Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membaca Sambil Berimajinasi, Berikut Rekomendasi Novel Fantasi Terjemahan yang Bisa Kamu Nikmati

Kompas.com - 27/11/2021, 08:00 WIB
Sumber Foto : Freepik
Rujukan artikel ini:
Keruntuhan Gondolin (The Fall Of…
Pengarang: J.r.r Tolkien
|
Editor Almira Rahma Natasya

Apakah kamu ingin bertualang ke negeri ajaib? Satu-satunya cara untuk melakukan itu adalah dengan membaca dan berimajinasi melalui novel fantasi.

Kegiatan membaca memang tidak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan imajinasi yang diciptakan dalam benak akibat dipicu oleh jalan cerita dari buku fiksi.

Biasanya ini cara yang ampuh untuk rehat dan ‘kabur' sejenak dari aktivitas sehari-hari yang begitu penat.

Buku fiksi yang tepat untuk mengajak bertualang ke Negeri Ajaib biasanya adalah novel fantasi yang memiliki dunia di luar nalar manusia.

Novel fantasi menciptakan dunia baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya dalam benak kita selama ini.

Maka tidak mengherankan jika novel fantasi kerap menjadi pilihan dan mampu menarik minat banyak pembaca, karena memiliki kekuatan cerita baik dari segi latar, tokoh, dan keajaiban yang diciptakan di dalamnya.

Berikut tiga rekomendasi novel fantasi terjemahan yang bisa kamu baca dan nikmati di waktu senggang.

Rekomendasi Novel Fantasi Terjemahan

1. The Fall of Gondolin

The Fall of Gondolin merupakan cerita tentang kota bernama Gondolin yang dihuni kaum Elf dan masih tersembunyi dari kaum Morgoth.

Raja Gondolin, Turgon, merupakan sosok yang paling dibenci dan ditakuti oleh kaum Morgoth.

Ketika Tuor sedang mencari keberadaan Gondolin, ia bertemu dengan Ulmo, Valar penguasa lautan, yang memerintahkannya untuk segera pergi ke Gondolin untuk menyampaikan ancaman perang dari kaum Morgoth kepada Turgon.

Sesampainya di Gondolin, Tuor disambut dengan hangat oleh Turgon dan tidak lama setelah itu ia menikah dengan Idril, putri Turgon, yang menciptakan kebencian terhadap Magelin, sepupu Idril, sehingga memicu peluang bagi Morgoth untuk menemukan dan melancarkan serangan ke Gondolin.

The Fall of Gondolin adalah kisah yang sudah lama ditulis oleh J.R.R. Tolkien menjelang akhir tahun 1916. Pada akhirnya Christopher Tolkien memutuskan untuk menyunting dan menerbitkan novel ini.

The Fall of Gondolin mampu melengkapi kisah dan narasi dari Middle-earth Universe, sehingga bagi kamu yang suka dengan kisah The Lord of The Rings, novel ini wajib kamu baca dan koleksi.

2. Six of Crows

Six of Crows bercerita tentang enam orang anggota Dregs, yaitu Kaz, Inej, Nina, Matthias, Jordan, dan Wylan yang mengemban misi untuk menyelamatkan Bo Yul-Bayur, ilmuwan yang menemukan jurda parem.

Jurda parem merupakan sejenis opium yang mampu meningkatkan kekuatan Grisha sekaligus memberikan efek candu bagi penggunanya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika jatuh ke tangan yang salah, jurda parem bisa menimbulkan polemik yang besar dan mengganggu perdamaian dunia.

Akan tetapi, tujuan anggota Dregs bukanlah menyelamatkan perdamaian dunia, namun ada sejumlah uang sejumlah 30 juta kruge jika mereka dapat menyelesaikan misi.

Plot cerita yang dibuat oleh Leigh Bardugo amat terasa rapi dengan dunia fantasi yang mampu mengajak imajinasi kita untuk ikut berpartisipasi selama membaca.

Novel ini memiliki format duologi, sehingga kamu bisa menikmati petualangan Kaz dan kawan-kawan di buku keduanya, yaitu Crooked Kingdom.


Baca juga: Film Fantasi Terbaik


3. Children of Blood and Bone

Mengisahkan sebuah negeri bernama Orisha yang berisi kaum Maji. Kaum ini memiliki kemampuan sihir yang hidup damai dan berdampingan dengan orang-orang biasa.

Akan tetapi, kedamaian tersebut dihancurkan oleh Raja Saran yang membantai habis kaum Maji dengan alasan takut jika sihir mereka dapat membahayakan orang-orang.

Salah satu korban dari pembantaian tersebut adalah ibu Zelie yang tewas di depan mata Zelie sendiri.

Ibu Zelie ternyata merupakan seorang diviner yang kekuatan sihirnya sudah lenyap.

Zelie pun kini memiliki tujuan untuk menyelamatkan kaum Maji yang masih tersisa dengan kemampuan sihirnya yang masih harus diasah dan dibangkitkan kembali.

Tomi Adeyemi mampu menghadirkan kultur atau budaya dalam sebuah cerita fantasi dengan begitu kuat sehingga latar belakang ceritanya mampu terbangun dengan kokoh.

Children of Blood and Bone sendiri merupakan buku pertama dari trilogi Legacy of Orisha dan kamu bisa membaca kelanjutan petualangan Zelie di Children of Virtue and Vengeance.

Saat ini sudah ada semakin banyak cerita fantasi yang bagus dan mampu membangun universe dengan sangat solid.

Selain menyajikan dunia yang mampu mengajak bertualang secara imajiner, novel fantasi juga bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang dengan cara yang menarik.

Ketiga novel fantasi di atas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang sedang membutuhkan tamasya ke negeri ajaib.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com