Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Beberapa Cara Membahagiakan Orang Tua yang Bisa Kamu Lakukan

Kompas.com - 18/01/2022, 10:26 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Holy Mother (2019)
Pengarang: Akiyoshi Rikako
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sebagai seorang anak, bisa membahagiakan kedua orang tua adalah cita-cita dan harapan yang ingin kita gapai.

Mengingat betapa besarnya pengorbanan yang telah dilakukan oleh orang tua untuk membahagiakan kamu, kemungkinan kamu pun ingin membalas jasa mereka dengan hal-hal yang besar pula.

Tetapi sebenarnya untuk bisa membahagiakan orang tua tidak selalu dengan cara memberikan hal-hal yang besar ataupun mewah saja, waktu dan perhatian yang kamu berikan akan berarti besar bagi mereka.

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan orang tua.

5 Cara Membahagiakan Orang Tua

1. Mengucapkan Terima Kasih

Meskipun merawat seorang anak merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua, namun tidak ada salahnya jika kamu berterima kasih atas kasih sayang yang telah mereka berikan kepada kamu selama ini.

Justru ucapan terima kasih dari kamu akan membuat mereka senang dan terharu karena merasa dihargai.

2. Terus Menjalin Komunikasi

Jika kamu sedang menempuh pendidikan atau tengah bekerja di luar kota, sesibuk dan sepadat apapun kegiatan yang kamu miliki, pastikan untuk selalu menyempatkan waktu menghubungi orang tua.

Jika kamu tidak sempat untuk menelepon, kamu bisa berkomunikasi melalui pesan atau chat dan menanyakan kabar mereka.

Kamu juga bisa memberi tahu mereka mengenai kegiatan atau kesibukan yang kamu jalani saat ini.

Orang tua pasti akan sangat senang mendengar kabar dan mengetahui pencapaian yang diraih oleh anak kesayangan mereka.

3. Merawat dan Mengantar Orang Tua Berobat

Ingatkah saat kamu kecil dan sedang sakit, orang tua, khususnya ibu, akan sangat khawatir hingga sering kali tidak bisa tidur untuk merawat kamu agar cepat sembuh?

Saat kamu beranjak dewasa dan orang tua sudah berusia lanjut, kemungkinan adalah giliran mereka yang jadi mudah untuk terserang penyakit.

Ini saatnya untuk kamu membalas kebaikan orang tua dan merawat mereka seperti yang telah mereka lakukan saat kamu kecil dahulu.

Orang tua pasti akan sangat senang memiliki seseorang di samping mereka saat mereka sedang sakit dan perlu berobat.

4. Mengajak Orang Tua Berlibur

Jika kamu memiliki waktu libur yang panjang, tidak ada salahnya untuk menjenguk dan mengajak orang tua kamu untuk berlibur.

Tidak harus berlibur ke tempat yang jauh, hanya dengan menikmati suasana baru dan bisa melihat pemandangan alam saja sudah membuat orang tua kamu senang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu bisa mengajak orang tua ke tempat-tempat wisata yang dekat dari rumah sehingga mereka juga tidak mudah lelah saat menempuh perjalanan.

Bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat yang indah dan menyenangkan, tentu akan membuat orang tua sangat bahagia.

5. Mengingat dan Merayakan Tanggal-Tanggal Penting

Hari yang perlu kamu ingat dan bisa kamu rayakan bersama dengan orang tua, yaitu seperti hari ulang tahun mereka, hari peringatan pernikahan, hari ibu, dan juga hari ayah.

Tidak harus memberikan hadiah yang mahal, apapun yang kamu berikan kepada orang tua akan sangat berarti dan berharga bagi mereka.

Dengan mengingat hari-hari penting tersebut, kamu menunjukkan kepada orang tua bahwa mereka penting dalam hidup kamu dan kamu menyayangi mereka.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan orang tua.

Jika kamu ingin bernostalgia dan merenungkan kembali betapa besar kasih sayang yang diberikan oleh orang tua, terutama ibu, kepada anaknya, kamu bisa membaca buku Holy Mother yang ditulis oleh Akiyoshi Rikako.

Buku yang bergenre mystery thriller ini tidak hanya akan membuat kamu penasaran dengan alur ceritanya yang mendebarkan, namun juga akan membuat kamu tersentuh dengan perjuangan seorang ibu yang berusaha melindungi anaknya dari segala ancaman bahaya.

Holy Mother menceritakan mengenai pembunuhan mengerikan yang dialami oleh seorang anak laki-laki berusia empat tahun di kota Aiide yang sebelumnya merupakan kota yang tenang dan aman.

Karena adanya kasus pembunuhan ini, banyak orang tua menjadi khawatir dengan keselamatan anak-anak mereka, tak terkecuali Honami.

Cerita di dalam buku ini disampaikan melalui tiga sudut pandang, meliputi tokoh Honami−seorang ibu rumah tangga, Sakaguchi−salah satu detektif yang menangani kasus pembunuhan tersebut, dan Makoto−seorang siswa SMA.

Selama membaca buku ini kamu akan dibuat bertanya-tanya apa hubungan ketiga tokoh tersebut dan siapa dalang dari pembunuhan yang terjadi di kota Aiide.

Dengan latar belakang cerita yang mengharukan dan mengangkat tema mengenai perjuangan seorang ibu, buku ini akan menyuguhkan sensasi yang berbeda dari buku-buku mystery thriller lainnya.

Jika kamu tertarik untuk membaca bukunya, kamu bisa mendapatkan buku Holy Mother dengan membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli bukunya sekarang dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com