Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Motivasi Belajar Untuk Kamu yang Sedang Dihantui Rasa Malas

Kompas.com - 24/10/2022, 15:30 WIB
tips meningkatkan motivasi belajar Sumber: theguardian.com tips meningkatkan motivasi belajar
Rujukan artikel ini:
Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar
Pengarang: Sardiman
|
Editor Rahmad

Sebagai manusia, kita pasti mempunyai keinginan untuk belajar untuk memperluas pengetahuan kita, sehingga kita bisa bertumbuh dan berkembang. Namun, banyak juga dari kita yang merasa kurang semangat untuk memulai mempelajari sesuatu hal yang baru.

Saat rasa malas menghantui, di situlah kita membutuhkan sebuah motivasi belajar. Terutama bagi kamu yang masih sekolah. Lantas bagaimana cara untuk meningkatkan motivasi belajar? Simak tips motivasi belajar berikut ini.

Tips Motivasi Belajar

tips meningkatkan motivasi belajar tips meningkatkan motivasi belajar

1. Membuat agenda

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa meningkatkan motivasi belajar adalah dengan cara membuat agenda belajar secara jelas dan detail, agenda belajar ini bisa membantu kamu untuk mengatur waktu serta materi apa saja yang harus kamu pelajari.

Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi dalam belajar. Dengan membuat agenda belajar, maka belajar yang kamu lakukan bisa menjadi lebih efisien dan juga efektif.

2. Tentukan gaya belajarmu

Setiap orang pastinya mempunyai gaya belajarnya masing-masing, termasuk juga kamu. Setiap metode pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk meningkatkan motivasi belajar, kamu harus mengetahui apakah kamu termasuk seseorang yang memiliki tipe belajar visual, auditori, atau kinestetik. Nah, dengan kamu mengetahui gaya belajarmu, maka kamu dapat menyesuaikan diri dengan materi yang akan kamu pelajari.

3. Memberikan waktu untuk istirahat

Cara selanjutnya yang bisa meningkatkan motivasi belajar yang harus kamu coba adalah dengan memberikan waktu untuk beristirahat lebih dulu. Sebab, belajar secara terus menerus tanpa memberikan waktu untuk istirahat, bisa membuat otak dan juga tubuhmu menjadi kelelahan.

Ketika tubuh kamu lelah, maka proses belajar pun menjadi tidak akan maksimal. Materi yang akan dipelajari oleh kamu jadi tidak dapat terserap dengan maksimal di dalam ingatan kamu. Selain itu, istirahat juga diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh kamu agar tetap sehat dn bugar.

4. Menghindari gangguan belajar

Sering kali gangguan ketika belajar dapat menghambat proses penyerapan materi. Untuk bisa memperoleh suasana belajar yang baik, kamu harus menghindari gangguan belajar yang mungkin saja terjadi.

Jadi, kamu bisa mengatur waktu untuk kamu bermain gadget, bermain media sosial, dan yang lainnya supaya tidak mengganggu waktu belajar kamu. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan motivasi belajar.

Hindari belajar di keramaian atau dikerumunan orang banyak. Jadi, usahakanlah untuk tidak ada sesuatu di sekeliling yang bisa mengalihkan fokus pada belajar kamu.

5. Mencari suasana yang pas dan tepat

Sebetulnya tidak ada istilah suasana yang tepat. Semua suasana dapat menjadi tepat kalau kamu bisa berhasil mengontrol diri kamu sendiri. Carilah tempat untuk belajar yang nyaman dan dapat membuat kamu fokus untuk belajar dengan nyaman.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kalau perlu, kamu bisa memutar musik yang bisa membuat suasana belajar kamu menjadi lebih tenang dan juga damai. Selain itu, kamu bisa menentukan suasana yang tepat untuk diri kamu sendiri untuk bisa meningkatkan motivasi belajar kamu.

6. Belajar dengan teman

Kalau kamu merasa bosan dan malas jika harus belajar sendirian, belajar bersama teman bisa menjadi salah satu solusi yang tepat.

Selain akan menjadi motivasi belajar dan juga penyemangat, belajar bersama teman juga bisa membuat kamu memiliki teman untuk berdiskusi terkait dengan materi yang sedang kamu pelajari.

Pasalnya, belajar dengan menggunakan sistem berdiskusi biasanya membuat kita bisa lebih memahami lebih dalam mengenai materi yang sedang dipelajari.

7. Buatlah tujuan

Selanjutnya, untuk bisa menjadi motivasi belajar, kamu juga perlu membuat tujuan. Kamu bisa menjabarkan tujuan-tujuan kecil yang ingin kamu capai.

Selain itu, kamu bisa membuat suatu tujuan yang akan kamu capai di setiap minggunya, jadi kamu membuat tujuan pencapaian setiap minggu.

Dengan begitu, kamu juga bisa sekaligus memeriksa kemajuan diri kamu. Tentu kamu juga bisa tetap memiliki motivasi belajar dengan sungguh-sungguh setiap kali kamu berhasil dalam mencapai tujuan kecil kamu di setiap minggunya.

Itulah 7 tips motivasi belajar dikala kamu sedang merasa malas. Semua tips di atas bisa kamu pilih untuk kamu lakukan yang mana dulu. Jika kamu adalah seorang pengajar yang ingin memberikan motivasi kepada para peserta didikmu, kamu bisa membaca buku Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.

Buku ini dapat memberikan kamu gambaran mengenai bentuk interaksi yang bisa kamu gunakan dalam kegiatan belajar-mengajar. Melalui interaksi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk menunjukkan minat, inisiatif, serta aktif dalam kegiatan belajar.

Oleh karena itu, akan diperoleh hasil yang lebih baik lagi. Jadi, para siswa tidak hanya mendapatkan sekadar ilmu pengetahuan saja, tetapi juga nilai-nilai untuk mendukung perkembangan siswa.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com