Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pengisi Suara Saitama, Makoto Furukawa yang Sekaligus Seorang Penyanyi

Kompas.com - 23/05/2022, 10:30 WIB
Pengisi Suara Saitama
Sumber Gambar: youtube.com/artofvoice Pengisi Suara Saitama
Rujukan artikel ini:
One Punch Man 01
Pengarang: One & Yusuke Murata
|
Editor Ratih Widiastuty

Voice actor atau yang dalam bahasa Jepang disebut dengan seiyuu, merupakan sebutan yang ditujukan bagi seseorang yang mengisi suara untuk karakter dalam anime, video game, film, ataupun acara televisi.

Seiyuu telah menjadi salah satu bagian penting di balik kepopuleran dari sebuah anime, salah satunya adalah seri One Punch Man.

Bagi kamu para penggemar setia animasi asal Jepang ini, tentunya sudah tidak asing lagi dengan karakter Saitama yang unik dan mencolok karena memiliki kepala yang botak.

Namun, apakah kamu mengetahui siapa pengisi suara di balik karakter superhero yang satu ini?

Yuk, berkenalan dengan Makoto Furukawa, seiyuu atau pengisi suara dari Saitama yang juga merupakan seorang penyanyi.

Makoto Furukawa, Seiyuu Saitama yang Sekaligus Seorang Penyanyi

Sudahkah kamu mengenal laki-laki kelahiran 29 September 1989 yang berada di balik kesuksesan seri One Punch Man karena perannya sebagai voice actor dari Saitama ini?

Makoto Furukawa merupakan seorang seiyuu yang memulai debut kariernya sejak tahun 2011 dan masih aktif mengisi suara hingga saat ini.

Selain menjadi seiyuu dari karakter Saitama, Makoto Furukawa juga dikenal telah memerankan suara dari karakter lain yang tidak kalah populer, seperti Goto dalam seri Demon Slayer, Taiju Oki dalam Dr. Stone, Yutaro Kindaichi dalam seri Haikyu!!, serta masih banyak lagi.

Tidak hanya pandai dalam mengisi suara saja, namun Makoto juga telah memulai debut solonya sebagai seorang penyanyi setelah dirinya bergabung dengan label Toy's Factory di tahun 2018 lalu.

Miserable Masquerade menjadi lagu debutnya yang telah didengarkan sebanyak lebih dari 100.000 kali hingga saat ini.

Selain menyanyi untuk single dan album pribadinya, rupanya Makoto Furukawa juga pernah menyanyikan lagu untuk official soundtrack atau OST dari seri One Punch Man.

Lagu yang dibawakannya ini berjudul Saitama no One-Punch Ondo dan Minna no One-Punch Ondo yang merupakan ending theme atau lagu penutup dari side story One Punch Man atau yang biasa disebut dengan OVA.


Baca juga: Tips Belajar Bahasa Jepang


Karier sebagai Seiyuu dalam Industri Hiburan Jepang

Berbeda dengan negara lain, khususnya Indonesia, profesi sebagai seorang seiyuu merupakan pekerjaan yang menjanjikan dan banyak dikenal oleh masyarakat Jepang layaknya seorang selebritas.

Profesi ini berkembang seiring dengan perkembangan anime-anime di Jepang yang semakin populer bahkan hingga ke mancanegara.

Banyaknya anime yang diproduksi oleh stasiun televisi tiap musimnya membuat kesempatan berkarier dalam profesi ini banyak dicari serta dibutuhkan. Baca mengenai genre anime.

Hal yang lebih mengejutkan, seorang seiyuu atau voice actor ini bisa memiliki gaji yang lebih besar dibandingkan animator yang juga memiliki peranan penting dalam proses produksi sebuah anime.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tidak jarang pula seiyuu-seiyuu dari karakter anime yang populer memiliki banyak penggemar dan membuat mereka terkenal seperti seorang artis.

Namun, menjadi seorang seiyuu juga bukanlah pekerjaan yang mudah.

Untuk memproduksi film yang memiliki durasi selama kurang lebih 2 jam, proses rekaman yang dilakukan akan memakan waktu selama 7 hingga 8 jam.

Pengisian suara untuk karakter anime atau film ini dilakukan melalui dua proses, yaitu afureko atau after recording dan puresuko atau pre-scoring.

Karena perannya yang bertugas untuk menghidupkan sebuah karakter agar terlihat menarik dan disukai oleh banyak orang, tidak heran jika profesi ini bukanlah pekerjaan yang dipandang sebelah mata di Jepang.

Selain Makoto Furukawa, juga terdapat voice actor lain yang tak kalah populer seperti Natsuki Hanae (seiyuu Tanjiro dari Demon Slayer dan Kaneki dari Tokyo Ghoul), Takahiro Sakurai (seiyuu Giyuu dari Demon Slayer dan Sasori dari Naruto), serta masih banyak lagi.

Yang unik, tidak jarang juga terdapat karakter laki-laki dalam anime atau film yang memiliki pengisi suara seorang perempuan.

Contohnya adalah karakter Armin Arlert dalam seri Attack on Titan yang diisi suaranya oleh Marina Inoue dan seiyuu Naruto Uzumaki dalam serial Naruto yang bernama Junko Takeuchi.

Nah, itulah beberapa fakta menarik mengenai Makoto Furukawa sebagai pengisi suara di balik kepopuleran Saitama, dan pembahasan singkat tentang profesi seiyuu dalam industri hiburan di Jepang.

Saitama merupakan salah satu karakter yang populer karena penampilannya yang unik serta berbeda dibandingkan dengan karakter superhero lain pada umumnya.

Di dalam seri manga One Punch Man, Saitama diceritakan sebagai seseorang yang sejak kecil telah memiliki mimpi untuk bisa menjadi pahlawan.

Berkat latihan kerasnya selama 3 tahun, Saitama pun memperoleh kekuatan yang membuatnya mampu mengalahkan berbagai macam musuh dengan hanya satu pukulan saja.

Meskipun memiliki kehebatan yang tak tertandingi, namun tidak banyak orang yang mengetahui kekuatan sebenarnya di balik penampilan Saitama yang sederhana dan tampak lugu.

Bersama dengan muridnya yang bernama Genos, Saitama pun menyelesaikan berbagai misi dari Asosiasi Pahlawan supaya bisa menjadi pahlawan kelas S suatu saat nanti. Baca selengkapnya tentang murid Saitama.

Kamu bisa mendapatkan seri komik One Punch Man dengan mudah di Gramedia.com, untuk mengikuti keseruan yang dilalui oleh Saitama dan kawan-kawan selama melawan musuh yang mengancam keberadaan umat manusia! Baca juga cara menjadi saitama

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com