Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kewajiban Anak di Rumah yang Bisa Melatih Kedisiplinan dan Tanggung Jawab, Ajari Sejak Dini!

Kompas.com - 23/01/2023, 13:00 WIB
Kewajiban Anak di Rumah  Sumber Gambar: Freepik.com Kewajiban Anak di Rumah 
Rujukan artikel ini:
Why? Roman Empire - Kekaisaran…
Pengarang: Yearim dang
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Sebagaimana orang tua, anak juga memiliki peran atau kewajiban di rumah yang harus dipahami sejak usia dini.

Sayangnya, ada banyak sekali kewajiban anak yang tidak dipahami atau dipandang sebelah mata sehingga menjadi pengganggu keharmonisan hubungan antara anak dan orang tua.

Sejatinya, butuh kesepakatan dan pemahaman yang baik untuk bisa membangun hubungan keluarga yang saling mengerti satu sama lain.

Bagi para orang tua yang berharap anak-anaknya bisa tumbuh dewasa dengan memahami kewajiban-kewajibannya, mereka perlu menanamkan berbagai hal-hal baik sejak anaknya masih kecil.

Dimulai dari tingkat keluarga, seorang anak bisa belajar bertanggung jawab dan disiplin dalam menjalankan kewajibannya saat berada di rumah.

Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus atau wajib dilaksanakan, tidak hanya oleh orang tua yang melahirkan, merawat, dan mendidik, tapi juga untuk anak-anak itu sendiri.

Jika seluruh anggota keluarga mau melaksanakan kewajibannya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, keharmonisan di dalam rumah pun akan terwujud.

Lalu, apa saja kewajiban anak di rumah yang bisa melatih rasa tanggung jawab dan disiplin? Ini dia jawabannya.

7 Kewajiban Anak di Rumah

1. Hormat dan Patuh pada Orang Tua

Kewajiban sebagai anak yang pertama pastinya adalah menghormati kedua orang tua yang merupakan pilar utama dalam kehidupan keluarga.

Sebagai anak, sudah sepantasnya kita menghormati dan menjunjung nama baik kedua orang tua, serta selalu berusaha untuk bertutur kata yang sopan pada mereka.

Tak hanya itu, kita juga wajib mematuhi setiap perintah dari orang tua selama perintah tersebut baik dan masuk akal.

Bagi orang tua sendiri, mereka harus tetap membuka ruang komunikasi yang luas agar anaknya bisa menyuarakan pendapatnya sehingga nanti bisa tercipta hubungan komunikasi yang baik antar keluarga.

2. Menjaga Kebersihan Rumah

Tidak hanya orang tua, anak juga memiliki kewajiban untuk selalu menjaga kebersihan rumah.

Penting bagi para orang tua untuk menanamkan pola hidup bersih dan sehat kepada anak sejak usia dini yang nantinya bisa berefek sangat baik hingga anak besar nanti.

Kewajiban yang satu ini bisa coba dimulai dengan memberikan tanggung jawab pada anak untuk membersihkan ruangannya sendiri, baru kemudian ia diajarkan untuk menjaga kebersihan rumah secara keseluruhan.

3. Membantu Pekerjaan Rumah

Kewajiban anak di rumah yang tidak boleh terlewatkan adalah membantu pekerjaan rumah karena itu adalah tanggung jawab semua anggota keluarga, bukan hanya ibu saja.

Anak-anak harus dilatih untuk bisa memegang sejumlah pekerjaan rumah tangga misalnya membereskan meja, mencuci piring kotor, meletakkan pakaiannya sendiri ke dalam lemari, dan masih banyak lagi.

4. Tidur yang Cukup

Anak-anak sejak usia dini harus dibiasakan dan diwajibkan untuk memiliki jadwal tidur yang cukup, setidaknya 9 sampai 10 jam sehari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bagi anak-anak berusia 5 tahun ke bawah, mereka membutuhkan jadwal tidur yang lebih panjang, yakni sekitar 11 jam.

Anak-anak wajib tidur dengan waktu yang cukup dan jangan sampai begadang karena akan membuat tubuh terasa sangat lemas pada keesokan harinya.

5. Mengembangkan Keterampilan Hidup (Life Skill)

Penting bagi anak-anak untuk memiliki dan mempelajari keterampilan hidup seperti memasak, mencuci baju, berbelanja, atau memperbaiki barangnya yang rusak.

Berbagai keterampilan standar ini wajib dimiliki oleh setiap anak karena nantinya akan sangat berguna saat mereka dewasa dan hidup sendiri.

6. Mendengarkan Nasihat Orang Tua

Kewajiban lain yang harus dimiliki seorang anak di rumah adalah mendengarkan nasihat yang diberikan langsung oleh kedua orang tua.

Memang terkadang sulit untuk menyatukan pemikiran antara orang tua dan anak karena masing-masing anggota keluarga memiliki pandangan yang berbeda.

Penting bagi para orang tua untuk bisa memberikan pengertian pada anak agar anak mau menuruti nasihat dari orang tuanya, sehingga kewajibannya pun tetap bisa dijalankan dengan semestinya.

7. Belajar dengan Giat

Kewajiban sebagai anak yang tidak boleh ketinggalan adalah belajar dengan giat demi masa depan si anak itu sendiri dan tentunya untuk membanggakan keluarga.

Tanamkan kebiasaan sejak dini kepada anak agar mereka memahami pentingnya belajar dan pentingnya memiliki kecerdasan serta intelektual yang tinggi.

Tapi jangan lupa untuk menanamkan sebuah mindset agar anak selalu paham kalau belajar adalah kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikan, sehingga anak tidak menjadikannya sebagai beban.

Itu dia 7 kewajiban anak di rumah yang ternyata bisa melatih kedisiplinan dan tanggung jawab, bahkan sampai si anak tumbuh dewasa nanti.

Seperti yang sudah dijelaskan, salah satu kewajiban kita sebagai anak adalah belajar dengan giat supaya bisa menggapai cita-cita untuk membanggakan keluarga dan pastinya diri kita sendiri.

Bagi para orang tua, penting untuk mulai membiasakan kegiatan membaca untuk anak-anak, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan buku-buku pengetahuan sejak anak-anak mulai bisa membaca.

Ada beberapa rekomendasi buku pengetahuan untuk anak-anak yang bisa dipilih, misalnya buku Why? Roman Empire - Kekaisaran Romawi karya Yearim Dang.

Buku ini akan membahas seluk beluk sejarah Kekaisaran Romawi yang pernah berdiri dan berkuasa sejak berabad-abad yang lalu.

Tak hanya tentang sejarah berdirinya Kekaisaran Romawi, buku ini juga akan membahas peninggalan-peninggalan serta tokoh-tokoh yang pernah memimpin kekaisaran besar tersebut.

Dengan narasi yang mudah dipahami oleh anak-anak, buku ini juga dilengkapi dengan gambar ilustrasi yang lucu sehingga anak betah berlama-lama untuk membacanya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo bergabung dalam perjalanan Romawi Kuno yang menyenangkan dengan membeli buku ini di Gramedia.com.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.