Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deep Talk: Pengertian, Topik Pembicaraan, serta Manfaatnya dalam Kehidupan

Kompas.com - 23/05/2022, 10:00 WIB
Deep Talk Sumber foto: Unsplash Deep Talk
Rujukan artikel ini:
Terimakasih Sudah Mengatakannya
Pengarang: KIM YU-JIN
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Dalam kehidupan, manusia tentunya tidak bisa dilepaskan dari berbagai permasalahan, mulai dari masalah keluarga, pekerjaan, hubungan dengan orang-orang terdekat, dan masih banyak lagi.

Sebagai makhluk sosial, manusia tentunya tidak bisa terus menerus memendam keluh kesah.

Sesekali manusia juga membutuhkan obrolan yang mendalam atau deep talk dengan orang lain untuk bisa membuatnya tetap kuat dalam menjalani kehidupannya.

Sebenarnya, apa itu deep talk dan apa manfaatnya bagi kehidupan manusia? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Deep Talk

Deep talk bisa diartikan sebagai sebuah percakapan yang melibatkan topik-topik tertentu secara lebih mendalam yang biasanya dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Topik yang dibicarakan dalam percakapan bukan hanya sekadar tentang hobi atau cuaca hari ini, melainkan lebih mengarah pada pembicaraan yang personal atau sensitif mengenai isu atau masalah tertentu.

Deep talk biasanya banyak membahas mengenai segala kejadian yang pernah terjadi dalam hidup seseorang, baik saat senang maupun sedih.

Tapi pada kenyataannya, deep talk juga tidak selalu membicarakan mengenai topik yang berat saja.

Ada kalanya kamu juga bisa membicarakan hal-hal yang dianggap remeh, tapi ternyata bisa membuatmu berpikir dengan lebih mendalam.

Dalam sebuah hubungan, baik hubungan keluarga, pertemanan, maupun cinta, deep talk tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan kebahagiaan, membangun kemistri, bahkan mendapatkan solusi terbaik dari setiap masalah yang sedang dihadapi.

Bagi kamu yang ingin menjalani hubungan cinta yang menyenangkan dan bisa saling memahami satu sama lain, berikut ini ada beberapa topik pembicaraan yang sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai bahan deep talk bersama pasangan.

Topik Pembicaraan Deep Talk Bersama Pasangan

1. Masalah atau Isu Sosial

Masalah sosial adalah salah satu topik pembicaraan penting yang bisa memperlihatkan bagaimana isi pemikiran seseorang, hal ini tentunya akan membuat kalian saling mengenal satu sama lain.

Selain itu, membicarakan masalah atau isu sosial secara tidak langsung juga bisa memunculkan banyak ide-ide baru, yang mungkin bisa kalian realisasikan untuk membantu menangani permasalahan yang ada.


Baca Juga : Love Language


2. Tujuan Hidup

Membicarakan topik mengenai tujuan hidup dan masa depan menjadi salah satu hal yang penting dan menyenangkan untuk membuat hubungan kalian tetap terjalin dan terjaga dengan baik.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui berbagai hal yang menjadi prioritas utama bagi pasanganmu.

Dari sini kamu bisa menilai apakah ia adalah pasangan yang benar-benar cocok untukmu atau tidak.

3. Keluarga

Walaupun banyak orang yang menganggap bahwa keluarga adalah segalanya, sebenarnya masih ada beberapa orang diluar sana yang punya pendapat berbeda.

Topik deep talk mengenai keluarga ini akan membantu kamu mengetahui bagaimana perasaan dan hubungan pasanganmu dengan keluarganya.

Kamu juga bisa menjadi tempat curhatnya dikala ia sedang tertimpa masalah yang berhubungan dengan keluarga.

4. Momen Terbaik dan Terburuk

Membicarkaan kenangan terbaik dan terburuk bisa sangat menyakitkan sekaligus menenangkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cara yang satu ini mungkin bisa membuatmu memandang masa lalu dengan sudut pandang yang berbeda.

Terlepas dari apapun, topik yang satu ini bisa membantu kamu dan pasangan untuk saling memahami, berempati, dan saling menguatkan satu sama lain.

Itulah beberapa topik pembicaraan yang menarik untuk kamu jadikan sebagai bahan obrolan bersama pasangan.

Tidak hanya membuat hubungan cinta jadi lebih erat, deep talk ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik bagi kehidupan manusia.

Manfaat Deep Talk dalam Kehidupan

1. Membuat Perasaan Menjadi Lebih Lega

Masalah dan perasaan negatif merupakan sesuatu yang tidak bisa dipendam terlalu lama karena akan membuat pikiran dan mental kamu jadi terkuras, sehingga kamu akan lebih mudah merasa stress dan emosional. Baca mengenai kecerdasan emosional.

Melakukan deep talk bersama orang yang kamu percaya tentunya akan membantu kamu melepaskan berbagai emosi negatif tersebut.

Kamu juga bisa jadi lebih tenang dan tidak terus larut dalam kesedihan.

2. Meningkatkan Kebahagiaan

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Psychologial Science, seseorang yang sering terlibat dalam deep talk akan merasa lebih bahagia daripada orang yang jarang melakukannya.

Berbagai macam topik yang dibicarakan dalam deep talk nantinya akan sangat membantu kamu untuk bisa mempererat hubungan, yang tentunya berhubungan langsung dengan kebahagiaan dalam kehidupan.

3. Mampu Memahami Banyak Hal dari Berbagai Sudut Pandang

Setiap orang memiliki pendapat dan pandangan masing-masing mengenai suatu hal.

Dengan melakukan deep talk, kamu bisa mendengarkan pendapat orang lain yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Melalui pembicaraan ini, kamu tentu akan mendapatkan pengetahuan dan pandangan baru yang nantinya akan sangat berguna bagi pengembangan diri kamu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa deep talk ternyata memiliki manfaat dan pengaruh yang cukup penting bagi kehidupan manusia.

Setelah ini, kamu bisa coba untuk membuka diri dan ikut serta dalam membantu orang lain yang sedang mengalami masalah melalui deep talk.

Untuk bisa memberikan saran dan solusi terbaik pada lawan bicara, ada baiknya kamu lebih dahulu membaca buku Terimakasih Sudah Mengatakannya yang ditulis oleh Kim Yu-Jin.

Buku yang menjadi best seller di berbagai toko buku Korea ini terbukti bisa membantu para pembaca yang ingin lebih memahami hati dan perasaan manusia dengan baik.

Dalam buku ini, Kim Yu-Jin akan memberikan berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan jika ingin memberikan solusi atau nasihat pada orang lain, tanpa membuatnya bingung atau tersinggung.

Setelah membaca buku ini, kamu tentunya akan semakin memahami berbagai macam kosakata yang tepat, sehingga orang lain tidak akan merasa sakit hati dengan apapun yang kamu katakan.

Buku terjemahan setebal 280 halaman ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com