Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Rekomendasi Buku tentang Perikanan Terbaik dan Menarik untuk Kamu Baca

Kompas.com - 15/02/2022, 14:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Rahasia Sukses Budidaya Udang Dalam…
Pengarang: Tim Karya Tani Mandiri
|
Editor Novia Putri Anindhita

Indonesia merupakan negara maritim dengan potensi sumber daya alam perikanan dan kelautan yang sangat melimpah.

Tidak heran jika banyak orang tertarik untuk memanfaatkan potensi sumber daya perikanan ini sebagai peluang untuk memperoleh pendapatan tambahan.

Jika kamu juga salah satu orang yang tertarik untuk mengetahui dan mempelajari lebih dalam mengenai perikanan di Indonesia, berikut adalah rekomendasi buku yang bisa kamu baca.

Buku tentang Perikanan

1. Rahasia Sukses Budidaya Udang dalam Tambak

Udang merupakan salah satu komoditas perikanan yang banyak digemari oleh masyarakat, karena rasanya yang enak dan mudah untuk diolah menjadi berbagai macam jenis makanan.

Hal ini membuat budidaya udang memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan karena tingginya permintaan pasar.

Tidak hanya pasar domestik di Indonesia saja, namun ekspor udang juga termasuk dalam salah satu yang terbesar dibandingkan dengan sektor perikanan lainnya.

Jika kamu tertarik untuk membuka usaha di bidang budidaya udang, buku yang ditulis oleh Tim Karya Tani Mandiri ini akan membantu kamu untuk mempelajari lebih dalam dan mengupas rahasia sukses para pembudidaya udang untuk mendapatkan hasil panen yang optimal.

Melalui buku ini, kamu akan memperoleh informasi yang dibahas secara mendetail terkait jenis-jenis udang, pemilihan lokasi tambak yang tepat, pembenihan dan pemeliharaan benur (benih udang), pembesaran udang, pengendalian hama dan penyakit, serta panen dan pascapanen udang.

Tim penulis berharap dengan pengetahuan yang dipaparkan di dalam buku bisa membantu para pembudidaya udang untuk mengembangkan usaha budidayanya dengan cara yang lebih baik lagi.

Hal ini dimaksudkan agar hasil produksi dari budidaya udang bisa semakin meningkat, yang nantinya juga akan berdampak terhadap meningkatnya produksi udang secara nasional.

Karena cukup disayangkan bahwa sejauh ini nilai ekspor udang di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara lain, seperti Vietnam yang bukan termasuk negara maritim.

2. Sukses Budidaya Ikan Patin Secara Intensif

Selain udang, ikan patin juga menjadi salah satu komoditas perikanan yang memiliki potensi besar untuk dibudidayakan karena pertumbuhannya yang cepat dan mudah beradaptasi di berbagai lingkungan.

Hal ini membuat ikan patin mudah untuk dikembangbiakkan.

Kamu bisa membudidayakan ikan patin di kolam air tawar hingga Keramba Jaring Apung (KJA) di perairan umum, seperti sungai, waduk, dan danau.

Selain itu, ukuran tubuhnya yang besar, dagingnya yang lezat, mengandung protein yang tinggi, dan kolesterol yang rendah, juga menjadi keunggulan yang membuat ikan ini banyak diminati oleh masyarakat.

Terdapat tiga jenis ikan patin di Indonesia, meliputi patin lokal atau biasa disebut Jambal, patin Bangkok, dan patin Pasupati, yang ketiganya memiliki prospek cerah di pasar domestik maupun ekspor.

Buku ini memaparkan secara lengkap mengenai prospek bisnis dan manfaat dari ikan patin, strain ikan patin yang unggul, persyaratan untuk penyediaan lahan dan prasarana budidaya, serta teknik pembenihan, pendederan, dan pembesaran dalam budidaya ikan patin.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai pengolahan hasil skala industri dan juga analisis usaha dari budidaya ikan patin ini.

Jika kamu tertarik dengan peluang bisnis yang dihasilkan dari budidaya ikan patin, buku ini juga akan membantu kamu memperoleh pengetahuan terkait pengaplikasian teknologi tepat guna saat pembudidayaan, pascapanen hingga pengolahan hasil produksi ikan.

3. Budidaya Ikan di Pekarangan

Bagi kamu yang tertarik untuk membudidayakan ikan, namun terkendala dengan lahan yang terbatas, buku ini bisa membantu kamu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Menurut Norbertus Kaleka, sang penulis buku ini, budidaya ikan di pekarangan tetap bisa dikerjakan secara optimal untuk menghasilkan produksi ikan yang maksimal dan menguntungkan.

Buku ini akan membantu kamu dalam mengenal ragam jenis ikan yang bisa dibudidayakan di pekarangan, seperti ikan nila, gurami, lele, dan patin, serta mengenali jenis-jenis kolam pemeliharaan yang bisa digunakan pada lahan yang terbatas.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan tips dan trik untuk memilih benih ikan yang berkualitas dan bagus, serta ide ragam aneka olahan ikan yang bisa kamu praktikkan untuk meningkatkan keuntungan dari hasil produksi ikan yang kamu budidaya.

Kamu juga akan mendapatkan bonus video mengenai cara budidaya ikan nila, lele, gurami, dan patin, yang tentunya akan semakin memudahkan kamu untuk mempelajari teknik pembudidayaan ikan di pekarangan ini.

4. Mengenal dan Mengelola Terumbu Karang

Selain memiliki potensi sumber daya perikanan yang bisa dibudidayakan, sebagai negara maritim, Indonesia juga memiliki terumbu karang sebagai sumber daya alam yang perlu dipelihara dan dijaga kelestariannya.

Jika kamu termasuk orang yang senang melakukan travelling untuk menikmati keindahan pesisir pantai dan laut, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan terumbu karang ini.

Namun, apakah kamu tahu mengenai manfaat dan pentingnya terumbu karang dalam ekosistem laut, serta bagaimana, khususnya kamu sebagai wisatawan, bisa ikut menjaga dan mengelola terumbu karang?

Sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki luas daerah perairan yang begitu besar dengan potensi terumbu karangnya di sepanjang pesisir perairan, sudah sewajarnya kamu ikut peduli dalam mengelola dan melestarikan terumbu karang yang memiliki peran penting untuk menyangga kehidupan biota laut dan pesisir ini.

Buku ini akan membantu kamu untuk mengenal tiga ekosistem pesisir yang terdapat di Indonesia, mulai dari ekosistem mangrove, yang disambung dengan ekosistem padang lamun, dan berlanjut pada ekosistem terumbu karang.

Jika bukan kamu sebagai masyarakat Indonesia yang peduli dengan kelestarian alam di Tanah Air, maka siapa lagi yang akan menjaganya?

Nah, itulah keempat rekomendasi buku tentang perikanan yang menarik untuk kamu baca.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku perikanan ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, kamu juga bisa dapatkan gratis voucher diskon yang bisa digunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk segera dapatkan gratis vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com