Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Cara Menghilangkan Sakit Hati Berikut Ini agar Kamu Tidak Galau Lagi

Kompas.com - 04/03/2022, 19:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Love for Imperfect Things
Pengarang: Haemin Sunim
|
Editor Novia Putri Anindhita

Tentunya tidak mudah untuk bisa menyembuhkan atau bahkan menghilangkan luka yang ada di dalam hati dengan cepat.

Terutama jika rasa sakit hati itu disebabkan oleh orang-orang terdekat yang kamu percayai, seperti pasangan, sahabat, atau keluarga.

Namun, jika terus membiarkan diri larut dalam perasaan sakit hati dan tidak segera mencari cara untuk mengatasinya, hal ini akan memberikan dampak terhadap aktivitas sehari-hari kamu.

Kamu jadi tidak fokus dan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan maksimal, jadi sering melamun, cepat merasa lelah, dan lain-lain.

Meskipun perasaan sakit hati merupakan hal yang wajar dan pasti pernah dialami oleh setiap orang, namun hal tersebut tidak lantas membuat kamu terbebas dari tanggung jawab yang sedang kamu emban.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu menghilangkan sakit hati yang tengah kamu rasakan.

Cara Menghilangkan Sakit Hati agar Tidak Galau

1. Memberi Ruang untuk Menerima Emosi-Emosi Negatif

Sangat wajar bila kamu merasa sedih, kecewa, marah ataupun merasa kesepian setelah disakiti oleh orang lain.

Biarkan perasaan dan emosi-emosi tersebut hadir, bukannya berusaha mengelak dan bersikap tegar seakan tidak pernah terjadi apa-apa.

Memberi ruang untuk menerima emosi dan perasaan negatif tersebut bisa memberikan kelegaan di dalam batin kamu, karena emosi-emosi ini seakan terbebas dan bukannya terpendam bila kamu lebih memilih untuk tidak mengakui kehadirannya.

Hal ini akan membuat perasaan kamu bisa lebih cepat membaik dan tidak terus larut dalam emosi negatif yang masih mengendap.

2. Menghindari Media Sosial

Jika kamu mengikuti atau berteman dengan orang yang telah menyakiti kamu di media sosial, maka akan lebih baik bagi kamu untuk tidak membuka media sosial sementara waktu.

Hal ini disebabkan karena sebagian besar orang cenderung hanya menunjukkan hal-hal baik yang terjadi di dalam hidupnya melalui media sosial.

Jika tanpa sengaja kamu melihat update yang dibagikan oleh orang yang telah menyakiti kamu di media sosialnya, kemungkinan kamu akan bertanya-tanya dan kembali merasa sedih karena orang tersebut tampak baik-baik saja setelah hal yang terjadi di antara kalian.

Hal ini bisa menghambat proses penyembuhan luka batin kamu dan membuat kamu semakin lama terjebak di dalam perasaan sakit hati ini.

Oleh karena itu, hindari membuka media sosial sampai kamu benar-benar merasa lebih baik.

3. Melakukan Self-Care

Salah satu cara terbaik untuk bisa menghilangkan rasa sakit hati yang sedang kamu alami adalah dengan memanjakan diri agar perasaan kamu bisa cepat membaik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sempatkan waktu di sela-sela kesibukan harian kamu untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat kamu merasa senang dan nyaman.

Hal-hal tersebut bisa berupa hobi yang kamu gemari, seperti melukis, menuliskan jurnal, menonton film, membaca buku atau komik, berjalan-jalan di taman kota, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mampu meningkatkan mood atau perasaan kamu agar menjadi lebih baik, seperti cokelat hitam, yoghurt, kopi, buah beri, dan masih banyak lagi.

Jika kamu senang berbelanja, kamu pun bisa memanjakan diri kamu dengan membeli pakaian, make up, atau skincare yang selama ini telah kamu idam-idamkan.

4. Membagikan Perasaan dengan Orang Lain

Membagikan masalah atau kesulitan yang sedang kamu alami kepada orang lain bisa meringankan beban yang ada di pundak dan membuat perasaan kamu menjadi lebih lega.

Kamu bisa curhat kepada teman dekat atau seseorang yang kamu percaya bisa menjadi pendengar yang baik.

Jika masalah atau perasaan yang kamu rasakan terlalu rumit untuk diuraikan, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu butuh berkonsultasi dengan profesional.

Psikolog atau psikiater yang kamu temui akan membantu kamu menguraikan permasalahan yang sedang kamu hadapi dan memberi kamu jalan untuk bisa menyelesaikan akar permasalahannya sehingga tidak ada lagi luka yang masih tersisa di dalam diri.

Nah, itulah beberapa cara untuk menghilangkan rasa sakit hati agar kamu tidak galau lagi dan bisa kembali fokus menjalani aktivitas sehari-hari kamu.

Buku Love for Imperfect Things yang ditulis oleh Haemin Sunim bisa menemani kamu selama menjalani proses healing untuk menghilangkan sakit hati yang tengah kamu rasakan.

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis yang merupakan seorang guru Buddhis dan selama bertahun-tahun telah belajar melihat dunia serta dirinya sendiri dengan lebih penuh kasih.

Semua orang tentunya ingin memiliki hidup yang dipenuhi dengan cinta, namun tidak bisa dipungkiri bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk cinta.

Cinta bisa saja menghadirkan kebahagiaan, tetapi cinta juga bisa memorak-porandakan hati serta perasaan seseorang.

Melalui buku ini, penulis akan mengajak kamu untuk bisa mencari sisi baik dari cinta dan menerima ketidaksempurnaan yang ada di dalamnya.

Kamu bisa mendapatkan buku Love for Imperfect Things ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com