Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesulitan dalam Mengajari Anak Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 08/04/2022, 15:12 WIB
Kesulitan dalam Mengajari Anak Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya Dok. BOOKR Class Kesulitan dalam Mengajari Anak Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya
Rujukan artikel ini:
English Activity 456 Words in…
Pengarang: Heru Kurniawan, Sri Rahayu,…
|
Editor Ratih Widiastuty

Kini, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang sangat penting untuk dikuasai.

Dengan mampu berbahasa Inggris dengan baik, maka kehidupan kita dalam bidang sekolah hingga karier akan terasa lebih lancar.

Bahasa Inggris pun sudah menjadi mata pelajaran yang diujikan dalam sekolah, bahkan menjadi bahasa sehari-hari yang digunakan di beberapa sekolah.

Maka dari itu, banyak orang tua yang sejak kecil membiasakan buah hatinya untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Kesulitan juga mungkin dialami para guru dalam proses mengajar bahasa Inggris di sekolah, terutama selama masa pandemi.

Kelas tatap muka yang tidak menentu serta jam pelajaran yang dipangkas membuat kegiatan belajar mengajar jadi tidak optimal.

Lalu, apa saja kesulitan dalam mengajari anak bahasa Inggris?

Kesulitan dalam Mengajari Anak Bahasa Inggris

1. Kurangnya Motivasi dan Rasa Percaya Diri dari si Anak

Pembelajaran menggunakan text book rasanya amat membosankan bagi anak-anak, karena di sekolah mereka hanya dijejali dengan materi yang ada dalam buku cetak.

Apalagi, kalau anak-anak belum paham benar alasan akan pentingnya penguasaan bahasa Inggris.

Sampai saat ini, banyak yang merasa menyesal karena tidak serius mempelajarinya saat bersekolah.

Lalu, mereka merasa kesulitan dalam pengucapan atau memahami makna kata dalam bahasa Inggris yang tentunya berbeda dengan penggunaan bahasa Indonesia sehari-hari, sehingga pelajaran ini terasa sulit.

Selain itu, anak cenderung pasif dan ragu untuk mencobanya, baik untuk mengucapkan vocabulary (kosakata) atau berdialog menggunakan bahasa Inggris.

Karena merasa sulit dengan pelajaran bahasa Inggris, anak-anak pun merasa malu untuk bisa unjuk gigi menggunakan bahasa Inggris di kelas.

2. Kurangnya Fasilitas atau Bahan Ajar

Sebagai seorang guru, tentunya kita dianjurkan untuk bisa membuat materi ajar yang mudah dipahami anak-anak.

Namun, kadang kala fasilitas yang tak mumpuni membuat rencana ini pun sulit untuk dilakukan.

Fasilitas ini contohnya seperti lab bahasa, komputer, sound, flash cards, atau kebutuhan lainnya yang mampu menunjang pembelajaran.

3. Keterbatasan Waktu Belajar di Sekolah

Masa pandemi membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah jadi tak maksimal.

Pelajaran bahasa Inggris mungkin hanya dilakukan singkat selama 1-2 jam dalam dua kali seminggu.

Hal ini semakin membatasi waktu anak-anak untuk berlatih dan mempraktikannya.

Cara Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris

Keterbatasan waktu, sumber daya, bahan ajar, ataupun kesulitan lainnya dalam mengajari anak bahasa Inggris dapat diatasi dengan satu aplikasi.

Aplikasi ini mampu menjadi fasilitas media pembelajaran tambahan untuk mengajari anak bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Tidak membosankan seperti membaca text book, aplikasi ini bisa diakses melalui gadget yang tentunya sudah menjadi benda paling disenangi anak-anak.

Bahkan, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat membantu serta memudahkan guru dalam pemberian tugas, pencarian ide materi ajar, hingga menilai perkembangan kemampuan belajar anak.

Dalam satu aplikasi, guru dapat mengajari anak berlatih reading, listening, spelling, pronunciation, vocabulary, dan grammar dalam bahasa Inggris.

Aplikasi belajar bahasa Inggris ini sangat cocok untuk anak berusia 4-14 tahun karena proses belajarnya menggunakan buku cerita digital interaktif dengan gambar animasi serta suara yang menambah keseruan dalam membaca buku (audio-visual book).

Alih-alih memberikan soal pada buku cetak setelah memberikan materi, di aplikasi ini guru bisa mengajak anak-anak untuk bermain games berdasarkan cerita yang sudah dibaca, untuk membantu memperdalam pemahaman anak-anak terhadap cerita tersebut.

Penasaran dengan aplikasi tersebut?

Cara Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris dengan Aplikasi BOOKR Class Cara Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris dengan Aplikasi BOOKR Class

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

BOOKR Class, Aplikasi yang Memudahkan Guru Mengajari Anak Bahasa Inggris dengan Menyenangkan

Aplikasi yang berasal dari Hungaria ini dibuat oleh para profesional di bidang pendidikan, bahkan sudah digunakan oleh 25 ribu guru di seluruh dunia.

Materinya pun mengikuti metodologi yang terbukti efektif sehingga mampu menjadi tambahan platform belajar di sekolah.

