Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluk Beluk Jurusan Teknik Pertambangan dan Hal-Hal yang Harus Kamu Persiapkan Jika Ingin Masuk Jurusan Ini

Kompas.com - 27/04/2022, 18:00 WIB
Seluk Beluk Jurusan Pertambangan Sumber Gambar: Canva Seluk Beluk Jurusan Pertambangan
Rujukan artikel ini:
Good Mining Practice Di Indonesia
Pengarang: Prof. Dr. Ir. Irwandy…
Penulis Renny Novita
|
Editor Ratih Widiastuty

Indonesia terkenal dengan melimpahnya sumber daya alam termasuk pertambangan.

Hasil-hasil tambang yang berada di dalam bumi, tertutup dan tersembunyi oleh lapisan-lapisan tanah, dan untuk mengambilnya, kita menggunakan teknik yang disebut dengan eksplorasi.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Masuk Jurusan Tambang

Untuk bisa lulus ujian saringan masuk perguruan tinggi pilihanmu, sebelumnya kamu adalah berasal dari jurusan IPA dengan nilai pada mata pelajaran IPA dan Matematika yang bagus.

Ini adalah sebagai bekal menyerap pelajaran di universitas nanti.

Selain itu, kamu harus menguasai bahasa Inggris, karena banyak istilah-istilah pertambangan yang menggunakan bahasa internasional ini.

Kamu juga harus mempersiapkan mental untuk tidak cepat menyerah dan tidak cengeng, karena pekerjaan di lapangan akan berat, terutama jika harus berhadapan dengan pekerja-pekerja lapangan yang memiliki sifat-sifat yang berbeda.

Selain mempersiapkan pengetahuan dan juga mental, fisik juga harus dipersiapkan.

Seorang sarjana pertambangan harus sering berada di lokasi tambang yang terpencil dan jauh dari tempat kerja, karena itu harus memiliki fisik yang sehat dan bugar dengan membiasakan diri rajin berolahraga.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Pertambangan?

Ilmu yang kamu dapatkan di bangku perkuliahan akan menjadi bekal kamu ke depannya dalam bekerja.

Untuk mahasiswa jurusan tambang, kamu akan belajar mata kuliah seputar Geologi, Mekanika, Pengenalan Peralatan Tambang, Metode Numerik, Teknik Eksplorasi, sampai Manajemen Eksplorasi, dan lain sebagainya.

Lokasi dan Macam Pertambangan di Indonesia

Ada beberapa lokasi tambang yang tersebar di wilayah Indonesia, di antaranya:

  • Tambang minyak bumi, berada di Pangkalan Brandan, Plaju, Tarakan, dan Arjuna
  • Tambang batu bara, berada di Sawahlunto, Bukit Asam, Tasikmalaya
  • Tambang timah, berlokasi di Bangka dan Belitung
  • Tambang gas alam, berada di Arun dan Bontang
  • Tambang intan, berada di Martapura, Kalimantan
  • Tambang emas, berada di Cilotok dan di Freeport-Papua
  • Tambang aspal, berada di Buton
  • Tambang tembaga, berada di Tembagapura, Papua

Para lulusan jurusan teknik pertambangan biasanya akan bekerja di daerah-daerah terpencil, mengikuti di mana ditemukannya hasil tambang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan

Kamu yang lulusan jurusan tambang akan memperoleh gelar Sarjana Teknik (S.T) dan kamu mempunyai peluang karir baik itu bekerja di lapangan (di pertambangan), kementerian ESDM sebagai tenaga analis pengembangan infrastruktur, analis bagian eksplorasi, atau menjadi instruktur.

Selain itu, kamu bisa juga bekerja di bidang akademisi sebagai dosen.

Buku Pegangan Seorang Calon Sarjana Jurusan Pertambangan

Sebelum kita memasuki bangku perkuliahan, ada baiknya kita mempunyai gambaran terlebih dahulu akan jurusan yang akan kita pilih ini.

Buku bagus yang bisa direkomendasikan adalah Good Mining Practice di Indonesia yang ditulis oleh Prof. Dr. Irwandy Arif, M.Sc, IPU, seorang akademisi sekaligus pemerhati dan pakar pertambangan.

Dengan buku ini, mahasiswa mampu memiliki esensi dari kaidah pertambangan yang baik, sehingga turut berperan mendorong standar keinsinyuran di sektor pertambangan Indonesia agar setara dengan standar praktis pertambangan dunia.

Pembahasan dalam buku diuraikan secara terstruktur dan terperinci untuk menuntun kita memahami konsep dan prinsip pelaksanaan Good Mining Practice dalam berbagai aspek teknis pada industri pertambangan.

Pelaksanaan Good Mining Practice terkait berbagai aspek kegiatan yang umumnya menjadi bagian dari operasional di industri pertambangan, antara lain perlindungan terhadap lingkungan hidup, keselamatan kerja pertambangan, prinsip konservasi sumber daya mineral dan batu bara, aspek Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, standardisasi, kepatuhan terhadap hukum yang berlaku, dan aspek keterbukaan informasi.

Secara teknis, penerapan Good Mining Practice juga dikaitkan dengan beberapa tahapan kegiatan pertambangan, seperti penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, land clearing dan konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan, penjualan dan reklamasi dan pascatambang.

Buku ini telah diklaim merupakan buku yang ditunggu-tunggu oleh para praktisi dan pemerhati pertambangan di Indonesia, karena memberikan gambaran dan arahan yang sangat jelas dan komprehensif tentang penerapan Good Mining Practice di industri pertambangan di Indonesia.

Oleh karena itu, buku ini juga cocok bagi calon mahasiswa yang ingin mengetahui bagaimana praktek pertambangan, sehingga termotivasi untuk bisa lulus di ujian saringan masuk.

Buku Good Mining Practice di Indonesia bisa kamu dapatkan dengan mudah di Gramedia.com atau bisa juga dengan mengunjungi toko buku Gramedia di kotamu.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com