Berikut 7 Negara yang Paling Banyak Menganut Agama Kristen

Lihat Foto
Sumber: pixabay
negara yang paling banyak menganut agama kristen
Rujukan artikel ini:
Perjumpaan Antarpemeluk Agama Di Nusantara…
Pengarang: Sukamto
|
Editor: Rahmad

Agama terbesar di dunia dengan jumlah pengikutnya yang mencapai 2,38 miliar orang adalah agama Kristen.

Agama merupakan sebuah sistem kepercayaan atau pemujaan terhadap sebuah kekuatan yang lebih tinggi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) agama adalah sebuah sistem atau ajaran yang mengatur kepercayaan (keimanan) seluruh manusia.

Termasuk di dalamnya tata pelaksanaan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, serta kaidah yang berhubungan dengan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Di dunia ini, terdapat lebih dari empat ribu agama. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa yang menjadi agama terbesar di dunia adalah Kristen.

Jika dipersentasekan, agama Kristen mencapai 33% total dari populasi manusia di dunia. Jadi, tidak heran kalau Kristen menjadi agama terbesar di dunia.

Terdapat 20 negara di dunia dengan jumlah populasi Kristen terbanyak. Apa saja negara yang warganya paling banyak menganut agama terbesar di dunia? Berikut rangkumannya.

Negara yang Paling Banyak Menganut Agama Terbesar di Dunia

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat terletak di amerika Utara yang memiliki jumlah penduduk sebesar 310.380.000 jiwa. Sebanyak 243.060.000 jiwa atau 78,3% dari total populasi Amerika Serikat menganut agama terbesar di dunia, yaitu Kristen.

Sebagian besar dari populasi Kristen di Amerika Serikat adalah kristen Protestan dengan gereja baptis yang mendominasi. Beberapa aliran serta sekte gereja lahir dari negara ini, seperti Pentakosta, Karismatik, Advent, Saksi Jehovah, Mormon, dan lain sebagainya.

2. Brazil

Brazil terletak di Amerika Selatan atau Amerika Latin dengan jumlah penduduknya yaitu sebesar 194.950.000 jiwa. Sebagian besar populasi dari Kristen di Brazil adalah Kristen Katolik.

Populasi warganya yang menganut agama terbesar di dunia adalah 173.300.000 jiwa atau setara dengan 88,9% dari total populasi Brazil itu sendiri yang beragama Kristen.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Meksiko

Meksiko adalah negara yang terletak di Amerika Tengah. Negara ini memiliki jumlah total penduduknya sebesar 113.420.000 jiwa. Sebanyak 107.910.000 jiwa atau 95,1% dari populasi Meksiko memeluk agama terbesar di dunia, yaitu Kristen. Di Meksiko sendiri sebagian besar populasi Kristennya adalah Kristen Katolik.

4. Rusia

Rusia merupakan wilayah yang terletak di Eropa Timur. Jumlah total dari penduduk negara ini adalah 142.960.000 jiwa. Populasi warga yang beragama Kristen adalah sebesar 104.750.000 pengikut atau sekitar 73,3% dari populasi Rusia itu sendiri.

5. Filipina

Filipina adalah negara yang terletak di Asia Tenggara, ibu kotanya adalah Manila. Jumlah total dari penduduk Manila adalah sebesar 93.260.000 jiwa. Sebanyak 86.370.000 jiwa atau setara 92,6% penduduknya menganut agama terbesar di dunia yaitu, Kristen. Sebagian besar adalah penganut Kristen Katolik.

6. Nigeria

Nigeria yang terletak di Afrika Barat dengan jumlah penduduknya adalah sebesar 158.420.000 jiwa. Populasi yang menganut agama terbesar di dunia ini adalah sebanyak 78.050.000 jiwa atau 49,3% dari populasi Nigeria.

Meskipun bukan agama mayoritas di Nigeria, tetapi agama Kristen ini adalah agama terbesar.

7. China

China terletak di Asia Timur. Jumlah penduduk dari negara ini sebesar 1.341.340.000 jiwa (terbesar di seluruh dunia). Populasi Kristen di negara ini adalah sekitar 5,1% dari populasi atau setara dengan 68.410.000 jiwa.

Ternyata, seseorang yang menganut agama Kristen di China pada umumnya dianggap sebagai hal illegal dan Sebagian besar orang Kristen di negara ini menjalankan agamanya secara sembunyi-sembunyi.

Itulah beberapa negara yang penduduknya menganut agama terbesar di dunia atau agama Kristen. Persebaran agama di setiap negara memang menjadi hal yang menarik untuk dipelajari sejarahnya.

Sebab, sejarah merupakan sebuah proses interaksi antara sejarawan dengan fakta yang ada yang tidak pernah berakhir antara masa lalu dengan masa kini. Untuk itu, mempelajari tentang sejarah harus dicari relevansinya dengan masa kini.

Nah, membaca sejarah tentang agama yang ada di dunia, terutama di Nusantara juga menjadi hal menarik. Kamu bisa mendapatkannya melalui buku Perjumpaan Antarpemeluk Agama Di Nusantara Masa Hindu-Buddha Sampai Sebelum Masuknya Portugis Karya Sukamto.

Buku ini memang sengaja ditulis dengan tujuan agar pembaca bisamempelajari tentang masa lalu, untuk kemudian mengambil hal-hal baik di masa lalu dan mengembangkannya untuk kehidupan di masa kini dan masa depan di segala aspeknya.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi