Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Film tentang Hacker di Netflix yang Seru!

Kompas.com - 19/05/2023, 13:28 WIB
Film tentang Hacker  Sumber Gambar: Pexels.com Film tentang Hacker 
Rujukan artikel ini:
Kitab Hacker
Pengarang: Dedik Kurniawan
|
Editor Puteri

Seiring berkembangnya teknologi, aksi kejahatan juga semakin beragam terjadi tidak hanya di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya atau internet.

Hal tersebut membuka profesi hacker atau peretas memiliki peluang lebih luas untuk menjalankan aksi kejahatannya, salah satunya melakukan pencurian privasi data.

Cerita tentang hacker sering kali menarik perhatian banyak orang sehingga tak jarang hal itu diangkat menjadi karya film.

Ada berbagai film tentang hacker terbaik di Netflix yang seru untuk ditonton dengan menampilkan tokoh cerdik yang menguasai ranah software atau hardware.

Tentunya, film tentang hacker dapat menjadi pembelajaran untuk penonton agar lebih waspada dalam ‘berselancar’ di dunia digital.

Lalu, apa saja film tentang hacker terbaik di Netflix yang seru? Simak rekomendasinya di bawah ini.

7 Rekomendasi Film tentang Hacker di Netflix

1. Unlocked (2022)

Unlocked merupakan film asal Korea Selatan yang mengusung genre thriller tentang keamanan privasi data pada ponsel yang bocor.

Ponsel yang hilang itu kembali kepada pemiliknya, tetapi justru sang pemilik mulai mendapatkan sejumlah teror misterius.

Di sisi lain, seorang detektif sedang menyelidiki kasus pembunuhan berantai yang mengarah pada seorang peretas yang menyadap ponsel pribadi seorang perempuan itu.

2. Cyber Hell: Exposing an Internet Horror (2022)

Film ini mengisahkan tentang pengejaran pelaku kasus penyebaran konten asusila di internet yang diangkat dari kisah nyata di Korea Selatan pada 2020 lalu.

Dalam film Cyber Hell: Exposing an Internet Horror akan berfokus untuk menceritakan tentang pengejaran dua orang pelaku penyebaran konten asusila di internet yang telah merugikan banyak orang.

Mereka memanfaatkan para korban lewat ancaman penyebaran data pribadi dan melakukan pengancaman, pemaksaan hingga memanipulasi korban yang mayoritas adalah perempuan muda agar bersedia mengirimkan foto atau video vulgar.

Lewat tayangan film dokumenter ini, penonton akan disuguhkan dengan perjalanan pihak berwenang dalam melewati berbagai rintangan untuk menangkap dua pelaku kejahatan asusila itu dan menghentikan perbuatannya.

3. The Takeover (2022)

Film The Takeover menceritakan tentang aksi seorang perempuan yang berprofesi sebagai hacker dan mendapatkan tugas untuk menghentikan pencurian data di perusahaan bus swakemudi.

Sayangnya, aksinya tersebut membuat jaringan peretasan kriminal internasional terhenti dan memicu amarah para penjahat.

Mereka lantas melakukan aksi balas dendam dengan membuat video deep fake yang membuatnya dituduh sebagai pembunuh.

Untuk mengembalikan nama baiknya, ia lantas berusaha melacak siapa yang menjebaknya.

4. The Billion Dollar Code (2021)

Film The Billion Dollar Code merupakan serial dokumenter asal Jerman yang diambil dari kisah nyata.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Film ini menceritakan tentang perjalanan sekelompok hacker muda dari Jerman Timur yang meretas sistem komputer IBM dan mengungkapkan celah keamanan hingga mencuri kode bernilai miliaran dolar untuk dijual ke pihak barat.

Alur cerita dalam film akan menampilkan kecerdikan teknis dan petualangan kedua hacker muda itu dalam mengatasi pengawasan pemerintah dan campur tangan politik yang mengintai.

5. The Great Hack (2019)

Film The Great Hack merupakan film dokumenter yang menceritakan tentang skandal Cambridge Analytica yang melibatkan pelanggaran privasi data pengguna Facebook dan pengaruhnya terhadap proses politik.

Film ini menampilkan sejumlah toko ternama, di antaranya Mark Zuckerberg, Birttany Kaiser, Carole Cadwalladr, dan Alexander Nix.

Dalam film dokumenter ini membahas tentang dampak besar dari pengumpulan data dan penggunaan teknik peretasan untuk memengaruhi pemilihan umum.

6. Blackhat (2017)

Film Blackhat dibintangi oleh Chris Hemsworth yang menceritakan tentang seorang peretas yang membantu agen dari Amerika dan China untuk menghentikan kelompok peretas yang berbahaya.

Alur cerita dalam film ini akan menampilkan tentang aksi peretas yang membantu pihak berwenang itu dalam melacak dan menghentikan serangan cyber yang mengancam keamanan dunia.

Selain Chris Hemsworth, film ini juga dibintangi oleh Viola Davis, Wei Tang, dan Wang Leehom.

7. The Imitation Game (2014)

Film The Imitation Game menceritakan tentang seorang jenius yang bertugas memecahkan kode rahasia dalam peristiwa Perang Dunia II.

Ia merupakan matematikawan yang direkrut oleh badan intelijen Inggris untuk memecahkan kode-kode Nazi, termasuk kode Enigma yang disebut sulit untuk dipecahkan.

Di tengah gejolak peperangan dan keterbatasan waktu, ia bersama tim berusaha untuk memecahkan kode tersebut dan berhasil menjadi pahlawan.

Sayangnya, di tengah keberhasilannya itu ia justru harus menghadapi masalah yang membuatnya justru akan dijebloskan ke penjara.

Itulah 7 rekomendasi film tentang hacker di Netflix yang seru dan bisa menjadi referensi untuk menonton di waktu luang.

Nah, untuk kamu yang ingin mempelajari ilmu hacking, buku Kitab Hacker: Kumpulan Teknik-Teknik Hacking Jitu dapat menjadi referensi bacaan.

Tidak semua profesi hacker digunakan untuk hal-hal negatif, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai aktivitas yang positif.

Dalam buku ini akan membahas tentang sejumlah ilmu hacking yang menarik, mulai dari mengendalikan perangkat komputer lain, memperbaiki hardisk yang rusak, mencari data yang hilang atau tersembunyi, hingga teknik menangkal serangan hacking.

Lewat buku ini, penulis bertujuan membuat pembaca lebih memahami tentang teknik hacking agar dapat menghindari para pelaku peretasan.

Maka dari itu, buku ini cocok dibaca oleh siapapun yang tertarik mempelajari dunia teknologi ilmu komputer.

Tertarik untuk menambah pengetahuan tentang profesi sebagai hacker? Baca buku Kitab Hacker: Kumpulan Teknik-Teknik Hacking Jitu yang dapat dibeli di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com