Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan yang Praktis dan Bisa Kamu Aplikasikan

Kompas.com - 24/02/2022, 14:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Intelligent Investor (Edisi Revisi)
Pengarang: Benjamin Graham
|
Editor Novia Putri Anindhita

Menabung merupakan salah satu kebiasaan penting yang perlu kamu bangun dan kamu miliki sejak usia dini, karena bisa memberikan banyak manfaat dalam hidup.

Selain untuk mencapai tujuan finansial, kebiasaan menabung juga bisa mempersiapkan kamu dari kemungkinan terburuk yang bisa terjadi di masa depan, seperti jatuh sakit, dipecat dari pekerjaan, dan lain-lain.

Mengumpulkan uang 10 juta dalam kurun waktu 3 bulan bukanlah suatu hal yang mustahil untuk dicapai, terutama jika kamu memiliki target dan tujuan yang jelas yang ingin kamu raih.

Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk menabung 10 juta dalam 3 bulan dengan praktis dan mudah.

Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan

1. Membuat Persentase Keuangan

Ketika menerima gaji atau pendapatan, ada baiknya jika kamu langsung membuat persentase keuangan dan memisahkan uang tabungan dan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Cara ini lebih efektif untuk membuat kamu konsisten dalam menabung dan bisa memperkirakan uang tabungan yang akan kamu capai dibandingkan jika hanya menyisakan uang untuk ditabung.

Pembagian 50/30/20 merupakan aturan anggaran yang dipopulerkan oleh Elizabeth Warren, seorang anggota Senat Amerika Serikat, melalui buku yang ditulisnya, All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan.

Kamu bisa mengikuti cara ini untuk membagi pendapatan kamu yang telah dipotong pajak ke dalam 3 anggaran keuangan, yaitu 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan atau hobi, dan 20% untuk ditabung.

Selain mengikuti cara di atas, kamu juga bisa menggunakan persentase anggaran lain jika kamu anggap lebih sesuai dengan kondisi keuangan dan pendapatan kamu.

Namun, tetap ingat untuk selalu membagi uang tabungan sejak awal dan konsisten untuk hanya menggunakan uang yang kamu alokasikan untuk membeli barang serta kebutuhan sehari-hari tanpa melebihi budget yang telah ditentukan.

2. Jangan Melakukan Kredit yang Konsumtif

Usahakan untuk tidak melakukan kredit jika tidak benar-benar penting dan mendesak, terutama jika melebihi budget bulanan yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

Kamu perlu melatih diri lebih bersabar dan menunggu untuk membelinya di bulan selanjutnya dibandingkan dengan mengambil kredit atau pay later yang saat ini banyak dipromosikan oleh toko-toko online dan e-commerce.

Bunga yang harus kamu bayar saat melunasi kredit bisa menambah pengeluaran bulanan kamu yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan bisa dihindari.

Selain itu, terlalu sering menggunakan kredit untuk membeli barang atau kebutuhan tersier yang tidak mendesak juga bisa membuat kamu kecanduan untuk melakukannya berulang kali.

Hal ini bisa mendorong perilaku konsumtif untuk membeli barang secara berlebihan dan membuat kamu jadi tidak konsisten dengan anggaran pengeluaran bulanan yang sudah ditetapkan.

Gaya hidup yang terlalu konsumtif dan cenderung boros ini tentunya akan memberikan dampak yang buruk terhadap usaha kamu untuk mengumpulkan uang tabungan 10 juta dalam 3 bulan.

3. Belajar dan Melakukan Investasi

Melakukan investasi pada instrumen keuangan yang tepat bisa membantu kamu untuk mencapai tabungan 10 juta dalam 3 bulan dengan lebih mudah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka terlebih dahulu kamu perlu memahami mengenai investasi, sehingga nantinya bisa memilih instrumen investasi yang tepat sesuai dengan jangka waktu yang kamu inginkan.

Pertimbangkan pula tiap kelebihan, kekurangan dan tingkat risikonya serta bisa menganalisa produk yang sekiranya akan memberikan banyak keuntungan.

Kamu bisa belajar dan mendapatkan informasi terkait investasi ini melalui internet atau dengan membaca buku yang membahas tentang investasi.

4. Memperoleh Pendapatan Tambahan dengan Freelance

Memiliki pendapatan tambahan tentunya akan membantu kamu untuk semakin mudah meraih tabungan 10 juta dalam 3 bulan.

Di era digital seperti saat ini, pekerjaan freelance memiliki peluang yang cukup besar dan banyak dibutuhkan, sehingga sayang untuk kamu lewatkan.

Terdapat berbagai macam situs atau platform yang bisa kamu gunakan untuk mencari pekerjaan freelance yang bisa kamu selesaikan di rumah, seperti Freelancer, Projects, Fastwork, Fiverr, Upwork, dan lain-lain.

Kamu bisa mengambil pekerjaan freelance sesuai dengan bidang yang kamu kuasai, seperti desain, kepenulisan, penerjemah, digital marketing, pemrograman, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu praktikkan untuk mencapai tabungan 10 juta dalam 3 bulan dan mewujudkan tujuan finansial yang kamu impikan.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meraih kesuksesan finansial dan memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan, meskipun memiliki pendapatan yang tidak terlalu besar adalah dengan melakukan investasi.

Jika kamu seorang pemula dan khawatir merasa kesulitan untuk belajar mengenai investasi, membaca buku The Intelligent Investor yang ditulis oleh Benjamin Graham akan membantu kamu untuk bisa memahami dan menguasai bidang ini.

Buku ini bahkan direkomendasikan langsung oleh Warren Buffet yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia, untuk dibaca bagi siapa saja yang ingin belajar terkait investasi saham.

Dengan membaca buku ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara untuk membuat analisa fundamental sebelum membeli produk investasi yang tepat agar tidak mengalami kerugian saat berinvestasi.

Buku legendaris yang pertama kali terbit pada tahun 1949 ini telah menjadi panduan bagi banyak investor-investor sukses yang belajar melalui pengalaman penulis yang telah terjun di bidang investasi praktis selama lebih dari 50 tahun.

Melalui buku yang ditulis oleh seorang pakar ekonomi ternama ini, kamu akan memperoleh informasi mengenai filosofi "investasi nilai" yang bisa kamu praktikkan saat memutuskan untuk mulai berinvestasi.

Kamu bisa mendapatkan buku The Intelligent Investor ini dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk dapatkan gratis vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com