Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Ikan di Akuarium Tanpa Repot untuk Pemula

Kompas.com - 21/11/2022, 18:00 WIB
Cara Merawat Ikan di Akuarium Sumber Gambar: Freepik.com Cara Merawat Ikan di Akuarium
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar: Akuarium Air Tawar
Pengarang: Warisno Dan Kres Dahana
|
Editor Ratih Widiastuty

Ingin mencoba memulai memelihara ikan di rumah dengan akuarium tetapi bingung bagaimana cara merawatnya?

Ikan merupakan salah satu hewan yang sering diminati untuk dijadikan peliharaan di rumah karena dianggap sebagai hewan yang cantik dengan beragam jenis, warna, serta ukuran.

Tidak mengherankan bila ikan jika ikan dipilih sebagai peliharaan dan banyak penggemar karena penampilannya yang sangat menghibur dan bisa menjadi penghilang penat jika sang pemilik berada di rumah.

Selain itu, ikan dipilih menjadi peliharaan di rumah juga karena perawatannya sangat mudah bahkan untuk pemula dan tidak membutuhkan banyak tempat.

Bila memiliki lahan atau pekarangan luas di rumah bisa membuat kolam ikan yang berukuran kecil hingga besar.

Namun bila memiliki lahan terbatas, kamu tetap juga dapat memelihara ikan di rumah, caranya dapat menggunakan akuarium yang diberikan oksigen dan berikan pencahayaan cukup bisa langsung diletakan di sudut ruang.

Meskipun ikan memang dianggap lebih murah dan mudah dalam hal perawatan daripada jenis hewan peliharaan lainnya, justru terkadang hal tersebut juga menjadikan ikan kurang pemeliharaan dan perawatan.

Padahal nyatanya sama saja dengan hewan lainnya, ikan juga perlu diberikan pakan, air, dan habitat untuk mendukung tempat tinggal mereka.

Ikan memiliki lingkungan hidup yang berbeda dengan manusia dan hewan mamalia lain yang biasa dijadikan peliharaan, ikan sangat bergantung pada manusia untuk dapat menyediakan berbagai keperluan agar mereka bisa hidup dengan layak terutama untuk tempat tinggalnya.

Nah, bagi kamu yang masih baru belajar atau pemula untuk memelihara hewan di rumah menggunakan media akuarium, berikut beberapa cara merawat ikan di akuarium yang bisa kamu terapkan di rumah.

Cara Merawat Ikan di Akuarium dengan Mudah

1. Memilih Jenis Ikan yang Mudah Dirawat

Bagi kamu yang baru pertama memelihara ikan yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis ikan yang mudah untuk dirawat.

Rekomendasi ikan yang tepat untuk kamu yang memang baru memulai memelihara ikan di akuarium adalah ikan mas koki, cupang, angelfish, dan ikan molly.

Alasan mengapa memilih jenis ikan yang disebutkan di atas untuk dirawat di akuarium untuk pemula karena mereka tidak membutuhkan banyak penyesuaian di suhu air dengan iklim tropis di Indonesia.

Selain itu, ikan jenis tersebut tahan dengan beberapa senyawa kimiawi di air dibandingkan dengan ikan yang memang sensitif, fisiknya juga lebih kuat, dan pemberian makannya juga mudah.

2. Kenali Kebutuhan Ikan

Cara merawat ikan di akuarium bagi pemula selanjutnya adalah mengetahui kebutuhan perlengkapan pendukung yang dibutuhkan dalam perawatan ikan di habitat buatan.

Biasanya tiap-tiap kebutuhannya akan berbeda tergantung dari jenis ikan yang akan dipilih.

Namun yang paling umum perlu diperhatikan adalah kebutuhan makanan, fitrasi, air, dan suhu yang stabil.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Maka dari itu bagi kamu yang ingin memelihara ikan di akuarium dapat mencari tahu terlebih dahulu kebutuhan dari ikan dengan melakukan riset atau bisa bertanya langsung kepada penjual ikan apa yang dibutuhkan untuk mendukung kelangsungan hidupnya.

3. Siapkan Akuarium dan Perlengkapan Pendukung

Setelah mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh ikan peliharaan, cara merawat ikan selanjutnya adalah memilih akuarium dan perlengkapan pendukung dengan kualitas terbaik.

Untuk akuarium kamu bisa menyesuaikan ukuran dan jenis bahan yang digunakan tergantung dari berapa banyak dan ikan apa yang akan dipelihara di dalamnya.

Agar ikan hidup lebih sehat dan baik peralatan pendukung untuk menjaga kebersihan juga perlu diperhatikan.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa aksesoris, seperti batuan kerikil atau tanaman air agar mempercantik tampilan akuarium dan sesuai dengan habitat asli di alam.

4. Memperhatikan Pemberian Makan

Kesalahan umum yang paling sering dilakukan pemilik dalam merawat ikan di akuarium adalah dalam hal pemberian makan.

Jika makanan ikan terlalu sering diberikan pada ikan tanpa memperhatikan kebutuhannya tidak baik dilakukan karena akan mempercepat terjadinya penumpukan kotoran di dalam akuarium karena banyaknya sisa-sisa makan.

Untuk itu pada saat membeli ikan jangan lupa untuk menanyakan kepada penjual mengenai kebutuhan makan karena tiap-tiap jenis ikan memiliki porsi serta waktu makan yang berbeda.

5. Rutin Membersihkan Akuarium

Cara merawat di akuarium yang terpenting adalah dengan rutin membembersihkannya secara tepat waktu.

Air dan akuarium yang kotor sangat berdampak buruk bagi kesehatan ikan karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

Disarankan bagi kamu untuk membersihkan akuarium dan mengganti airnya minimal 1 – 2 minggu sekali.

Itulah beberapa cara merawat di akuarium dengan mudah dan tanpa repot bagi kamu pemula yang baru ingin memelihara ikan.

Jika masih bingung bagaimana cara yang tepat untuk mempersiapkan akuarium yang baik untuk ikanmu, maka Buku Pintar: Akuarium Air Tawar bisa memberikan panduan yang tepat.

Buku ini akan membantu kamu dalam menentukan pilihan akuarium yang sesuai untuk ikan peliharaan dan cara pemberian air untuk ikan khususnya air tawar.

Kamu juga akan diberikan tips-tips dalam memilih kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk mempercantik dan merawat kebersihan akuarium.

Kamu bisa dapatkan Buku Pintar: Akuarium Air Tawar dengan memesannya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com