Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku Parenting untuk Menjadi Orang Tua yang Cerdas

Kompas.com - 27/04/2022, 13:00 WIB
Rekomendasi buku parenting Sumber Gambar: Pexels.com Rekomendasi buku parenting
Rujukan artikel ini:
Because This Is My First…
Pengarang: CHAI'S PLAY
Penulis Lika Purnama
|
Editor Almira Rahma Natasya

Orang tua merupakan ayah dan ibu atau siapapun yang berperan dalam pengasuhan.

Orang tua adalah bagian terpenting dalam kehidupan seorang anak.

Sejak dilahirkan ke dunia, anak akan langsung bergantung dengan orang tua untuk dapat hidup dan juga belajar banyak hal dalam masa tumbuh kembangnya.

Namun, orang tua seringkali masih kebingungan bagaimana memilih gaya parenting yang tepat sehingga dapat mendukung perkembangan anak menjadi lebih baik.

Mengapa Gaya Parenting Itu Penting?

Parenting atau pola asuh sangat penting bagi seorang anak, sebab pola asuh tersebut dapat membentuk karakter, menciptakan hal baik dan buruk yang akan memengaruhi banyak aspek di kehidupan anak tersebut nantinya.

Pola asuh yang keliru juga menjadi sebab dari banyak masalah-masalah seperti kenalakan remaja, kehamilan di bawah umur, penyalahgunaan obat terlarang, hingga gangguan kesehatan mental.

Karena itu, ada beberapa komponen penting dalam pola asuh yang seharusnya dipenuhi berupa perlindungan anak dari bahaya, merawat kesehatan fisik dan mental, menetapkan aturan dan batasan untuk mencegah anak melakukan sesuatu yang merugikan orang lain, hingga memaksimalkan potensi dan bakat yang dimiliki anak.

Meskipun tidak ada sekolah untuk menjadi orang tua, namun sebagai gantinya, orang tua dapat selalu belajar untuk menjadi yang terbaik dengan banyak metode, salah satunya dengan membaca buku.

Rekomendasi Buku Parenting untuk Menjadi Orang Tua yang Cerdas

1. Because This is My First Parenting Life – Chai’s Play

Mengasuh dan membesarkan seorang anak, apalagi pada tahun-tahun pertama kehidupannya memang sangat rumit.

Terlebih jika kita merupakan pasangan muda yang baru pertama kali memiliki momongan, pastilah perlu banyak belajar memahami berbagai model gaya pengasuhan anak agar tidak keliru.

Buku ini sangat cocok untuk kita yang masih awam dan baru memiliki sedikit dasar pengetahuan mengenai parenting style.

Buku ini dibuat sebagai teman terbaik untuk orang tua muda dengan anak usia 0-24 bulan.

Dengan membaca buku ini, orang tua akan menjadi lebih siap untuk menghadapi segala tingkah laku anak yang akan sangat beragam, misalnya picky eater atau sering tantrum sampai berguling ke lantai.

Di dalam buku ini terdapat panduan lengkap disertai tanya jawab seputar pola pengasuhan anak dan cara menjaga kesehatan mental ibu.

Tidak perlu khawatir, sebab penulis buku ini merupakan ahli di bidang pendidikan anak usia dini.

2. Siap – Siap Jadi Orang Tua - Najelaa Shihab

Selain Chai’s Play, Najelaa Shihab juga menulis buku yang tidak kalah menarik tentang tutorial menjadi orang tua dalam hari-hari pertama kehidupan anak.

Bedanya, buku Siap – Siap Jadi Orang Tua ini juga berisikan hal-hal penting selama kehamilan, persiapan persalinan, hingga 1000 hari pasca anak lahir.

Terdapat tanya jawab seputar pengalaman selama menjadi orang tua yang akan membuat kita selalu sigap dan update tentang perkembangan-perkembangan anak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sebab sejatinya tidak ada orang tua yang sempurna, maka buku ini juga tidak dimaksudkan untuk membentuk pembacanya menjadi orang tua yang ahli dan tanpa cela.

Buku ini ditulis agar kita semua bisa menjadi orang tua yang percaya diri, konsisten dalam proses, dan mau terus berkembang seiring perkembangan anak, sehingga pada akhirnya, dapat mencintai dengan lebih baik.

3. MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orang Tua Baru - Nadia Mulya & Prita Hapsari Ghozie

Menjadi orang tua bukan hanya tentang kesiapan mendidik dari segi emosional, namun yang terpenting adalah tentang kesiapan finansial.

Dengan masih maraknya jargon “banyak anak banyak rejeki” membuat para orang tua terkadang luput mempersiapkan hal-hal mendasar seperti perhitungan keuangan dan investasi masa depan.

Bahkan, banyak juga calon orang tua yang justru berfokus pada hal-hal tersier dan melupakan hal primer yang mestinya lebih dahulu dipenuhi.

Karena itu, buku ini ditulis dalam upaya menolong para orang tua untuk dapat lebih menyadari pentingnya pengelolaan keuangan.

Buku ini berisi tips-tips mengelola cash flow agar seimbang, menentukan pembagian pos-pos keuangan, bahkan mempersiapkan dana pendidikan anak dengan mempertimbangkan risiko inflasi setiap tahunnya yang terus meningkat.

4. Menjadi Orang Tua Efektif – Dr. Thomas Gordon

Setiap anak tumbuh dengan segala keunikannya dan karakternya masing-masing.

Mereka bertumbuh selain dari paparan pendidikan yang diberikan keluarga, juga terpengaruh oleh berbagai hal yang terjadi pada komunitas di luar keluarganya, seperti sekolah dan lingkungan bermain.

Pada kondisi tertentu, orang tua sering mengalami kegagalan dalam membentuk hubungan yang baik dengan anaknya, sehingga membentuk pola kenalakan remaja yang menyebabkan banyak kerugian.

Berlandaskan hal tersebut, Dr. Thomas Gordon memberikan metode baru untuk memperbaiki hubungan orang tua dan anak agar anak lebih bertanggung jawab.

Metode ini diberikan dalam bentuk latihan yang berupa mendengarkan aktif, menerapkan pesan yang lebih bisa diterima anak, dan mengubah tingkah laku yang tak dapat diterima dengan mengubah lingkungan.

Di dalam buku ini ada banyak contoh kasus dan petunjuk-petunjuk praktis sebagai cara orang tua menghadapi anak-anak menurut tahap perkembangan dan usia anak.

Itulah beberapa rekomendasi buku parenting untuk menjadi orang tua yang cerdas.

Jika tertarik membacanya, segera kunjungi laman Gramedia.com untuk mendapatkannya.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Selamat membaca!

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com