Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Kimbab Family, Kisah Keluarga Beda Budaya yang Tinggal di Korea Selatan

Kompas.com - 11/05/2022, 16:00 WIB
Review Kimbab Family Sumber Gambar: instagram.com/gramediagarut_ Review Kimbab Family
Rujukan artikel ini:
Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama…
Pengarang: Kimbab Family
|
Editor Almira Rahma Natasya

Nama Kimbab Family mungkin sudah tidak terdengar asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena keluarga multikultural yang tinggal di Korea Selatan ini, sudah sangat sering membagikan aktivitas keluarga mereka melalui sebuah vlog di YouTube.

Kimbab Family adalah sebutan untuk keluarga dari Appa Jay yang berasal dari Korea Selatan, dan Mama Gina yang berasal dari Indonesia, bersama ketiga anak mereka, yaitu Suji, Yunji, dan Jio, yang kerap tampil menggemaskan dalam vlog sehari-hari

Pernikahan multikultural biasanya memang sulit untuk beradaptasi antara satu sama lain, namun Appa Jay dan Mama Gina mampu memperlihatkan perbedaan kultur dan budaya masing-masing yang diperkenalkan kepada anak-anak mereka, sehingga tampak menarik dan menyenangkan untuk melihat pola asuh mereka yang bisa dibilang sangat edukatif.

Selain berisi ilmu parenting yang sangat bermanfaat, Kimbab Family juga mampu menarik minat orang-orang.

Tingkah laku ketiga anak dari Kimbab Family, yakni Suji, Yunji, dan Jio, sepertinya mampu menjadi magnet yang kuat untuk menyaksikan tingkah laku mereka yang super menggemaskan.

Apalagi, Appa Jay dan Mama Gina selalu melibatkan anak-anak mereka dalam setiap kegiatan keluarga, seperti memasak bersama, jalan-jalan, hingga berkebun.

Kisah keluarga ini sekarang bisa dinikmati dalam bentuk buku dengan judul Kimbab Family, untuk semakin mendekatkan diri dengan para keluarga online atau pun orang-orang yang mungkin belum mengenal keluarga ini.

Buku Kimbab Family: Perjalanan Rumah Tangga Beda Budaya

Buku ini akan mengupas tuntas kisah Kimbab Family, mulai dari pertemuan antara Mama Gina dan Appa Jay, hingga kehadiran tiga buah hati dalam rumah tangga mereka.

Pertemuan antara Mama Gina dan Appa Jay terjadi ketika mereka berdua sama-sama sedang belajar bahasa Mandarin di Tiongkok.

Pertemuan itu nyatanya membuat Appa Jay memberanikan diri untuk melamar Mama Gina di Indonesia.

Perbedaan budaya keduanya nyatanya tidak menjadi soal, sebab mereka yakin akan kekuatan cinta masing-masing.

Di awal rumah tangga mereka, Mama Gina dan Appa Jay terkendala akan bahasa dan budaya yang teramat sangat berbeda, bahkan Appa Jay sempat tinggal di Indonesia dan berusaha untuk beradaptasi dengan kebudayaan serta kebiasaan yang ada.

Begitu pula sebaliknya, Mama Gina pun kini harus menyesuaikan diri dan mulai terbiasa dengan kebiasaan dan budaya masyarakat Korea Selatan.

Walaupun dalam vlog mereka semuanya tampak menyenangkan dan bahagia, tapi faktanya rumah tangga Mama Gina dan Appa Jay tidak semudah kelihatannya, sebab perbedaan budaya dan kebiasaan antara Indonesia dan Korea Selatan harus menjadi bumbu dalam mahligai pernikahan mereka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Memperkenalkan dua budaya dan bahasa yang berbeda pada anak-anak mereka pun menjadi tantangan tersendiri.

Seluruh kisah jatuh bangun mereka untuk menjaga harmoni dan cinta dalam keluarga ditampilkan dengan sederhana dan apa adanya dalam buku Kimbab Family ini.

Pembaca akan melihat jika perjalanan Kimbab Family ternyata tidak selalu semulus yang ada dalam vlog yang mereka tampilkan.

Faktanya, ada lika-liku dan tantangan tersendiri yang mewarnai keluarga kecil mereka.

Review Buku Kimbab Family

Mungkin bagi kamu penggemar dari Kimbab Family, sudah acap kali menemukan cerita menarik dari perjalanan keluarga multikultural ini, tapi jika ingin mendapatkan kisah yang lebih eksklusif, buku Kimbab Family akan memberikan cerita yang sebelumnya belum pernah mereka bagikan di mana pun juga.

Di sini, Mama Gina dan Appa Jay ingin memberi tahu pembaca jika rumah tangga atau keluarga yang mereka miliki tidaklah selalu berjalan mulus.

Maka pemilihan sub judul “(Bukan) Kisah Drama Korea” dipilih sebagai gambaran realistis tentang kondisi Kimbab Family yang apa adanya.

Mama Gina dan Appa Jay secara blak-blakan membeberkan kendala apa saja yang selama ini mereka rasakan dan alami selama menjalani pernikahan multikultural, yang pastinya memberikan tantangan dari segi bahasa dan budaya, mulai dari penyesuaian bahasa dan budaya, sampai mengajarkan anak-anak mereka dua bahasa dan budaya yang berbeda.

Tidak lupa, kehadiran Suji, Yunji, dan Jio juga turut serta ditulis dalam buku ini.

Bagaimana kehadiran tiga buah hati dari Mama Gina dan Appa Jay ini mampu memberikan warna bagi Kimbab Family yang selalu membawa kegembiraan dan keceriaan bagi para penggemarnya.

Pokoknya, bagi kamu yang mengaku penggemar Kimbab Family atau baru mau mengenalnya, wajib sekali rasanya untuk membaca buku ini segera.

Buku Kimbab Family bisa langsung kamu beli dan pesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com