Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Belajar Saham dari Nol untuk Pemula yang Ingin Mulai Berinvestasi

Kompas.com - 09/02/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Ilmu Saham
Pengarang: Belvin Tannadi
|
Editor Ratih Widiastuty

Di kondisi yang serba tidak pasti seperti saat ini, berinvestasi mutlak dibutuhkan sebagai alternatif untuk membantu kita di saat kondisi finansial tengah terpuruk.

Tidak dapat disangkal pula, investasi dapat memberikan peluang untuk menjamin masa depan yang lebih baik di saat kita tua nanti.

Di era digital seperti sekarang, instrumen investasi tidak hanya dapat ditemukan pada pilihan yang konvensional saja, seperti properti atau logam mulia, tapi kini investasi pun bisa dilakukan dengan instrumen lainnya, salah satunya adalah saham.

Investasi saham tidak hanya berlaku untuk orang-orang tertentu saja, kini banyak ruang dan cara yang mudah untuk siapa pun yang ingin memulai berinvestasi saham sebagai pilihan jaminan finansial di masa depan.

Namun, sebelum memilih dan memutuskan untuk berinvestasi saham untuk meminimalisir kerugian, akan lebih baik jika kamu mempelajari cara berinvestasi saham yang baik dan benar agar uang yang diinvestasikan nantinya tidak akan menjadi masalah besar di kemudian hari.

Usahakan untuk menggunakan uang yang menganggur untuk modal memulai berinvestasi saham, alih-alih memakai uang untuk keperluan lain supaya kondisi ekonomi kamu tidak akan runtuh saat mengalami kerugian.

Maka dari itu, lima cara belajar saham berikut ini akan sangat membantu kamu untuk mulai berinvestasi saham dari nol, agar bisa mengurangi risiko yang ada sekaligus mendapatkan keuntungan.

4 Cara Belajar Saham

1. Pahami Dasar-dasar dalam Investasi Saham

Kebanyakan orang yang ingin memulai investasi saham kerap ingin langsung memulainya dengan sesuatu yang rumit dan tidak mereka pahami, karena sudah terbuai dengan keuntungan yang ditawarkan, sehingga melupakan dasar-dasar sederhana dalam berinvestasi saham.

Jangan pernah merasa malu ataupun malas saat akan belajar dari dasar, karena dalam dunia saham mempelajari dasar-dasar ilmu saham amat sangat diperlukan agar kamu bisa menguasainya secara lebih mendalam, sebab tanpa memahami ilmu dasarnya, bagaimana kamu akan memahami dunia saham secara menyeluruh.

Mulailah dari hal-hal dasar yang sederhana, seperti apa itu saham, bagaimana cara melakukan trading, kenapa harganya dapat turun-naik, dan sebagainya agar setelah kamu paham bisa langsung mempelajari teknik analis saham yang dijamin akan jauh lebih mudah dikuasai saat kamu telah memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu.

2. Belajar Langsung dari Pakarnya

Jika kamu masih merasa ragu saat belajar secara otodidak mengenai dunia saham, alangkah lebih bagus jika kamu langsung belajar dari ahlinya agar semua pertanyaan yang kamu miliki terkait ilmu saham bisa terjawab langsung dari pakarnya sendiri.

Cari komunitas, grup, atau aplikasi yang akan memudahkan kamu untuk berkesempatan belajar langsung dari para investor senior yang memang sudah sangat paham akan seluk beluk ilmu saham.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan teman baru yang bisa saling berbagi ilmu tentang dunia saham.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu juga bisa mengikuti seminar-seminar daring tentang saham dengan pembicara investor senior yang sudah ahli dan tahu langkah apa saja yang harus diambil jika ingin bergabung untuk berinvestasi saham.

3. Tetap Terhubung dengan Berita Seputar Saham

Untuk lebih memudahkan kamu dalam memahami seluk beluk dan prospek saham apa saja yang bisa kamu coba untuk memulai investasi, kuncinya adalah dengan tetap terhubung dengan berita seputar saham yang kerap berubah dengan cepat setiap hari.

Gunakan platform seperti media sosial untuk tetap aktif dalam memantau berita seputar saham yang akan sangat kamu butuhkan untuk dapat segera memahami prospek dalam memilih saham yang tepat sebagai instrumen investasi.

Selain bisa mendapatkan berita terbaru, kamu pun secara tidak langsung bisa belajar tentang profil perusahaan yang sahamnya tengah kamu pantau dan bagaimana prospek naik-turun dari sebuah harga saham.

4. Membaca Buku Tentang Ilmu Saham

Cara terakhir yang bisa kamu aplikasikan untuk belajar saham dari nol adalah dengan membaca buku tentang saham yang kini mulai banyak ditulis oleh investor-investor andal yang sudah berkecimpung lama dalam dunia saham.

Pilih buku yang tepat dengan gaya bahasa yang ringan dan sederhana, agar kamu dapat dengan mudah memahami setiap materi yang diberikan dalam buku tersebut.

Tidak lupa, tandai pula halaman atau pembahasan yang kamu rasa perlu untuk dibaca kembali sebagai bahan dasar untuk belajar tentang saham sebagai seorang pemula.

Jika kamu tertarik belajar saham dari nol melalui buku, buku berikut ini akan terasa sangat cocok untuk kamu baca dan pelajari sebagai modal dasar untuk memulai investasi saham.

Buku Ilmu Saham yang ditulis oleh Belvin Tannadi akan menjadi pilihan yang tepat untuk memahami dan belajar seluk beluk mengenal dunia saham, sebab di dalam buku ini Belvin membahas semuanya dengan lengkap dan jelas.

Buku ini memang dirancang untuk dibaca oleh pemula karena dari mulai apa itu saham hingga analisis saham dibahas dengan rinci di sini, sehingga pembaca pemula seperti kamu akan dengan mudah mampu menyerap semua ilmu saham yang dibahas.

Bagi kamu yang sudah tidak sabar lagi untuk belajar tentang ilmu saham, buku ini bisa langsung kamu beli di Gramedia.com.

Kamu juga bisa dapatkan gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini segera untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com