Ini Tips Memilih Model Rambut Wanita yang Cocok dengan Bentuk Wajah

Kompas.com - 07/08/2022, 13:30 WIB
tips memilih potongan rambut wanita pixabay tips memilih potongan rambut wanita
Rujukan artikel ini:
Perawatan Kulit Kepala & Rambut
Pengarang: Siti Sahida & Hidayani
|
Editor Rahmad

Salah satu hal yang harus diketahui wanita adalah bagaimana memilih gaya rambut. Ini tentu bukan tugas yang mudah. Namun, mungkin saja kamu kesulitan menyesuaikan gaya rambut wanita dengan sesuai dengan bentuk wajahmu.

Tips memilih model rambut wanita ini sangat efektif dalam menentukan gaya rambut. Contohnya model rambut sebahu tidak selalu cocok beberapa bentuk wajah dan cenderung lebih cocok dengan model rambut panjang.

Bahkan potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah biasanya sesuai dengan kepribadian seorang wanita. Selain meningkatkan rasa percaya diri, model rambut yang sesuai dengan bentuk wajah juga mempengaruhi persepsi subjektif setiap orang.

Tips Memilih Model Rambut Wanita

Berikut ini tips memilih model rambut wanita sesuai dengan berbagai bentuk wajahnya:

1. Bentuk Wajah Bulat (Round face)

Banyak wanita memiliki struktur wajah bulat. Seperti namanya, bentuk wajah ini lebih membulat. Artinya, panjang dan lebarnya kurang lebih sama. Bentuk wajah bulat atau wajah bulat biasanya terlihat “baby-faced”. Meski demikian, ada beberapa wanita yang tidak percaya diri dengan bentuk wajah ini.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan gaya rambut lainnya. Potongan rambut yang menyembunyikan pipi tembem atau membuatnya terlihat lebih tirus. Gaya rambut wanita berikut ini cocok untuk bentuk wajah bulat:

a. Lob atau Long Bob Cut

Gaya rambut ini akan membantu membuat pipi kamu terlihat lebih tirus. Potongan lob juga membuat pipi jadi ramping.

b. Potongan Pixie Pendek dengan Poni Samping

Potongan Pixie Pendek dengan Poni Samping dapat menyempurnakan penampilan wajah yang lebih ramping. Itulah sebabnya model rambut ini cocok untuk kamu yang memiliki pipi chubby.

c. Beach Waves

Gaya potongan ini merupakan ciri khas gaya rambut pendek wanita. Untuk mengubah kesan wajah, disarankan untuk mencukur sejajar dengan dagu. Untuk rambut keriting, rapikan di sepanjang telinga.

d. Model Rambut Sebahu

Untuk wanita dengan wajah bulat, model rambut sebahu adalah pilihan yang terbaik.

e. Slick Back Blunt Bob

Variasi potongan rambut bob ini membantu menyembunyikan pipi yang terlalu lebar.

2. Bentuk Wajah Kotak (Square)

Bentuk wajah persegi atau kotak memiliki lebar tulang rahang, dahi dan pipi yang hampir sama. Inilah salah satu keunikannya dibandingkan dengan bentuk wajah lainnya. Namun, jika kamu tidak percaya diri bisa memilih model rambut yang cocok.

Tips memilih model rambut wanita yang sesuai dengan tipe wajah ini adalah potongan rambut yang menekankan garis rahang. Hal ini karena bagian itu merupakan nilai tambah dan orisinalitas dari bentuk wajah kotak, seperti model rambut berikut ini:

a. Pixie dengan Poni Panjang

Jenis gaya rambut pendek untuk wanita ini dapat memperlihatkan bagian dagu. Sehingga pesona wanita dengan wajah persegi menjadi lebih menarik.

b. Bob Pendek

Gaya rambut ini populer untuk wanita. Salah satu variasi, bob pendek, paling cocok untuk wanita dengan bentuk wajah yang cenderung kotak.

c. Rambut Panjang Tanpa Poni

Gaya rambut ini juga cocok untuk wanita dengan wajah persegi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Bentuk Wajah Hati (Heart)

Dilihat sekilas bentuk wajah ini menyerupai bentuk hati. Bentuk wajah hati umumnya jarang ditemui. Ia juga memiliki tulang pipi yang menonjol dan dagu yang runcing. Wanita dengan wajah berbentuk hati pasti memiliki harga diri yang cukup tinggi.

Model wajah ini sangat langka. Namun, beberapa pemilik bentuk wajah ini masih merasa minder. Di bawah ini adalah daftar model rambut wanita berbentuk hati yang dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu.

a. High-top Knot

Kami bisa mengepang atau mengikat rambut agar lebih memperlihatkan bagian dagu yang runcing.

b.Model Rambut Tanpa Layer

Wanita dengan wajah berbentuk hati sebaiknya menghindari model rambut berlayer. Pasalnya, potongan layer ini membuat dagu menjadi terlihat lebih kecil.

c. Bob Asimetris

Agar bola mata dan tulang pipi lebih menonjol, gunakan model rambut bob pendek wanita.

d. Variasi poni

Wanita dengan wajah berbentuk hati bisa bermain dengan variasi gaya poni untuk meningkatkan kepercayaan diri.

4. Bentuk Wajah Oval

Umumnya untuk wajah oval memiliki ciri utamanya adalah wajah yang panjang. Lebar wajah sama dari atas ke bawah. Tipe wajah ini biasanya bisa menggunakan hampir semua model rambut yang ada.

Pasalnya, bentuk wajah seperti itu tergolong simetris dan proporsional. Berikut ini tips memilih model rambut wanita yang cocok dengan bentuk wajah oval:

a. Varian Pixie-cut

Model rambut ini cocok untuk bentuk muka meskipun semakin panjang rambut kamu.

b. French Bob

Variasi gaya rambut bob yang sesuai dengan bentuk wajah oval adalah French bob.

5. Bentuk Wajah Panjang

Disebut bentuk wajah panjang karena orang dengan bentuk wajah ini umumnya memiliki dagu yang lebih panjang dibandingkan bentuk lainnya. Kemudian dahi lebih simetris. Salah satu gaya rambut yang paling cocok adalah loose curls.

Gaya ini adalah gaya rambut bergelombang. Mengapa cocok untuk wanita dengan wajah panjang? karena biasanya mereka ingin menonjolkan wajah yang lebih lebar agar proporsi panjang dan lebarnya seimbang.

Buku Perawatan Kulit Kepala dan Rambut yang ditulis Siti Sahida dan Hidayani ini bisa membantu kamu memahami tentang tips dan trik merawat kesehatan kulit kepala dan rambut. Percuma saja jika kamu punya model rambut yang bagus namun tidak dirawat maka penampilannya juga tidak akan terlihat bagus.

Jadi selain memperhatikan bentuk wajah, kamu juga perlu merawatnya agar model rambut yang kamu miliki tetap terlihat bagus dan menawan.

Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli langsung di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.