Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Film Animasi Terbaik yang Recomended Untuk Ditonton

Kompas.com - 10/04/2023, 08:30 WIB
film animasi terbaik Photo by geralt on Pixabay.com film animasi terbaik
Rujukan artikel ini:
Cepat Mahir Membuat Film Animasi…
Pengarang: Lea Willsen
|
Editor Rahmad

Apakah kamu suka menonton film? Selain film bioskop terbaru, kamu bisa coba tonton film animasi, meskipun sudah dirilis beberapa tahun lalu namun tetap recomended untuk ditonton.

Ada beberapa daftar film animasi terbaik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Film animasi ini bahkan sangat cocok jadi tontonan keluarga dirumah atau menemani waktu santaimu.

Film Animasi Terbaik

1. Toy Story (1995)

Film animasi komputer 3D ini diproduksi Pixar Animation Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Pictures.

Toy Story disutradarai John Lasseter dan ditulis oleh Joss Whedon, Andrew Stanton, Joel Cohen, dan juga Alec Sokolow.

Film ini dirilis pada tahun 1995 dan menjadi film animasi 3D pertama yang sukses secara komersial di dunia. Toy Story mengisahkan tentang kehidupan mainan di sebuah rumah.

Terutama Woody, seekor boneka koboi yang menjadi mainan favorit seorang anak bernama Andy.

Film Toy Story mendapatkan berbagai penghargaan dan nominasi, termasuk penghargaan Academy Award untuk kategori Best Original Song dan Best Original Score.

Selain itu, film ini juga mendapatkan penghargaan Golden Globe untuk kategori Best Motion Picture - Musical or Comedy.

Toy Story juga menjadi film pertama yang diproduksi oleh Pixar yang meraih keberhasilan besar.

Toy Story juga dianggap sebagai film animasi terbaik sepanjang masa dan menjadi salah satu film yang memengaruhi perkembangan film animasi di masa depan.

2. Spirited Away (2001)

Film animasi Jepang ini diproduksi oleh Studio Ghibli dan disutradarai Hayao Miyazaki.

Dirilis pada tahun 2001, Spirited Away jadi salah satu film animasi paling sukses sepanjang masa.

Film ini mengikuti petualangan seorang gadis kecil bernama Chihiro yang tersesat di dunia roh setelah orang tuanya berubah menjadi babi.

Spirited Away memenangkan banyak penghargaan termasuk Academy Award untuk Film Animasi Terbaik pada tahun 2003, menjadi film animasi Jepang pertama yang memenangkan penghargaan ini.

Selain itu, film ini juga memenangkan beberapa penghargaan bergengsi lainnya seperti Golden Bear di Festival Film Berlin dan Best Animated Feature di Los Angeles Film Critics Association Awards.

Spirited Away diakui oleh kritikus film dan penonton sebagai salah satu karya terbaik Miyazaki dan Studio Ghibli, dengan alur cerita yang kuat, animasi yang indah, dan musik yang memukau.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Film ini telah menjadi fenomena budaya populer di seluruh dunia, memenangkan banyak penggemar dan penghargaan internasional.

3. Up (2009)

Up adalah film animasi komedi-petualangan dari Amerika Serikat yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan disutradarai oleh Pete Docter di tahun 2009.

Film ini mengikuti petualangan seorang mantan petualang bernama Carl Fredricksen dan anak kecil, Russell, yang pergi ke Amerika Selatan di sebuah rumah terbang yang diikatkan dengan balon-balon udara.

Film ini mendapat banyak pujian karena ceritanya yang penuh dengan emosi, animasi yang indah, dan musik yang kuat.

Up menerima banyak penghargaan, termasuk Academy Award untuk Film Animasi Terbaik dan Musik Asli Terbaik pada tahun 2010.

4. Finding Nemo (2003)

Finding Nemo adalah film animasi terbaik produksi Pixar Animation Studios yang dirilis Walt Disney Pictures dan disutradarai Andrew Stanton dan Lee Unkrich tahun 2003.

Cerita film ini berpusat pada Nemo, seorang ikan kecil yang diculik oleh seorang penyelam, dan perjalanan ayahnya, Marlin, untuk menyelamatkannya.

Marlin mendapat bantuan dari Dory, seorang ikan yang memiliki masalah ingatan jangka pendek.

Finding Nemo menjadi sangat populer di seluruh dunia dan meraih sukses besar di box office.

Film ini memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik pada tahun 2004, serta meraih berbagai penghargaan lainnya.

5. Coco (2017)

"Coco" adalah sebuah film animasi musikal Amerika yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios yang disutradarai Lee Unkrich dan diproduseri oleh Darla K. Anderson tahun 2017.

Film ini menceritakan tentang seorang bocah lelaki bernama Miguel Rivera yang berusaha mengejar mimpinya menjadi seorang musisi, meskipun keluarganya melarangnya untuk memainkan musik.

Cerita dalam "Coco" didasarkan pada budaya dan tradisi Meksiko, yakni festival Día de los Muertos (Hari Orang Mati).

Film ini sangat diapresiasi karena memberikan representasi yang kuat dan positif mengenai budaya Meksiko dan mempromosikan keberagaman budaya.

"Coco" telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk Academy Award untuk Film Animasi Terbaik dan Lagu Original Terbaik (untuk lagu "Remember Me").

Film ini memenangkan Golden Globe Award untuk Film Animasi Terbaik dan BAFTA Award untuk Film Animasi Terbaik. "Coco" juga memenangkan penghargaan di berbagai festival film internasionall, termasuk Festival Film Cannes dan Festival Film Animasi Annecy.

Jika kamu tertarik dengan film Animasi, kenapa kamu tidak mempelajarinya? Buku Cepat Mahir Membuat Film Animasi 3D yang ditulis Lea Wilsen bisa kamu jadikan referensi belajar film animasi.

Selain rekomendasi tontonan, daftar film animasi terbaik di atas juga bisa kamu jadikan inspirasi membuat film animasi sendiri. Buku ini kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com