Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Sosiologi Terbaik, Belajar dari Teori Dasar Sampai Fenomena Masyarakat

Kompas.com - 07/11/2022, 17:30 WIB
Rekomendasi Buku Sosiologi Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku Sosiologi
Rujukan artikel ini:
Pengantar Teori Sosiologi
Pengarang: Prof. Dr. Damsar
|
Editor Rahmad

Bagi para penggiat sosiologi, kamu pasti sudah tahu ada banyak hal yang harus dipelajari. Baik untuk para pelajar, mahasiswa, pengajar, atau para peneliti mungkin perlu rekomendasi buku sosiologi terbaik yang lengkap.

Terutama menguasai teori dan bisa menjelaskan fenomena di masyarakat. Dalam praktiknya, kajian ilmu sosiologi sangat berkaitan dengan masyarakat, sehingga butuh mengamatinya langsung dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Itulah sebabnya, penting memahami teori dasar sosiologi dan melihat langsung pada fenomena masyarakatnya.

Rekomendasi Buku Sosiologi

Berikut ini rekomendasi buku sosiologi terbaik, mulai dari buku teori dasar sosiologi sampai fenomena sosiologinya:

1. Pengantar Teori Sosiologi

Apa yang kamu sebenarnya butuhkan agar tidak tersesat di belantara rimba teori suatu kajian ilmu tertentu? Kamu tentu butuh alat yang dapat membawa masuk dan keluar dari belantara teori tersebut.

Apa alat yang bisa digunakan untuk menanggulangi masalah tersebut? Jawaban yang paling tepat adalah peta teori. Jika pengenalan dan pemahaman menggunakan peta teori akan memudahkan seseorang keluar masuk dalam belantara rimba teori tersebut dengan mudah.

Buku Pengantar Teori Sosiologi memberi pembaca peta teori, tidak hanya tentang teori sosiologi, tetapi juga teori ilmu-ilmu sosial umumnya. Keunggulan buku ini yang membuatnya jadi rekomendasi buku sosiologi terbaik adalah dipaparkan dalam bahasa sederhana dan dengan konteks fenomena masyarakat.

2. Perilaku Menyimpang: Tinjauan Sosiologis

Perilaku menyimpang merupakan bentuk berbagai tindakan yang menyimpang dari norma yang ada dalam suatu sistem sosial. Perilaku ini selalu terjadi di sekitar kita. Itulah sebabnya, sebaiknya kita memahami apa yang dimaksud dengan perilaku menyimpang itu.

Dalam buku Perilaku Menyimpang: Tinjauan Sosiologis ini pembaca dapat mempelajari bagaimana perbedaan hak dan kewajiban manusia yang kerap kali jadi penyebab terjadinya penyimpangan. Pembahasan ini berdasarkan tinjauan sosiologis yang lebih dekat dengan fenomena masyarakat.

3. Sosiologi The Basics

Rekomendasi buku sosiologi ini jadi sebuah penghantar yang mudah dipahami, mudah diakses dan komprehensif mengenai berbagai cara berpikir mengenai kehidupan sosial. Buku Sosiologi The Basic menjelaskan tentang ruang lingkup, sejarah dan tujuan sosiologi.

Bagaimana cara memahami ''sosial'' berkaitan dengan keadaan dunia tempat kita tinggal setiap hari. Penderitaan dan ketidaksetaraan sosial juga jadi topik yang menarik dalam buku ini.

Termasuk metode utama untuk meneliti dan memikirkan dunia sosial dan dampak teknologi barunya.

4. Hukum Dan Masyarakat

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku Hukum dan Masyarakat ini diyakini mampu memenuhi kebutuhan dalam memahami relasi antara hukum dengan masyarakatnya, khususnya dalam dimensi sosial yang lebih luas.

Saat ini, perkembangan hukum tidak bisa dilepaskan dari bagaimana perkembangan masyarakatnya.

Hukum suatu bangsa memiliki karakteristik tersendiri yang pasti berbeda dengan hukum bangsa lain. Kesadaran inilah yang mendorong seseorang untuk lebih memahami bagaimana perkembangan hukum dalam konteks dinamika masyarakatnya.

Dimensi moral sengaja disentuh dalam pembahasan buku ini karena moral tidak bisa lepas dari hukum itu sendiri. Bahkan, ada istilah no law without moral, no moral without religion.

Banyak fakta hukum yang tidak mungkin hanya dibatasi dari dimensi hukum saja, tetapi juga dengan dimensi moral, seperti persoalan korupsi, mantan koruptor jadi calon legislatif, dan sebagainya. Demikian pula ada porsi dimensi agama dalam pembahasan buku ini.

Seperti dalam temuan Werner Menski di dua benua yaitu Afrika dan Asia, menyimpulkan bahwa penegakan hukum di dua benua ini tidak bisa hanya mengandalkan hukum positif , tetapi juga harus dipertimbangkan dengan dimensi socio-legal serta natural law yang berisi tentang moral, ethic and religion.

5. Mitologi Jawa Pendidikan Moral Dan Etika Tradisional

Buku Mitologi Jawa ini memberi kesadaran kembali ke pengaturan asli (natural science) atau kearifan tradisional yang berlandaskan pada keyakinan, nalar adi logika, dan metafisik. Hal ini terlihat sudah mulai bangkit kembali dengan munculnya slogan-slogan.

Seperti, Kembali ke Alam (Back To Nature), Cinta Hijau (Green Heart), dan Kembali Hijau Kerjakan Sekarang Juga (Go Green Do It).

Ini adalah upaya melirik kembali kearifan tradisional jadi tema inspiratif. Terutama pada kesadaran kemunduran kehidupan masyarakat modern kontemporer masa kini.

Mitologi Jawa, yang dulu dianggap hanya kisah-kisah fiksi dan dianggap takhayul, ternyata mengandung nilai pendidikan moral dan budi pekerti.

Bersifat universal dan abadi, ini memiliki kandungan nilai-nilai etika dan estetika, nalar sehat (logika), adi logika dan metafisika yang abadi (perennial).

Kesemuanya hanya bisa dipahami jika kisah-kisah Mitologi Jawa itu ditafsirkan secara benar sesuai dengan 'kunci tafsir' bahasa Jawa. Yakni Jarwa Sasmitaning Susastra (Hermeneutika Jawa).

Nah, itulah rekomendasi buku sosiologi terbaik yang bisa kamu jadikan referensi belajar dasar teori sampai fenomena sosialnya. Dalam praktiknya, kehidupan sosial terus berubah dan berkembang. Itulah sebabnya, perlu banyak sumber referensi yang untuk mempelajarinya lebih baik.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com