Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Drama, Begini Cara Pacaran Santai tapi Serius

Kompas.com - 10/09/2022, 15:00 WIB
Cara Pacaran Santai tapi Serius Sumber Gambar: unsplash.com Cara Pacaran Santai tapi Serius
Rujukan artikel ini:
Beyond Mars And Venus: Membangun…
Pengarang: John Gray, John Gray,…
|
Editor Ratih Widiastuty

Setiap pasangan tentunya mendambakan hubungan yang langgeng dan harmonis dipenuhi kebahagiaan serta rasa cinta setiap harinya.

Sayangnya, kisah cinta sempurna seperti itu jarang terjadi dalam kehidupan yang pada kenyataannya penuh pasang surut.

Perbedaan sifat dengan pasangan kerap menjadi pemicu pertengkaran, seperti adanya salah paham, cemburuan, hingga terlalu banyak menuntut.

Drama dalam pacaran tentunya akan menjadi bom waktu yang membuat hubungan renggang bahkan bisa berakhir putus.

Oleh karena itu, menjalin hubungan dalam pacaran perlu dilakukan dengan sikap yang tepat sekaligus kedewasaan agar bisa maju hingga jenjang pernikahan.

Sikap tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan sejumlah cara pacaran santai tapi serius yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Pacaran Santai tapi Serius

1. Fokus pada Hubungan yang Sedang Dijalani

Saat ini banyak pasangan membagikan kebersamaan mereka untuk konten video yang diunggah ke Instagram maupun TikTok hingga banyak orang menyebutnya sebagai couple goals.

Keromantisan mereka ataupun keseruan yang terlihat dalam konten tersebut secara tidak langsung memicu kita untuk membandingkannya dengan hubungan pasangan lain.

Padahal, setiap pasangan memiliki cara masing-masing dalam menjalin hubungan mereka agar tetap langgeng.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mengikuti gaya pacaran orang lain dan fokuslah pada hubungan yang sedang dijalani.

Dengan fokus pada hubungan yang sedang dijalani, kamu dan pasangan akan lebih bisa mengenal dan menjalin komunikasi berdasarkan cara kalian.

Agar hubungan berjalan baik, tetap utamakan nilai-nilai seperti kedewasaan dan kepercayaan serta komunikasi yang baik untuk membicarakan rencana ke depan bersama pasangan.

2. Lebih Bijak dalam Bersikap

Untuk memiliki hubungan pacaran santai tapi serius, kamu membutuhkan sikap bijak dalam bersikap.

Sikap bijaksana tersebut tidak lepas dari kepercayaan yang diberikan kepada pasangan, seperti tidak lagi mempersoalkan urusan kabar sebagai masalah besar.

Kamu dan pasangan memahami bahwa kalian tidak boleh bergantung pada kabar masing-masing dan harus fokus dengan aktivitas yang sedang dikerjakan.

Kalian saling mengerti bahwa komunikasi penting dan harus dijaga baik-baik, sehingga tidak lagi perlu panik saat mendadak pasangan tidak mengabari seharian.

Bijak dalam bersikap akan membuatmu dan pasangan meminimalisir drama dan rasa curiga berlebihan, terutama ketika belum mendapatkan kabar darinya seharian.

Dengan sikap bijak, kamu dapat berpikir lebih positif dan melihat sesuatu dari sudut pandang lebih rasional sebelum tiba-tiba marah dengan pasangan karena salah paham.

3. Tidak Memiliki Jadwal Kencan

Umumnya banyak orang menjadikan malam minggu sebagai jadwal kencan mereka untuk menghabiskan waktu bersama pasangan.

Sedangkan dalam hubungan pacaran yang santai, kamu justru tidak perlu memikirkan hari khusus untuk bertemu dengan pasangan.

Kalian bisa pergi kapanpun ada waktu luang tanpa harus merencanakannya jauh-jauh hari secara struktur.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bahkan, kalian juga bisa merencanakan berbagai liburan spontan untuk menghabiskan waktu bersama tanpa terpaku pada jadwal kencan.

Tidak harus mengikuti “waktu pacaran” kebanyakan orang, carilah waktu kalian yang lebih fleksibel untuk kencan.

4. Tidak Banyak Mengumbar Kemesraan di Media Sosial

Media sosial kerap menjadi sumber masalah dalam sebuah hubungan hingga bisa berujung pada pertengkaran.

Ketika memutuskan untuk mengumbar kemesraan di media sosial, kita akan dihadapkan pada hal-hal sepele yang dapat membuat hubungan goyah, seperti kecurigaan tentang mengapa pasangan tidak ikut mengunggah foto kalian berdua.

Pahami bahwa kemesraan atau langgengnya hubungan kalian tidak perlu dipertontonkan di media sosial hingga menjadi konsumsi publik.

Selama kalian berdua saling memiliki rasa cinta dan kasih sayang, biarkan rasa tersebut terus tumbuh tanpa harus membutuhkan validasi orang lain.

5. Tidak Bersikap Manja Berlebihan

Memiliki seseorang yang dapat diandalkan dan selalu ada secara tidak langsung akan membuat kita menjadi lebih manja.

Dalam menjalin hubungan, manja dengan pasangan merupakan kesenangan tersendiri.

Apalagi jika pasangan juga mampu memanjakan orang yang disayanginya dengan tulus dan menuruti apa yang diinginkan.

Meski begitu, manja berlebihan akan membuatmu terlihat menyebalkan di mata pasangan.

Oleh karena itu, kamu harus memahami situasi kapan harus manja dan kapan semestinya bersikap mandiri.

Untuk memiliki hubungan pacaran santai tapi serius, kamu perlu menempatkan diri ketika tahu bahwa pasangan juga mempunyai kesibukan lain.

Jangan bersikap manja berlebihan jika tidak ingin hubungan pacaran dipenuhi dengan drama.

Nah, itulah cara pacaran santai tapi serius yang bisa kamu terapkan dalam hubunganmu dengan si dia agar tetap harmonis dan berakhir ke jenjang pernikahan.

Meski tidak mudah, menjaga hubungan pacaran membutuhkan kecakapan terutama dalam memahami karakter dua kepala yang berbeda.

Agar bisa menjalin hubungan lebih baik, cobalah membaca buku Beyond Mars And Venus: Membangun Hubungan Ideal di Zaman yang Kompleks.

Buku yang ditulis oleh John Gray ini akan mengajarkan tentang bagaimana cara menguatkan sebuah hubungan, sehingga mampu tubuh bersama dalam cinta.

Selain itu, buku ini juga akan menjelaskan tentang kebutuhan pasangan secara individual, sehingga dapat saling memahami hingga membawa kebahagiaan.

Dapatkan buku Beyond Mars And Venus: Membangun Hubungan Ideal di Zaman yang Kompleks di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com