BOOKR Class menyediakan ratusan buku digital interaktif untuk mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Ada cerita klasik maupun cerita modern terfavorit di dunia seperti The Jungle Book, The Wizard of Oz, Mulan, dan The Little Prince.

Termasuk juga cerita-cerita rakyat dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia seperti Malin Kundang, The Crying Stone, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris Melalui Games pada Aplikasi BOOKR Class Cara Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris Melalui Games pada Aplikasi BOOKR Class

Tema-tema ceritanya juga variatif, tak cuma tema-tema budaya atau lingkungan, tapi juga kehidupan sehari-hari dengan sisipan pendidikan moral dan pengetahuan.

Buku-buku digital dalam aplikasi ini bekerjasama dengan penerbit buku terkenal di dunia seperti Oxford University Press, Albert Whitman & Co, dan masih banyak lainnya, termasuk dengan penerbit Gramedia.

Bukan sekadar buku cerita biasa, tapi buku-buku digital di sini dilengkapi narasi voice over dari native speaker, ada text highlight, gambarnya bergerak dan sangat interaktif, serta dilengkapi dengan permainan edukatif dan kuis di setiap ceritanya.

Cara Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris Melalui Games pada Aplikasi BOOKR Class Cara Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris Melalui Games pada Aplikasi BOOKR Class

Semuanya sudah disusun oleh profesional di bidang literatur dan pendidikan anak sehingga mampu melatih fokus anak tanpa terdistraksi.

Di saat yang sama, guru sekaligus bisa mengetahui dan menilai pemahaman anak terhadap cerita yang sudah dibaca.

Buku-bukunya pun sudah dibagi menjadi enam tingkatan berdasarkan standar kecakapan berbahasa atau CEFR (Common European Framework of Reference for Languages), sehingga guru-guru bisa mencocokan dengan buku pelajaran atau kurikulum yang digunakan.

Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris dengan Fitur yang Memudahkan Guru

BOOKR Class dilengkapi oleh Teacher Dashboard yang akan memudahkan guru dalam memberikan tugas, menilai, dan memantau perkembangan anak.

Fitur Teacher Dashboard dilengkapi dengan data metrik yang memperlihatkan buku-buku apa saja yang sudah dibaca oleh anak-anak, berapa lama mereka membaca, hingga data perkembangan kemampuan anak dalam rentang waktu tertentu.

Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris dengan Fitur yang Memudahkan Guru Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris dengan Fitur yang Memudahkan Guru

Karena BOOKR Class dapat diakses di berbagai gadget yang tersedia pada Android, iOs, dan Windows, sehingga anak-anak pun dapat mengakses BOOKR Class di mana pun dan kapan pun.

Hal ini pula yang menjadi keunggulan BOOKR Class, di mana guru dapat memberikan akses kepada anak-anak untuk membuka BOOKR Class di mana saja, dan anak-anak dapat melihat tugas yang diberikan oleh guru, hingga membaca ratusan cerita dan games seru lainnya yang tersedia di sana.

Melalui Teacher Dashboard, guru-guru juga bisa mengakses berbagai materi dan bahan ajar pendukung yang dapat dicetak dengan mudah, mulai dari flash cards hingga lembar kerja, yang sangat membantu guru dalam merancang materi atau tugas-tugas.

BOOKR Class Terbukti Efektif dalam Mengajari Anak Bahasa Inggris

Hasil penelitian Kementerian Pendidikan Hungaria bersama beberapa Universitas mengungkapkan bahwa BOOKR Class terbukti mampu menjaga fokus perhatian anak-anak dalam kegiatan membaca.

Penelitian itu memperlihatkan hasil yang positif, yaitu anak-anak yang menggunakan BOOKR Class 15-20% lebih memahami pembelajaran dibandingkan anak-anak yang hanya membaca lewat buku cetak saja.

BOOKR Class juga sudah diberikan predikat luar biasa oleh Education Alliance Finland (EAF) sebagai produk teknologi pendidikan yang memenuhi standar internasional tertinggi.

Melihat berbagai hasil penelitian yang mengesankan itu, ini saatnya Anda mengajari anak-anak tercinta berbahasa Inggris melalui BOOKR Class, baik di sekolah maupun di rumah!

Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play dan App Store untuk versi mobile dan pada Microsoft Store atau Mac App Store untuk versi desktop.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan BOOKR Class yang sangat membantu guru dalam mengajari anak bahasa Inggris, Anda bisa mengunjungi halaman berikut ini.

Jika Anda, sekolah Anda, maupun organisasi Anda tertarik menggunakan BOOKR Class, kini Gramedia sudah menerima pembelian aksesnya dengan penawaran spesial.

Dengan $3,99/Rp65.000 selama satu bulan atau $39.99/Rp649.000 untuk setahun, sudah bisa mengakses Teacher Dashboard dan memberikan akses kepada murid-murid untuk membuka BOOKR Class.

Jika Anda ingin mencobanya sendiri, Anda bisa berlangganan paket BOOKR Class dengan $2.99/Rp49.000 selama sebulan penuh atau seharga $29.99/Rp479.000 untuk langsung selama setahun.

Silakan hubungi Customer Service kami di email berikut ini atau melalui chat Whatsapp di 081977892020 (Narahubung: Popi).

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com