup.

Salah satu cara untuk merawat Bumi sendiri adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya membuang sampah pada tempatnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pasalnya, sampah yang dibuang secara sembarangan, selain mampu membuat kotor lingkungan, juga akan membawa petaka jika dilakukan secara terus menerus.

Bayangkan saja bencana banjir yang akan timbul jika banyak sampah yang tercecer di sungai maupun selokan yang akan membuat aliran air tersumbat dan menimbulkan banjir.

Selain dapat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas, banjir juga mampu memunculkan berbagai macam penyakit, seperti diare, penyakit kulit, bahkan hingga demam berdarah.

Membiasakan diri untuk mengajarkan anak sedari dini untuk membuang sampah pada tempatnya akan menjadi cara paling efektif untuk menjaga lingkungan.

Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan memang harus sudah dipupuk sejak kecil supaya bisa membentuk suatu kebiasaan yang melekat hingga dewasa.

Tidak hanya membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah-sampah plastik juga bisa menjadi usaha kita untuk menjaga kelangsungan kehidupan di muka Bumi ini.

Pisahkan antara sampah organik dan anorganik agar sampai yang dibuang masih bisa memberikan manfaat.

Semoga saja pidato yang saya sampaikan ini dapat mengajak seluruh hadirin semua untuk mulai peduli pada kebersihan lingkungan.

Sekian pidato yang bisa saya sampaikan hari ini, mohon maaf bila ada kata-kata yang mungkin menyinggung.

Wassalamualaikum wr. wb.

Rekomendasi Buku Public Speaking

Untuk meningkatkan kemampuan public speaking demi kelancaran dalam berpidato, maka buku Public Speaking for Success yang ditulis oleh Dale Carnegie bisa dijadikan sumber ilmu yang tepat untuk mengupgrade salah satu soft skill yang sangat penting dalam menghadapi dunia kerja ini.

Buku ini akan memberikan rahasia public speaking yang baik supaya bisa menjadi seorang pembicara hebat yang dapat menaklukkan audiens.

Pembaca akan diajarkan cara berpidato yang benar mulai dari unsur-unsur dasar sampai seni dalam memikat audiens melalui berbagai fitur-fitur menarik, seperti data statistik, menambahkan anekdot, hingga analogi.

Tidak hanya itu, buku ini juga akan mengajarkan cara dalam menggunakan bahasa tubuh yang baik supaya bisa menunjang penampilan di depan khalayak ramai.

Tentunya buku ini akan sangat cocok bagi siapa saja yang mau belajar public speaking.

Pesan dan dapatkan sekarang juga bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com