Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Mind Mapping? Berikut Penjelasannya Menurut Ahli

Kompas.com - 10/03/2023, 11:30 WIB
Mind Mapping Sumbr: Mediamodifier/pixabay Mind Mapping
|
Editor Rahmad

Di era modern seperti saat ini, mind mapping adalah salah satu teknik yang biasa digunakan untuk pembelajaran dan juga pemberian contoh suatu materi di lingkungan sekolah maupun kampus.

Meski begitu, mind mapping juga dapat diaplikasikan ke dalam pekerjaan.

Peta minda atau biasa kita ketahui dengan sebutan mind mapping adalah teknik yang biasanya digunakan untuk membantu seseorang dalam menyusun suatu catatan.

Teknik dari mind mapping sendiri bisa membuat seseorang menjadi lebih cepat dalam menghafal materi sampai mencapai 78%.

Mind mapping merupakan alat berpikir organisasional yang mampu memudahkan seseorang dalam menempatkan berbagai jenis informasi di dalam ingatannya, untuk kemudian mengambil informasi tersebut kapan saja saat dibutuhkan.

Sehingga, bisa dikatakan bahwa mind mapping sendiri merupakan sebuah teknik dalam menyusun catatan untuk membantu seseorang dalam menggunakan seluruh potensi otaknya agar lebih optimal.

Caranya adalah dengan menggabungkan kerja pada otak kiri dan juga kanan dengan memberikan sajian ide secara visual.

Melalui metode ini, bisa lebih memudahkan dalam memasukkan informasi dari dalam otak. Informasi yang diberikan juga bisa lebih beragam dan juga lebih mudah untuk dipahami.

Jika kamu masih bingung dengan teknik mind mapping, simak pengertian mind mapping berdasarkan para ahli berikut ini.

Pengertian Mind Mapping

mind mapping mind mapping

Mind mapping adalah salah satu metode belajar yang dirancang dengan cara memetakan informasi ke dalam sebuah bentuk grafis.

Mind mapping ini bisa dipetakan dengan menggunakan garis percabanga, gambar, ataupun kata kunci yang saling berkaitan dengan konsep atau ide utamanya.

Mind mapping mampu membantu seseorang dalam berbagai hal, seperti berkomunikasi, merencanakan, mengingat akan sesuatu hal dengan baik, membuat seseorang bisa lebih kreatif dalam menyelesaikan suatu masalah, dan juga bisa mempelajari segala sesuatu dengan lebih cepat dan tentunya lebih efisien.

Berikut ini adalah beberapa pengertian mind mapping berdasarkan para ahli:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

1. Melvin L. Silberman

Mind mapping menurut Melvin L. Silberman adalah sebuah Langkah kreatif yang bisa membantu seseorang dalam memproduksi banyaknya ide-ide menarik, memudahkan dalam mempelajari sesuatu hal.

Selain itu, juga memudahkan seseorang dalam merencanakan berbagai penelitian untuk suatu project terbaru yang akan atau sedang dijalankannya.

2. Tony Buzan

Menurut Tony Buzan, mind mapping adalah suatu cara untuk mengembangkan kegiatan berpikir dan juga menangkap berbagai pikiran dalam berbagai macam sudut. Mind mapping juga akan mengarahkan kepada kamu cara bagaimana bisa mengasah cara berpikir yang divergen dan juga kreatif.

Mind mapping atau peta konsep sebagai sebuah alat untuk berpikir organisasional yang mampu membantu seseorang dalam menemukan informasi dalam otaknya, kemudian mengambil informasi tersebut kapanpun dibutuhkannya.

3. Bobby De Porter dan Mike Hernacki

Mind mapping merupakan salah satu teknik dalam mencatat yang akan membantu seseorang dalam memetakan pikiran kreatifnya secara efektif.

Setelah itu, memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak, baik itu otak kanan maupun otak kiri yang ada di dalam diri seseorang.

4. Caroline Edward

Mind mapping menurut Caroline Edward adalah suatu cara yang efektif serta efisien untuk memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan data dari atau ke otak.

Sistem ini bekerja sesuai dengan cara kerja alami dari otak seseorang, sehingga setiap manusia bisa mengoptimalkan seluruh kapasitas dan juga potensi otak mereka.

Dapat dikatakan bahwa mind mapping adalah suatu cara dengan mengelompokkan beberapa ide ke dalam bentuk berangka yang terstruktur untuk bisa membantu atau menganalisis suatu permasalahan.

Ilustrasi yang terdapat di dalam mind mapping akan membantu setiap anak untuk mengatur berbagai informasi yang baru diterima serta menentukan tema besar yang ada di dalam materi pembahasan.

Temukan pembahasan tentang mind mapping secara lengkap melalui buku 7 Rahasia Mind Map: Membuat Anak Genius. Melalui buku ini, kamu bisa Menyusun mind mapping serta mengetahui berbagai fakta di balik mind mapping.

Selain itu, buku ini juga bisa membantu anak cerdas, fokus dalam belajar, belajar dengan kesadarannya sendiri tanpa adanya paksaan, kreatif, serta memiliki daya ingat yang baik.

Buku ini juga dilengkapi dengan tips belajar juggling bola yang menjadi salah satu bentuk pengembangan diri anak yang bisa membuat anak tersebut kagum atas dirinya.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com