Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik, Cocok Ditonton Bersama Keluarga

Kompas.com - 15/04/2023, 12:00 WIB
 Film Sci Fi Terbaik Sumber Gambar: Freepik.com Film Sci Fi Terbaik
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Menonton film merupakan salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan di akhir pekan.

Saat ini, sudah tersedia banyak sekali genre film mulai dari romance, horror, misteri, thriller, petualangan, sampai sci fi.

Film sci-fi sendiri merupakan singkatan dari science fiction yang ide ceritanya seringkali berkaitan dengan masa depan (futuristic) dan perkembangan teknologi.

Tak hanya itu, film genre sci-fi juga menyuguhkan kisah fiktif yang menegangkan dan mampu membuat penonton berpikir keras.

Jika membutuhkan rekomendasi, berikut ini adalah beberapa film sci fi terbaik yang sangat cocok kamu tonton bersama keluarga di akhir pekan.

Rekomendasi Film Sci Fi Terbaik

1. Avatar (2009)

Film ini memakan waktu yang sangat lama untuk bisa sampai ke layar lebar, sang penulis James Cameron, memulai sendiri ceritanya sejak tahun 1994.

Tak hanya itu saja, James juga menciptakan sendiri bahasa bangsa Na’vi yang akan digunakan dalam film ini.

Mengisahkan tentang seorang mantan marinir bernama Jake Sully yang menggantikan saudara kembarnya sebagai operator satu avatar.

Avatar sendiri merupakan spesies humanoid berkulit biru, memiliki tinggi 3 meter, hidup menyatu dengan alam, dan menyembah Dewa Ibu bernama Eywa.

Avatar Jake kemudian diserang oleh seekor thanator, namun ia berhasil diselamatkan oleh Neytiri, seorang wanita avatar dari suku Na’vi.

Melihat tanda keberuntungan yang ada pada Jake, Neytiri membawanya ke dalam kelompoknya dan Jake mulai tinggal bersama para avatar.

2. District 9 (2009)

Apa yang ada dalam bayanganmu saat mendengar kata alien? Sudah pasti makhluk luar angkasa dengan rupa yang aneh bukan?

Nah, film ini akan mengajakmu melihat kehidupan para alien yang memiliki kemajuan teknologi berkali-kali lipat lebih canggih dibandingkan para manusia.

Sebuah pesawat luar angkasa tiba-tiba terlihat di wilayah Johannesburg, Afrika Selatan, para manusia kemudian menangkapnya dan menemukan sekelompok alien yang sedang sakit dalam pesawat tersebut.

Para alien tersebut diizinkan untuk tinggal di tempat yang sangat kumuh di bumi, sebelum akhirnya ada keajaiban yang tiba-tiba terjadi.

3. Inception (2010)

Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini mengisahkan tentang seorang pencuri bernama Dominic Cobb yang menjalankan aksinya saat korban sedang bermimpi.

Meski membahas soal mimpi, penonton akan dibuat pusing dengan berbagai lapisan mimpi yang harus diterobos oleh Dominic dan timnya.

Menariknya, film ini memiliki special effect dan teknologi khusus yang bisa menciptakan ilusi ruang mimpi, sehingga kamu harus super fokus saat menonton film ini.

4. Interstellar (2014)

Masih berasal dari sutradara yang sama dengan film Inception, film Interstellar ini juga masih diklaim sebagai salah satu film sci fi terbaik.

Mengisahkan tentang sekelompok astronaut yang menuju ke lubang dekat planet Saturnus untuk mencari planet baru yang bisa menjadi tempat tinggal baru untuk para manusia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Film ini juga akan mengungkap dahsyatnya kekuatan alam semesta yang sebelumnya belum terjamah oleh manusia, dan masih berupa teori fisika non ilmiah.

Saat menonton film ini, jangan sampai kamu gagal fokus karena berbagai teori yang ada akan membuat keningmu berkerut.

5. Arrival (2016)

Masih berkaitan dengan alien, film ini berfokus pada usaha para manusia dalam memahami bahasa alien yang tengah singgah di bumi.

Dr. Louise Banks (Amy Adams) adalah seorang ahli bahasa yang baru saja kehilangan putrinya.

Bersamaan dengan kejadian itu, ada sebuah pesawat luar angkasa berisi alien yang tiba-tiba mendarat di Montana, Amerika Serikat.

Sayangnya, hubungan komunikasi dengan pesawat tersebut sempat menemui hambatan karena perbedaan bahasa antara alien dan manusia.

Pemerintah akhirnya mengutus Louise untuk mempelajari bahasa alien dan mempertanyakan tujuan mereka datang ke bumi, disinilah Louise mulai menemukan kesulitan.

6. Oxygen (2021)

Elizabeth (Melaine Laurent) merasakan kebingungan saat mengetahui dirinya tiba-tiba terbangun di dalam sebuah kapsul kriogenik super canggih.

Eliza sempat mengira bahwa dirinya tengah berada dalam sebuah teknik pengobatan, tapi nyatanya, ia tidak memiliki riwayat penyakit yang serius.

Meski sudah berusaha tenang, Eliza tetap merasa panik saat mengetahui ketersediaan cadangan oksigen dalam kapsul tersebut hanya tinggal 90 menit.

Sebenarnya, apa yang terjadi dengan Elizabeth?

7. The Terminator Franchise (1984-2019)

Franchise film ini telah melahirkan kurang lebih 10 judul film dan konsisten mengusung Arnold Schwarzenegger sebagai tokoh utamanya.

Mengambil setting tahun 2029, The Terminator mengangkat tema tentang kerusakan di muka bumi akibat ulah para robot, dimana mereka diceritakan ingin menguasai bumi yang menjadi tempat tinggal manusia.

Para robot ini mendapat perlawanan sengit dari manusia bernama John Connor, yang kemudian menjadi alasan dibalik penciptaan robot ‘Terminator’ untuk membunuh Ibu John Connor.

Nah, itulah beberapa film genre sci fi terbaik yang menarik untuk kamu tonton saat libur akhir pekan.

Selain menonton film, masih banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan bersama dengan keluarga, misalnya travelling, piknik di halaman rumah, memasak, atau mungkin membaca buku bersama.

Salah satu buku yang menarik untuk dibaca bersama adalah buku Seribu Wajah Ayah karya Nurun Ala.

Seiring berjalannya waktu, manusia biasanya jadi kurang memperhatikan keadaan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Dalam buku ini, kamu akan melihat bagaimana kerinduan seorang anak pada ayahnya yang sudah tidak akan bisa tersampaikan lagi.

Buku ini akan membuatmu menyadari pengorbanan para orang tua selama hidupnya, sehingga kamu akan belajar mensyukuri dan menghargai keberadaan mereka.

Kalau ingin tahu ceritanya lebih lanjut, kamu bisa mendapatkan buku ini di toko buku Gramedia terdekat, atau membelinya melalui online di Gramedia.com.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com