Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengecek Love Language untuk Hubungan yang Lebih Baik

Kompas.com - 12/08/2022, 09:00 WIB
Cara Mengecek Love Language Sumber Gambar: unsplash.com Cara Mengecek Love Language
Rujukan artikel ini:
The 5 Love Languages For…
Pengarang: Gary Chapman
|
Editor Ratih Widiastuty

Ketika seseorang menjalin hubungan asmara, kita sering mendengar orang bertanya seperti “love language apa yang kamu miliki untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada pasangan?”.

Setelah itu, banyak orang juga akan menyarankan para pasangan untuk mengecek love language mereka agar bisa memiliki hubungan dekat dan saling mengenal.

Bagi sejumlah orang, mengetahui love language merupakan hal penting dalam menjalin hubungan asmara, karena jadi salah satu cara mengetahui apa yang membuat pasangan lebih nyaman saat bersama.

Lalu, sebenarnya apa itu love language dan bagaimana cara mengeceknya?

Arti Love Language

Love language dapat diartikan sebagai bahasa cinta untuk menunjukkan kasih sayang seseorang kepada orang lain.

Pada umumnya, bahasa cinta tidak hanya berlaku untuk hubungan asmara sepasang kekasih, namun juga bisa diterapkan dalam hubungan keluarga maupun persahabatan.

Cara Mengecek Love Language

Konsep love language mulanya diperkenalkan oleh Gary Chapman pada 1995 dalam bukunya yang berjudul The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts.

Lewat konsep tersebut, Gary memperkenalkan bahasa cinta saat menerima dan mengekspresikan perasaan kasih sayang dalam sebuah hubungan.

Menurutnya, tidak semua orang mengekspresikan rasa cinta dengan cara yang sama sehingga Gary membagi bahasa cinta menjadi lima jenis, yaitu act of service, word of affirmation, physical touch, receiving gifts, dan quality time.

Untuk mengecek love language bisa dilakukan dengan cara mengikuti tes melalui situs 5lovelanguages.com.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Kunjungi situs website Love Language Test di laman https://5lovelanguages.com.
  2. Setelah menu beranda pada website tersebut muncul, klik “Start Here” untuk memulai tes.
  3. Lalu, pilih tipe hubungan apa yang ingin kamu perkuat, ada pilihan romantis, keluarga, persahabatan, atau teman kantor.
  4. Setelah itu pilih Love Language Quiz dan akan muncul sejumlah pertanyaan.
  5. Ada sekitar 30 pertanyaan yang berkaitan preferensi karakter dalam menjalin hubungan dan wajib untuk dijawab.
  6. Setelah terjawab semua, hasil akan otomatis muncul dan bisa diunduh dengan klik pilihan “Print”.

Hasil test love language tersebut akan menampilkan presentasi kecenderungan karakter percintaan berdasarkan lima jenis bahasa cinta.

Jenis-Jenis Love Language

1. Act of Service

Seseorang yang cenderung memiliki jenis love language act of service akan mudah tersanjung dengan perbuatan baik seseorang terhadap dirinya.

Jika pasangan memiliki bahasa cinta act of service, tunjukkan tindakan nyata untuk membuatnya bahagia dibandingkan hanya merangkai kata-kata manis tanpa aksi.

Misalnya, kamu bisa melakukan tindakan sederhana seperti mencuci piring, membukakan pintu kendaraan, memakaikan helm, atau bergantian mengurus si buah hati.

Tindakan sederhana akan lebih bermakna jika kamu melakukannya tanpa diminta.

Hal tersebut akan membuat hubungan dengan pasangan menjadi lebih baik karena telah menunjukkan cinta dan perhatian dalam bentuk tindakan nyata.

2. Word of Affirmation

Tipikal orang dengan jenis love language word of affirmation membutuhkan validasi pernyataan cinta secara langsung dan rutin.

Meski kamu merasa sudah cukup menunjukkan rasa kasih sayang terhadapnya, orang dengan jenis bahasa cinta ini membutuhkan kata-kata yang secara langsung diungkapkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ungkapkan kalimat-kalimat yang jujur guna menunjukkan rasa kasih sayang, seperti memuji, mengapresiasi apa yang dilakukan atau mengungkapkan terima kasih, dan lain sebagainya.

3. Physical Touch

Bahasa cinta satu ini ditunjukkan melalui sentuhan fisik secara langsung, seperti berpegangan tangan, merebahkan kepala di bahu pasangan, atau berpelukan sederhana.

Tipe love language berupa physical touch akan memberikan suasana keintiman yang lebih dekat antar pasangan dari hati ke hati.

Oleh karena itu, seseorang dengan love language ini akan lebih menyukai sentuhan fisik yang mampu membuatnya merasa dicintai dibandingkan kalimat “aku cinta kamu”.

Physical touch dapat menjadi ekspresi kasih sayang yang efektif dalam memembangun kemesraan dengan pasangan selama dilakukan atas dasar penuh cinta dan tidak ada unsur pemaksaan.

4. Receiving Gift

Seseorang dengan tipe love language berupa receiving gift akan merasa dicintai dan diperhatikan ketika menerima hadiah dari pasangannya.

Sama seperti orang dengan tipe act of service, tindakan nyata lebih disenangi dibandingkan hanya memberinya kata-kata manis.

Cobalah untuk memberikan hadiah sederhana meski tidak ada hari spesial atau ketika kamu tau jika pasanganmu sedang sedih maupun butuh dihibur.

Selain hadiah, kamu bisa memberikan kejutan sederhana untuk menyenangkan perasaan hatinya.

5. Quality Time

Tipikal orang yang memiliki bahasa cinta berupa quality time akan lebih menyukai menghabiskan waktu bersama pasangan meskipun tidak pergi kemana-mana.

Mereka akan lebih merasa dicintai dan diperhatikan saat menghabiskan waktu bersama pasangan, bertemu secara langsung, dan mengobrol tentang banyak hal.

Selain itu, seseorang dengan karakter tipe love language ini akan lebih senang menghabiskan waktu bersama pasangan tanpa terdistraksi dengan penggunaan ponsel dan diperhatikan secara penuh saat berdua.

Nah, itulah pengertian dan cara mengecek love language untuk membangun hubungan yang lebih baik dan romantis.

Selain itu, kamu juga bisa lho mempelajari love language lebih dalam lagi dengan membaca buku The 5 Love Languages For Singles.

Buku karya Gary Chapman ini mengadaptasi konsep The 5 Love Languages yang dilengkapi berbagai kisah pengalaman para lajang yang sukses menerapkan lima bahasa cinta saat berjuang membangun hubungan.

Lewat buku ini, penulis ingin memberikan pesan agar pembaca memahami bahasa cinta milik dirinya sendiri maupun orang lain agar dapat menjalin hubungan dengan baik, antara anak dan orang tua, adik-kakak, antara sahabat atau kekasih.

Dapatkan buku The 5 Love Languages For Singles di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com