Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mindset Entrepreneur yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

Kompas.com - 07/01/2022, 14:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Entrepreneur Book
Pengarang: NEIL FRANCIS
|
Editor Novia Putri Anindhita

Banyak sekali anak muda yang kini ingin bercita-cita menjadi seorang entrepreneur karena selain bisa menjadi bos untuk diri sendiri, menjadi entrepreneur pun menjanjikan peluang masa depan yang cerah dengan pendapatan yang menjanjikan.

Namun, kenyataannya, untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses dan berhasil diperlukan usaha yang tidak mudah dan memerlukan kekuatan mental yang mumpuni, karena bukan hanya fisik yang akan dibuat lelah, tapi ketahan mental juga akan diajak turut serta.

Dibutuhkan trial and error agar bisnis yang kita jalankan sebagai seorang entrepreneur dapat berkembang dan diterima oleh banyak orang, sehingga dibutuhkan pola pikir atau mindset yang tepat untuk menjadi seorang entrepreneur yang andal.

Akan ada banyak tantangan dan risiko yang menghadang saat memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur, mulai dari ide bisnis, produk, konsumen, hingga pemasaran menjadi hal-hal yang perlu dipikirkan dan direncanakan secara matang.

Oleh karenanya, mindset entrepreneur yang tepat akan sangat dibutuhkan dan membantu kamu dalam membangun sebuah bisnis agar mampu bertahan di industri yang penuh dengan persaingan dan tantangan ini.

Apa saja mindset entrepreneur tersebut? Berikut lima mindset entrepreneur yang harus kamu miliki sebelum memutuskan untuk membuka sebuah bisnis.

5 Mindset Entrepreneur yang Harus Dimiliki

1. Tidak Takut untuk Mengambil Risiko

Menjadi seorang entrepreneur harus mempunyai keberanian untuk mengambil risiko karena akan banyak tantangan yang memerlukan keputusan yang penting untuk diambil, di mana biasanya terdapat risiko yang tinggi di dalamnya.

Risiko-risiko ini hadir bukan untuk dihindari, melainkan dihadapi dan dicoba agar tahu sejauh mana peluang atau rencana yang diambil akan membawa perusahaan ke arah yang lebih baik atau buruk dengan jaminan pengalaman yang kaya.

Jika kamu hanya berusaha untuk main aman dan nyaman, jangan berharap dapat menjadi seorang entrepreneur yang sukses, karena bahwasanya, seorang entrepreneur sejati harus selalu keluar dari zona nyaman dengan risiko yang menyertainya.

2. Selalu Ingin Belajar

Seorang entrepreneur yang maju selalu terdorong untuk dapat terus belajar akan hal baru agar wawasan dan ilmu yang dimilikinya mampu membawa bisnis yang mereka jalankan ke arah kesuksesan.

Tetap rendah hati dan selalu merasa tidak tahu adalah kunci untuk terus memicu perasaan ingin belajar yang tidak akan pernah luntur dalam mencari pengalaman dan informasi yang mengembangkan karakter serta mental.

Haus akan informasi dan selalu penasaran akan hal baru mampu meningkatkan kualitas diri yang akan menjadikan kamu seorang entrepreneur yang sukses dan cerdas.

3. Memiliki Optimisme yang Kuat

Optimis adalah hal yang mutlak selalu ada dalam jiwa seorang entrepreneur sejati, karena bagaimana akan menggapai kesuksesan jika baru memulai saja sudah merasa pesimis.

Keyakinan yang kuat dalam menentukan tujuan dan membuat rencana bagi tim dan perusahaan akan membentuk mentalitas yang percaya diri dalam membangun bisnis serta menghadapi segala macam problematika yang menyertainya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Oleh karena itu, singkirkan jauh-jauh perasaan ragu dan takut yang kerap muncul dalam diri jika kamu ingin menjadi seorang entrepreneur sejati yang sukses.

4. Mampu Bekerjasama dengan Baik

Menjadi seorang entrepreneur berarti harus siap menjadi seorang pemimpin yang mampu untuk bekerjasama dengan tim, karena agar bisa memajukan sebuah bisnis, diperlukan usaha segenap orang untuk mewujudkannya.

Membangun hubungan yang baik dengan tim dan mampu membuat mereka memiliki visi dan misi yang sama dengan perusahaan adalah usaha yang perlu dilakukan oleh seorang entrepreneur.

Berikan arahan serta masukan dan terima kritik serta saran dari anggota tim agar bisa membangun bentuk kerjasama tim yang solid dan kokoh untuk mencapai kesuksesan bersama dalam perusahaan.

5. Selalu Belajar dari Kesalahan

Jangan pernah merasa malu untuk mengakui dan merangkul kesalahan yang telah diperbuat, karena jika kamu mampu melakukannya, mentalitas sebagai seorang entrepreneur akan terus berkembang.

Kesalahan yang terjadi dapat kamu jadikan bahan pembelajaran dan acuan untuk dapat membuat keputusan yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Entrepreneur sejati adalah sosok yang tidak ragu ataupun malu dalam menghadapi kesalahan yang mereka perbuat agar tidak terperosok ke dalam kesalahan yang sama lagi.

Kelima mindset entrepreneur ini bisa kamu terapkan dalam diri kamu agar mampu menjadi seorang pengusaha yang sukses, di mana mungkin berawal dari hanya sekadar jualan online mampu berkembang dengan memiliki perusahaan sendiri.

Dan, rekomendasi buku yang satu ini dapat turut membantu kamu untuk menjadi seorang entrepreneur yang baik dan sukses.

The Entrepreneur Book yang ditulis oleh Neil Francis berisi tentang segala seluk beluk dunia entrepreneur yang di setiap babnya akan diawali dengan kata tanya “mengapa”.

Akan ada banyak jawaban yang bisa kamu temukan perihal menjadi seorang entrepreneur yang sukses dalam membangun bisnis, wirausaha, hingga UMKM.

Menggunakan contoh-contoh kasus yang sederhana, ilustrasi yang ciamik, dan studi kasus yang kuat membuat buku ini dapat dipahami dengan mudah oleh para pembaca.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian.

Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com