Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Hidup Minimalis, Menjadi Ringan dan Nyaman

Kompas.com - 11/06/2023, 09:00 WIB
Gaya Hidup Minimalis Sumber Gambar: Freepik.com Gaya Hidup Minimalis
Rujukan artikel ini:
Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo…
Pengarang: Mark Manson
|
Editor Ratih Widiastuty

Gaung gaya hidup minimalis sepertinya sudah sangat kencang diperdengarkan melalui berbagai media yang ada, baik melalui buku, televisi, hingga media sosial.

Apalagi tren gaya hidup minimalis semakin banyak diminati tatkala praktisi-praktisi dalam bidang ini mulai naik daun, sebut saja seperti Marie Kondo dan Fumio Sasaki yang sukses membagikan ilmu menjadi minimalis melalui buku yang mereka tulis.

Meskipun gaya hidup minimalis sudah menjadi populer dan mulai diterapkan oleh beberapa kalangan masyarakat, tapi sepertinya gaya hidup konsumtif masih menjadi pilihan yang sulit untuk ditinggalkan.

Ini tidak mengherankan karena budaya menjadi konsumtif memang sudah ditekankan sejak dahulu kala melalui iklan dan standar kehidupan yang diciptakan di tengah masyarakat.

Banyak sekali produk-produk yang dijual seolah-olah mampu memperbaiki kehidupan dan mesti dimiliki melalui cara pemasaran yang memperdaya masyarakat untuk menjadi lebih konsumtif.

Apabila tidak mampu membeli atau memiliki produk tersebut, komunitas seakan tidak menganggap eksistensi kita sebagai seorang manusia yang bahagia.

Maka, ketika gaya hidup minimalis mulai menjadi tren yang diminati oleh anak muda, hal ini tentu saja menimbulkan beberapa pergeseran kebudayaan yang terasa berbeda.

Namun, apa salahnya tampil berbeda jika mampu meringankan perasaan akan beban kehidupan yang menekankan untuk selalu menjadi konsumtif setiap harinya.

Sudut Pandang Gaya Hidup Minimalis

Meskipun gaya hidup minimalis tidak akan cocok untuk semua orang, tapi jika diterapkan dengan sudut pandang yang tepat, gaya hidup ini justru malah mampu membuat hidup terasa lebih nyaman dan ringan.

Pasalnya, gaya hidup minimalis tidak menuntut kita untuk memiliki barang-barang yang sejatinya memerlukan perhatian untuk dijaga dan dirawat.

Kehidupan sendiri sudah memberikan berbagai macam permasalahan sehingga akan terasa lebih ringan dengan sedikitnya barang-barang supaya kita bisa fokus memilih hal yang lebih penting untuk mendapatkan perhatian kita.

Hidup dengan barang-barang yang sedikit tentunya akan meringankan pikiran dan fisik karena tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk merawat serta menjaga barang-barang yang memang tidak terlalu kita butuhkan tersebut.

Membagi fokus dan perhatian pada berbagai hal justru malah menjadi beban dan tekanan yang menjadikan kehidupan terasa jauh lebih berat untuk dijalani.

Gaya hidup minimalis memberikan solusi dan penghiburan untuk meringankan hidup kita terhadap barang-barang yang hanya menuntut perhatian, fokus, dan tenaga.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain menjadikan hidup lebih ringan, gaya hidup minimalis juga mampu membuat hidup terasa lebih nyaman.

Tidak hanya membantu menentukan perhatian pada hal-hal yang lebih penting, gaya hidup minimalis juga dapat membuat urusan finansial jadi lebih mudah untuk diatur karena sudah tidak ada lagi hasrat untuk memenuhi keinginan dalam membeli barang-barang yang hanya memenuhi ruang, baik secara fisik maupun psikis.

Prinsip Gaya Hidup Minimalis

Tidak bisa disangkal, barang-barang yang kita beli tentunya ke depannya akan menimbulkan masalah, seperti tidak ada ruang untuk menyimpannya atau terjadi kerusakan yang sudah pasti menyulitkan.

Maka dari itu, gaya hidup minimalis akan menghindarkan kita dari kesulitan tersebut sehingga bisa membuat kita lebih fokus pada hal yang jauh lebih penting.

Banyak sekali hal-hal yang jauh lebih berarti daripada hanya sekedar barang-barang dan kenikmatan duniawi sehingga sayang rasanya apabila waktu yang singkat ini hanya digunakan untuk memikirkan kebahagiaan semu ini.

Akan jauh lebih bijak dan bermakna apabila kita bisa fokus dalam mengejar serta mewujudkan mimpi.

Atau mungkin menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kita sayangi supaya setiap detik dan momen yang kita miliki terasa jauh lebih berarti daripada hanya sekedar kenikmatan duniawi.

Prinsip kehidupan dalam memilih hal yang paling penting untuk mendapatkan perhatian kita bisa dipahami lebih lanjut lagi dalam buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat.

Di sini akan kita temukan berbagai prinsip hidup yang dijabarkan oleh Mark Manson berdasarkan pengalaman hidupnya yang tentunya penuh tantangan dan tidak mudah.

Buku ini dapat menjadi sumber insight baru yang mencerahkan tentang bagaimana menjalani kehidupan dengan jauh lebih bahagia.

Kabar baiknya untuk kamu yang sedang mencoba gaya hidup minimalis, buku ini sudah hadir dalam edisi handy.

Edisi handy hadir dengan sampul yang jauh lebih ringan serta kemasan yang lebih dinamis sehingga nyaman untuk digenggam.

Maka bukunya sendiri akan lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana karena tidak memakan tempat yang banyak.

Segera pesan bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com