Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Pinterest dalam Mengoptimalkan Bisnis Melalui Pemasaran Digital

Kompas.com - 29/03/2023, 12:30 WIB
manfaat pinterest Sumber: Firmbee/Pixabay.com manfaat pinterest
Rujukan artikel ini:
Digital Marketing: Brand Images
Pengarang: Dhiraj Kelly Sawlani
|
Editor Rahmad

Pinterest adalah media sosial yang memungkinkan setiap penggunanya untuk menemukan berbagai inspirasi serta ide. Di tengah maraknya kreasi konten saat ini, Pinterest menjadi salah satu platform yang mampu mewadahi segala inspirasi tersebut,

Mulai dari ide desain rumah, desain website, bahkan ada juga inspirasi outfit kekinian. Di mana semua hal tersebut bisa kamu temukan melalui platform yang satu ini.

Tidak hanya sampai situ, Pinterest juga menjadi sebuah tempat bagi para blogger untuk bisa mempromosikan artikel atau blog-nya.

Intinya, platform yang memiliki logo warna merah yang khas ini sangat cocok untuk kamu yang sedang stuck dalam mencari ide untuk membuat konten visual.

Tidak hanya dalam bentuk foto, Pinterest juga menyajikan konten dalam bentuk video.

Cara download video Pinterest juga sangat mudah, dapat kamu download tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Tidak hanya untuk pribadi, Pinterest juga bisa kamu manfaatkan untuk keperluan bisnis.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat Pinterest untuk bisnis, yang bisa membantu dalam meningkatkan penjualan bisnis kamu.

Manfaat Pinterest Untuk Bisnis

Menurut The Global State of Digital 2021, Pinterest merupakan jejaring sosial terbesar ke-14 di dunia dengan 459 juta pengguna aktif di setiap bulannya.

Banyaknya jumlah pengguna tersebut, maka memungkinkan Pinterest sebagai media pemasaran yang potensial.

1. Mengetahui Tren Terkini

Dengan menggunakan Pinterest, kamu dapat mengetahui tren terkini secara lebih cepat dan mudah.

Pinterest menjadi platform tempat nomor satu bagi pelanggan untuk berbagai desain, produk, dan juga tren yang mereka sukai.

Sehingga, kamu bisa mengetahui apalah merek yang kamu miliki sudah sesuai dengan tren yang ada atau belum.

Tidak seperti media sosial lain yang mengharuskan sebuah bisnis untuk mengikuti influencer untuk bisa mengetahui tren Pinterest akan mengumpulkan kategori konten populer untuk penggunanya secara teratur, berdasarkan pada pencarian mereka.

2. Media Promosi Bisnis

Kemajuan teknologi yang sangat pest, mampu memberi dampak yang cukup signifikan di dunia bisnis.

Di mana pada saat ini, para pelaku bisnis ini sudah mulai bisa melebarkan sayapnya dalam proses promosi dengan memanfaatkan berbagai media sosial.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sehingga, memungkinkan kamu pada saat membuka platform Pinterest, maka akan kamu temukan banyaknya produk dalam maupun luar negeri yang dipromosikan melalui platform tersebut.

Menariknya lagi, Pinterest juga sudah memberikan fasilitas akun bisnis untuk para penggunanya.

Nah, tentunya, kamu dapat memanfaatkan fasilitas bisnis tersebut supaya bisa lebih mudah dalam menjadikan bisnis pribadi kamu bisa berkembang secara pesat.

3. Meningkatkan Traffic Situs Web

Manfaat Pinterest untuk bisnis yang selanjutnya adalah dapat membantu kamu dalam meningkatkan jumlah traffic pada situs website kamu.

Berdasarkan pada informasi yang didapatkan dari laman Hubspot, bahwa Pinterest adalah media sosial yang dapat menautkan situs web bisnis yang kamu miliki.

Dengan begitu, kamu bisa memiliki lebih banyak lagi visitor.

Nah, supaya audiens di Pinterest tertarik untuk mengunjungi situs website bisnis kamu, maka usahakanlah untuk menyajikan konten visual yang menarik.

Pastikan juga konten visual yang kamu miliki mempunyai kualitas terbaik. Sebab, Pinterest adalah media sosial yang berfokus pada tampilan visual.

4. Meningkatkan Brand Authority

Manfaat Pinterest untuk bisnis lainnya adalah untuk bisa meningkatkan brand authority atau otoritas merek, sehingga suatu merek bisa terlihat lebih hidup dan manusiawi di mata para pelanggannya.

Pinterest juga memungkinkan kamu untuk bisa berkreasi dengan berbagai strategi pemasaran dan juga memungkinkan untuk pelanggan dalam melihat sisi bisnis kamu yang sebenarnya.

Kamu juga bisa menampilkan pin dari pelanggan sekaligus berbagai konten dari blog, sehingga bisa lebih mudah pada saat berbaur dengan para audiens lainnya di media sosial.

Dengan cara itu, maka bisnis kamu akan lebih relevan, karena terlibat di dalam media sosial.

Nah, itulah beberapa manfaat Pinterest untuk bisnis kamu. Penerapan digital marketing di dalam dunia bisnis, saat ini dapat diimplementasikan oleh berbagai perusahaan.

Sebab, digital marketing mampu memaksimalkan promosi suatu produk.

Untuk meningkatkan promosi produk bisnis, kamu bisa menggunakan digital marketing, yang bisa kamu pelajari melalui buku Digital Marketing: Brand Images yang ditulis oleh Dhiraj Kelly Sawlani.

Buku ini akan membimbing kamu dalam mempelajari digital marketing untuk meningkatkan pemasaran suatu brand.

Melalui buku ini, kamu bisa mendapatkan cara-cara pemasaran terbaik yang sesuai dengan tren saat ini melalui media digital. Kamu bisa langsung memesan buku ini melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com