Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Mudah Membuat Slime dengan Bahan yang Sederhana

Kompas.com - 31/01/2023, 13:00 WIB
Cara Membuat Slime yang Mudah  Sumber Gambar: Freepik.com Cara Membuat Slime yang Mudah 
Rujukan artikel ini:
25+ Ide Kreatif Membuat Mainan…
Pengarang: Fatonah Winiarum
Penulis Krisna
|
Editor Puteri

Cara membuat slime yang mudah ini ternyata bisa dipraktikkan sendiri di rumah bersama anak.

Saat ini slime menjadi mainan yang tengah viral di sosial media dan mainan yang paling digemari oleh anak-anak, khususnya anak perempuan.

Tidak hanya sebagai media mainan saja, ternyata slime memiliki banyak manfaat.

Dari teksturnya yang empuk dan kenyal, orang tua bisa mengenalkan bentuk-bentuk kepada anak, melatih motorik anak, meningkatkan kreativitas anak, serta bagi orang dewasa dapat membantu menghilangkan stres.

Slime merupakan mainan yang sebenarnya ditemukan sudah sekitar 1 abad lalu oleh ilmuwan Meyer dan Mark pada tahun 1928 dan mulai dipasarkan secara besar-besaran pada tahun 1950.

Pada awalnya Meyer dan Mark menemukan material polimer sintetis yang dapat digunakan di kehidupan sehari-hari, setelah itu banyak pabrik membuat mainan yang berbahan dasarkan polimer sintetis ini menjadi berbentuk seperti tanah liat yang bisa dibentuk.

Bentuknya kini mengalami perubahan hingga ke bentuk slime yang kita tahu sekarang ini.

Slime terbuat dari campuran 2 bahan utama yaitu lem campuran (PVC dan PVA) dan juga cairan boraks sebagai pengikat yang biasa terdapat dalam detergen.

Di dalam cairan borax ini juga memiliki resiko seperti mengganggu kesuburan kehamilan, meningkatkan risiko kanker hati dan luka bakar pada kulit.

Sebagian produsen mainan pun berhenti menjual produk slime karena dinilai tidak memenuhi standar keamanan untuk sebuah produk mainan.

Contohnya pada situs jual beli online di Inggris yang berhenti memasarkan slime karena alasan bahaya dari bahan slime itu sendiri.

Karena bahan dasar slime yang mengandung boraks banyak orang tua merasa khawatir sehingga kemudian banyak orang membuat video tutorial mengenai membuat slime dengan bahan yang lebih ramah bagi anak-anak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Nah, daripada penasaran bagaimana cara membuat slime, berikut ini ada 2 cara yang bisa dipraktikkan di rumah dengan mudah.

2 Cara Mudah Membuat Slime yang Aman

1. Slime Tepung Jagung

Alat dan Bahan:

  • Wadah dan juga pengaduknya
  • Tepung maizena
  • Pewarna makanan
  • Sabun cuci piring namun bukan sabun colek

Cara Pembuatan:

  • Masukan sabun sebanyak 2 sendok makan
  • Masukan tepung ke dalam wadah sebanyak 3 sendok makan.
  • Aduk sampai merata
  • Masukan pewarna makanan sedikit lebih pekat agar ketika slime terlalu cair atau kental perubahan warna tidak menjadi pudar (untuk pilihan warna bisa menyesuaikan)
  • Aduk kembali hingga rata
  • Setelah rata kondisikan kekentalan dari slime, jika merasa kurang kental bisa ditambahkan lagi tepung maizena dan aduk kembali jika merasa kurang cair dapat ditambahkan kembali sabun cuci piring lalu aduk kembali

Tekstur dari slime tepung jagung sendiri seperti adonan roti atau kue tidak terlalu elastis namun jika dimainkan dengan menggunakan tangan saja slime tepung jagung lebih dari cukup.

2. Slime Tepung Tapioka

Alat dan Bahan:

  • Wadah dan sendok atau pengaduk yang kuat
  • Tepung tapioka
  • Minyak goreng atau minyak bayi
  • Siapkan air biasa dan air panas

Cara Pembuatan:

  • Masukan tepung tapioka untuk jumlahnya tergantung seberapa banyak yang akan kamu buat
  • Masukan air ke dalam wadah yang berisi tepung tapioka secara perlahan agar tepung tapioka tidak menggumpal
  • Aduk hingga encer jika masih terasa kental boleh ditambahkan air kembali
  • Masukan pewarna sesuai yang kalian suka lalu aduk kembali hingga merata
  • Masukan air panas sedikit demi sedikit lalu aduk hingga adonan kalis, jangan memasukan air panas secara sekaligus karena jika air panas berlebih slime akan lebih encer
  • Masukan minyak goreng atau baby oil lalu aduk kembali
  • Setelah kalis istirahatkan slime selama 2 sampai 3 jam sebelum dimainkan, selain mendinginkan slime tahap ini juga dilakukan untuk membiarkan slime lebih kental

Slime yang sudah siap pakai akan bertekstur lebih mirip dengan slime yang dibuat dengan bahan-bahan aslinya namun karena menggunakan bahan tanpa boraks dan aktivator sehingga membuat slime lebih aman ketika dimainkan terlebih lagi oleh anak-anak.

Membuat slime ini bisa jadi salah satu aktivitas bareng si kecil yang mengasyikan sehingga menjadi ajang menghabiskan waktu bersama yang mengasyikan.

Kegiatan membuat mainan sendiri seperti cara mudah membuat slime tadi adalah salah satu dari sekian banyak mainan yang dapat dibuat sendiri dengan bahan yang mudah didapat.

Masih banyak ide-ide membuat mainan yang dapat dijadikan sebagai referensi kegiatan bersama anak yang tertulis di buku 25+ Ide Kreatif Membuat Mainan Edukatif untuk Anak sehingga anak akan lebih aktif dan juga kreatif.

Buku 25+ Ide Kreatif Membuat Mainan Edukatif untuk Anak juga dapat menjadi kegiatan untuk mengurangi pemakaian gawai untuk sang buah hati yang sulit terlepas dari gawai yang sering kali menjadi masalah untuk orang tua pada zaman sekarang ini.

Dapatkan segera bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com