Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Bahaya Reklamasi dan Manfaatnya yang Berdampak Pada Tata Ruang Kota

Kompas.com - 26/12/2022, 12:30 WIB
bahaya reklamasi Photo by marc140265 on Pixabay bahaya reklamasi
Rujukan artikel ini:
Tata Ruang Air Tanah +…
Pengarang: Robert J
|
Editor Rahmad

Akhir-akhir ini kita mungkin sudah tidak asing dengan kata reklamasi sejak rencana reklamasi di teluk Jakarta. Ada banyak pro dan kontra setelah rencana proyek ini mulai dipublikasikan.

Bahkan, hingga kini topik ini masih masih banyak dibicarakan, termasuk bahaya reklamasi. Reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan sumber daya lahan hijau dari lingkungan dan sosial dengan cara pengurugan, pengeringan lahan atau drainase.

Namun, dalam praktiknya, reklamasi memiliki dampak negatif yang berbahaya, sekaligus juga bisa berdampak positif dengan manfaat atas kebutuhan atau urgensi penerapannya.

Bahaya Reklamasi

Berikut ini bahaya reklamasi yang bisa muncul apabila tidak dilaksanakan sesuai prosedur dan dampak negatifnya dalam jangka waktu lama:

1. Berpotensi Merusak Ekosistem Laut

Reklamasi sangat berpotensi merusak ekosistem laut karena karena menguruk laut. Ini bisa mengurangi biota laut karena reklamasi menggunakan perairan untuk membuat pulau buatan. Seperti yang kita tahu membuat pulau buatan tentu membutuhkan perairan yang luas pula.

2. Meningkatkan Polusi Pada Air

Proyek reklamasi juga berpotensi membuat polusi air lebih tinggi. Hal ini bisa jadi bahaya reklamasi yang perlu dipertimbangakn melihat aspek dampak negatif pada lingkungan. Aktivitas yang berlebihan di perairan bisa sangat mengganggu keseimbangan lingkungan.

3. Kawasan Industri atau Pemukiman Meningkatkan Pencemaran Udara

Selain polusi air, bahaya reklamasi juga bisa meningkatkan pencemaran udara karena aktivitas permukiman yang baru. Populasi orang juga sangat berpengaruh pada lingkungan, mulai dari aktivitas sehari-hari menggunakan motor atau aktivitas perekonomian lainnya yang lebih besar.

4. Menyebabkan Genangan dan Merusak Tata Air di Wilayah Pesisir

Selain polusi air, reklamasi juga bisa berdampak negatif bagi tata air di pesisir pantai. Itulah sebabnya, perlu rencana tata ruang yang matang untuk mempertimbangan tata air di pesisir agar tidak terganggu. Jika diabaikan ini justru akan menimbulkan masalah lingkungan yang baru.

5. Menghancurkan Mangrove di Muara

Dalam kondisi tertentu, reklamasi dapat menghancurkan mangrove di muara karena membuat perlu gelombang air laut yang lebih besar. Mangrove di muara juga jadi masalah lingkungan yang diperhatikan di kawasan pesisir.

Manfaat Reklamasi

Selain bahaya reklamasi, kamu juga perlu mengetahui dampak positif reklamasi yang bermanfaat berdasarkan urgensinya dilakukan:

1. Membuka Lahan dan Lapangan Kerja Baru

Hadirnya pulau buatan tentu memberi lahan baru dan memberi potensi yang lebih besar untuk mengembangkannya.

Termasuk bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak karena akan muncul aktivitas perekonomian yang baru pula. Jadi tidak heran jika manfaat reklamasi juga menghadirkan keuntungan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Menambah Kawasan Pemukiman Baru

Jika lahan bertambah, ada banyak potensi aktivitas masyarakat yang bisa dilakukan. Termasuk membuka pemukiman baru dengan lahan yang lebih luas. Ini juga akan berpengaruh pada pergerakan ekonomi masyarakat dengan meningkatnya pula populasinya.

3. Membantu Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Jika lahan dan aktivitas masyarakat meningkat, maka pergerakan ekonominya juga meningkat. Ada banyak potensi ekonomi yang bisa dilakukan di pulau buatan tersebut.

4. Menjaga Lingkungan dan Mencegah Erosi Di Kawasan Pantai

Dampak positif dalam hal lingkungan juga mungkin terjadi dengan mencegah erosi di area pesisir. Hal ini karena lahan buatan di perairan ini akan mempengaruhi gelombang laut.

5. Mengembangkan Sektor Pariwisata

Manfaat reklamasi yang menjanjikan juga datang dari sektor pariwisata. Ini juga berpengaruh dengan pergerakan ekonomi baru yang lebih baik dengan dibukanya wisata di pulau reklamasi.

Nah, itulah bahaya reklamasi dan manfaatnya yang berdampak pada tata ruang. Terlepas dari dampak positif dan negatif, proyek semacam ini tentu perlu perencanaan yang matang agar sesuai tujuan.

Termasuk juga menghindari bahaya reklamasi yang justru mendatangkan masalah lingkungan yang baru.

Buku Tata Ruang Air Tanah + Cd yang ditulis Robert J bisa kamu jadikan referensi mengetahui banyak hal tentang dampak reklamasi. Termasuk bahaya reklamasi dan manfaatnya yang berdampak pada tata ruang kota.

Pembaca akan menemukan banyak pembahasan dalam buku ini, mulai dari konsep dasar hingga analisis mendalam tentang dasar aliran. Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com