Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Novel Freya: Pahit Manis Kisah Cinta Masa SMA

Kompas.com - 12/06/2022, 16:00 WIB
Freya Sumber Gambar: Gramedia.com Freya
Rujukan artikel ini:
Freya
Pengarang: Sanaz Nadya
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sebelum membaca ulasannya lebih jauh, perlu diketahui bahwa Freya adalah salah satu novel yang beberapa tahun lalu sempat booming di Wattpad.

Novel dengan genre romantis ini tentunya menjadi favorit para anak muda, terutama bagi mereka yang juga tengah dimabuk asmara.

Melalui buku ini, penulis tidak hanya akan mengisahkan cerita tentang dua orang remaja yang sedang jatuh cinta, tapi juga tentang perjuangan untuk bisa tetap bersatu di tengah banyaknya cobaan dan halangan yang harus mereka hadapi.

Novel Freya ingin menunjukkan bahwa kita tidak boleh terlalu banyak berekspektasi dengan apapun yang ada di dunia ini, termasuk juga cinta, karena kita akan menemukan banyak hal yang menyakitkan jika terlalu banyak menyimpan ekspektasi.

Sinopsis Novel Freya

Namanya Freya Anindhita, gadis polos, ceroboh, dan lugu, yang diceritakan sudah sejak lama memendam perasaan pada Kai Lucifer, yang tidak lain adalah teman satu SMP-nya.

Dalam kesehariannya, Freya hanya ditemani Lana, sahabatnya yang baik hati, dan Freda, kakak kembarnya yang overprotective.

Selama tiga tahun masa SMP, tidak pernah ada obrolan empat mata ataupun kontak fisik yang akhirnya membuat Freya merasa harus mengurungkan perasaannya pada sosok Kai, yang rasanya agak terlalu tinggi untuk digapai.

Tapi sejak acara perpisahan SMP, kehidupan keduanya mulai berubah drastis. Freya justru kembali bertemu dengan Kai dan bersekolah di SMA yang sama.

Hal ini membuat jantung Freya sering sekali berdebar-debar tak karuan saat tidak sengaja bertatap muka dengan Kai.

Tidak lama sejak masuk ke bangku SMA, keduanya tiba-tiba menjadi dekat sampai akhirnya memutuskan untuk berpacaran.

Menjalani hubungan dengan Kai ternyata tidak berjalan mulus seperti bayangan Freya.

Ia selalu saja dihadapkan pada berbagai situasi yang tidak menyenangkan, mulai dari Freya yang selalu memintanya untuk menjauhi Kai tanpa alasan, sampai kehadiran gadis lain bernama Sarah yang ternyata telah dijodohkan dengan Kai.

Apakah Freya harus tetap berjuang bersama Kai, atau merelakan Kai untuk orang lain demi ketenangan hidupnya?

Review Novel Freya

Kisah dalam novel ini diawali dengan pengenalan dan beberapa interaksi dari para tokohnya, baru pembaca akan mulai digiring pada tokoh Freya yang dikisahkan sedang jatuh cinta pada Kai, teman sekolahnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kai dalam novel ini digambarkan sebagai sosok yang baik, sopan, berasal dari keluarga berada, populer, namun playboy.

Karakter cowok seperti Kai ini sebenarnya sangat khas dan mudah ditemukan di banyak cerita Wattpad.

Sayangnya, novel ini kurang detail dalam menceritakan alasan yang membuat Freya menyukai dan mengagumi sosok Kai, dengan dalih bahwa cinta memang seharusnya tidak membutuhkan alasan apapun.

Beruntungnya, penulis sangat memahami bagaimana caranya menyuguhkan cerita yang menarik dan mudah diterima oleh pembaca.

Plot cerita dalam novel ini pun sengaja dibuat seringan mungkin sehingga penulis bisa menggambarkan serta membangun narasi dan karakter setiap tokohnya dengan sangat baik.

Alhasil, ada banyak sekali dialog maupun momen-momen manis antara Freya dan Kei yang tidak jarang membuat pembaca merasa envy dan berharap akan menemukan sosok Kei di kehidupan asli.

Kelebihan lain dalam novel ini tentunya juga bisa dilihat secara langsung dari penggambaran sampulnya yang sangat cantik, dan bisa menggambarkan sosok Freya yang menjadi bintang utama dalam kisah ini.

Walaupun berhasil menyuguhkan cerita yang menarik, tapi kisah dalam novel ini bisa dikatakan hampir sama dengan cerita yang ada di Wattpad.

Hal ini tentunya sedikit membuat beberapa pembaca kecewa karena mereka mengharapkan akan ada sesuatu yang lebih, tapi kekurangan ini tentunya tidak terlalu mengganggu bagi para pembaca yang belum pernah membaca kisahnya di Wattpad.

Mereka tentunya masih bisa terhibur dengan kisah cinta Freya dan Kei yang manis, serta hubungan mereka dengan orang-orang terdekatnya.

Walaupun masih ditemukan kekurangan di beberapa bagian tertentu, novel Freya karya Sanaz Nadya ini tidak bisa dikatakan sebagai novel yang buruk, karena kisahnya masih mampu dinikmati para pembaca.

Jalan cerita yang diplot dengan sangat ringan dan tidak bertele-tele sangat membantu pembaca untuk bisa sedikit melupakan berbagai kemelut masalah yang tengah dihadapi dalam kehidupan.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin mengetahui bagaimana kisah kehidupan Freya, Kei, dan para tokoh lainnya, kamu bisa membeli dan mendapatkan novel Freya ini melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com