Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Lulur Kopi dengan Campuran Bahan Alami, Siap Bantu Cerahkan Kulit

Kompas.com - 30/10/2022, 09:00 WIB
Cara membuat lulur kopi Sumber Gambar: Freepik.com Cara membuat lulur kopi
Rujukan artikel ini:
The Little Book of Skin…
Pengarang: Charlotte Cho
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Memiliki kulit yang sehat dan cantik tentunya menjadi dambaan setiap orang, terutama para wanita.

Jadi tidak heran jika sebagian besar dari mereka rela menghabiskan banyak uang untuk merawat kulitnya di salon kecantikan, atau dengan membeli berbagai produk perawatan kulit yang mahal.

Padahal masih ada banyak sekali bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit, karena selain lebih aman, bahan-bahan alami juga lebih mudah kamu temukan di sekitar rumah.

Salah satu bahan rumahan yang bisa digunakan adalah kopi dengan campuran beberapa bahan alami lainnya, butiran halus pada kopi ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Selain untuk merawat kulit wajah, kopi juga bisa dijadikan sebagai masker atau lulur untuk badan, ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi dan menutrisi kulit dengan lebih maksimal.

Ada banyak cara untuk membuat lulur kopi sendiri di rumah, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

6 Cara Membuat Lulur Kopi

1. Kopi dan Madu

Madu memiliki sifat anti bakteri yang bisa memberikan efek penyembuhan pada kulit yang mengalami masalah.

Selain itu, madu juga bisa membantu mengunci kelembaban dan menenangkan kulit, jadi mencampurkannya dengan kopi bisa membuat kulitmu semakin ternutrisi.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, kamu tinggal campurkan 2 sendok makan bubuk kopi, 3 sendok makan yogurt, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan bubuk kakao.

Setelah semua bahan tercampur rata, kamu bisa oleskan pada bagian wajah atau bagian tubuh, pijat dengan lembut selama sekitar 10 menit, dan cuci sampai bersih.

2. Kopi dan Minyak Kelapa

Minyak kelapa termasuk salah satu bahan alami yang sangat baik untuk membantu menutrisi dan melembabkan kulit.

Jika kamu menginginkan kulit yang lembut, kamu juga bisa tambahkan campuran yogurt dan air perasan jeruk lemon ke dalamnya.

Untuk cara pembuatannya, kamu bisa campurkan 2 sendok makan bubuk kopi, ¼ cangkir yogurt, 1 sendok makan minyak kelapa, dan ½ perasan buah lemon.

Setelah selesai, gosok semua campuran bahan tersebut ke bagian tubuh atau wajah, diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Kopi dan Gula

Kopi dan gula pasir halus bisa menjadi bahan eksfoliasi terbaik untuk membantu mencerahkan kulit dan membuat kulit tampak lebih bersinar setiap harinya.

Cara membuatnya cukup mudah, campurkan 2 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan gula pasir, dan 1 sendok teh minyak zaitun.

Oleskan campuran ketiga bahan tersebut ke seluruh bagian tubuh, jangan lupa gosok dan pijat kulit dengan lembut, dan bilas dengan air bersih.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Kopi dan Air Mawar

Air mawar bisa bermanfaat untuk menyegarkan dan menghidrasi kulit, serta membuat kulit menjadi lebih kencang dan halus asal digunakan secara teratur.

Untuk bahan pembuatannya pun cukup mudah, kamu tinggal campurkan 4 sendok makan bubuk kopi dan 1 sendok teh air mawar.

Oleskan ke bagian tubuh atau wajah, jangan lupa beri pijatan yang lembut, diamkan selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Kopi dan Pisang

Lulur campuran kopi dan pisang juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk membersihkan, menghaluskan kulit, dan membantu mengelupas sel kulit mati terutama pada bagian kaki.

Untuk cara pembuatannya, kamu bisa hancurkan ½ pisang matang, kemudian campurkan dengan ¼ cangkir minyak zaitun, ¼ cangkir kopi bubuk, dan ½ cangkir garam.

Setelah semua bahan tercampur merata, oleskan ke seluruh bagian tubuh dan pijat dengan lembut, diamkan terlebih dahulu selama beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat.

6. Kopi dan Teh Hijau

Selain bagus untuk kesehatan, teh hijau yang dicampur dengan kopi juga bisa digunakan untuk merawat kulit dan memberikan efek yang menenangkan pada kulit.

Kamu bisa campurkan ½ cangkir kopi bubuk, 3 sendok teh garam, dan 2 sendok teh soda kue, jangan lupa aduk sampai tercampur rata.

Tambahkan teh hijau sedikit demi sedikit sampai adonan sedikit mengental, oleskan ke seluruh tubuh dan biarkan selama ± 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Itulah 6 cara termudah untuk membuat lulur kopi dengan campuran bahan alami yang bagus dan berkhasiat dalam membantu merawat dan mencerahkan kulit.

Meski bahan alami adalah alternatif terbaik, kamu sebenarnya tetap harus menyisihkan uang dan menyediakan waktu untuk melakukan perawatan kulit ke dokter ahli, atau membeli skincare yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Sebagai referensi mengenai skincare, kamu bisa coba membaca buku The Little Book of Skin Care - Rahasia Kecantikan Korea untuk Kulit Sehat dan Bercahaya karya Charlotte Cho.

Korea Selatan saat ini tengah menjadi kiblat dunia dalam berbagai bidang, mulai dari musik, fashion, sampai produk perawatan kulit.

Bukan tanpa alasan, setiap produk kecantikan yang berasal dari negeri ginseng tersebut memang sudah terbukti efektif untuk mencerahkan dan mengatasi berbagai permasalahan pada kulit.

Buku ini akan memberikan tips serta step by step penggunaan skincare ala orang Korea yang bisa kamu tiru di rumah, tidak lupa, buku ini juga memberikan beberapa rekomendasi produk skincare yang bisa kamu cocokkan dengan kebutuhan kulitmu.

Buat kamu yang penasaran, tunggu apalagi? Buku ini bisa kamu checkout segera melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com