Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Menjadi Pribadi yang Lebih Positif, Lakukan 5 Cara Ini agar Bisa Fokus Memperbaiki Diri

Kompas.com - 01/04/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Seni Mengenal Diri Sendiri
Pengarang: BRIAN ADAM
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Dalam hidup ini, kamu pasti sering sekali mendengar kata-kata nasihat yang berisi pernyataan bahwa sebagai manusia kita harus selalu berproses menjadi lebih baik lagi dari hari ke hari.

Saking seringnya mendengar kata-kata mutiara tersebut, kamu akhirnya jadi semakin termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih positif, baik dari segi pemikiran maupun perilaku.

Tapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa sebagai manusia, pikiran kita masih sangat mudah untuk teralihkan pada hal lain, dan kita kesulitan untuk menemukan titik fokus pada apapun yang kita kerjakan.

Dari sini, kita bisa menyadari bahwa fokus adalah salah satu hal yang paling penting untuk bisa merubah diri menjadi lebih baik lagi.

Berikut ini ada lima cara yang bisa membantu kamu untuk tetap fokus dalam memperbaiki diri sendiri dan menjadi individu yang lebih positif.

5 Cara agar Bisa Fokus Memperbaiki Diri

1. Menentukan Tujuan Hidup yang Jelas

Berubah menjadi lebih baik sebenarnya sudah seperti tujuan hidup bagi sebagian orang, tapi perubahan seperti apa yang kamu inginkan? Dari sisi apa saja yang harus diperbaiki? Dan perubahan seperti apa yang ingin kamu raih?

Semua pertanyaan tersebut akan dengan mudah kamu jawab saat kamu sudah menentukan tujuan hidup kamu dengan jelas.

Selain itu, tujuan hidup juga bisa membuat perubahan tersebut tetap berada di jalan yang baik dan positif.

2. Menghindari Orang-Orang yang Memberikan Dampak Negatif

Agar bisa fokus menjadi pribadi yang lebih baik, penting bagi kamu untuk menghindari orang-orang yang memberikan dampak negatif dalam kehidupanmu (toxic people).

Orang-orang yang masuk dalam kategori ini biasanya adalah mereka yang bisa dengan mudah mengalihkan perhatian kamu dari hal yang positif, sehingga membuatmu malas untuk merubah kebiasaan buruk yang kamu punya.

Hidup berdekatan dengan orang-orang yang negatif akan membuat hidup kamu ikut teracuni, jadi berusahalah untuk menjauh dari mereka.

3. Menulis Berbagai Kebiasaan Baik yang akan Kamu Lakukan

Setelah berhasil menjauh dari orang-orang toxic dan menentukan tujuan hidup, kamu bisa lanjutkan dengan menulis berbagai kebiasaan baik yang akan kamu terapkan misalnya dalam 30 hari ke depan.

Jangan lupa untuk menuliskan langkah-langkah apa saja yang akan kamu lakukan untuk mendukung kebiasaan baik tersebut, cara ini bisa menjadi sangat efektif jika kamu konsisten dalam menerapkannya.

4. Berusahalah untuk Konsisten Menjalankan Satu Langkah Setiap Harinya

Walaupun kecil, tapi setiap langkah kebaikan yang konsisten kamu lakukan setiap harinya, akan memiliki dampak yang besar bagi kehidupan kamu selanjutnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jadi jangan pernah biarkan satu hari pun kamu lewatkan untuk belajar memperbaiki diri, jadilah orang yang disiplin sampai nanti tujuan yang kamu inginkan bisa tercapai.

5. Tidak Menyerah dan Terus Berdoa

Usaha tanpa doa sebenarnya merupakan sebuah kesia-siaan belaka, jadi bersamaan dengan usaha, kamu juga harus selalu berdoa dan biarkan Tuhan yang mengatur hasil yang akan kamu dapatkan nantinya.

Memperbaiki diri merupakan sebuah usaha yang positif dan pastinya juga akan menghasilkan hal yang positif.

Kamu sebenarnya sudah bisa menentukan pilihan, mau terus diam di tempat dan menjadi orang yang begini-begini saja, atau mau belajar untuk memperbaiki diri menjadi orang yang lebih baik?

Tapi berbagai cara ini sebenarnya tidak bisa langsung dipraktikkan dengan mudah, karena manusia pasti tidak pernah luput dari yang namanya kelemahan.

Jangan pernah berpikir negatif atau menyalahkan diri sendiri, hal ini malah akan membuat kamu menjadi malas untuk memperbaiki diri.

Untuk semakin mengenal diri sendiri, kamu bisa membaca banyak sekali referensi bacaan, misalnya dalam buku Seni Mengenal Diri Sendiri yang ditulis oleh Brian Adam.

Buku ini berisi berbagai catatan dan panduan mengenai cara-cara untuk mengenal dan mengelola diri sendiri.

Dengan menerapkannya, kamu akan lebih memahami apa yang kamu inginkan dalam hidup ini.

Setelah membaca buku ini, kamu akan semakin menyadari pentingnya sebuah tujuan dalam hidup.

Jadi apapun tujuannya, kamu bisa lebih mudah untuk mencapainya karena kamu sudah mampu mengenal diri sendiri dengan baik.

Untuk lebih mendalami bagaimana kelanjutannya, kamu bisa membeli buku ini melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com