Ingin Belajar Mengendalikan Emosi? Ini Tips Biar Kamu Tidak Gampang Nangis

Kompas.com - 29/12/2021, 16:00 WIB
Sumber Foto: Unsplash.com
Rujukan artikel ini:
It's Okay To Cry
Pengarang: TWOEGO
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa emosi hanya bisa ditunjukkan dengan kemarahan, padahal tangisan juga sebenarnya merupakan salah satu bagian dari emosi.

Menangis adalah bentuk emosi yang wajar dilakukan saat kita melihat atau mendengar suatu hal yang membuat kita merasa sedih atau kecewa.

Tapi kita juga harus tetap menyadari situasi dan kondisi yang ada di sekitar, jangan sampai kita menangis di depan banyak orang yang nantinya malah akan membuat kita menjadi pusat perhatian.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan diri supaya kamu tidak mudah menangis, berikut penjelasannya.

Cara Mengendalikan Diri Biar Tidak Gampang Nangis

1. Mengatur Napas

Dengan mengatur napas, kita akan merasa lebih rileks sehingga emosi yang ada dalam diri sedikit demi sedikit bisa diredam.

Untuk mulai mengatur napas, cobalah untuk memejamkan mata kemudian tarik napas yang dalam melalui hidung, lalu hembuskan napas lewat mulut sepelan mungkin.

Dalam setiap tarikan napas ini, cobalah fokus pada satu hal saja, sehingga ini bisa membantu untuk mengalihkan pikiran dari apapun yang membuatmu merasa sedih.

2. Meregangkan Otot Wajah

Saat seseorang menangis biasanya otot wajahnya akan cenderung lebih tegang dari biasanya, oleh karena itu kita bisa coba untuk menggerakan bagian wajah supaya otot menjadi lebih rileks.

Coba lakukan gerakan beberapa kali gerakan seperti berkedip beberapa kali, menaikkan alis, menggerakan lidah ke bagian atas mulut, atau bisa juga dengan memijat pipi menggunakan tangan.

Cara ini bisa dijadikan salah satu solusi untuk menahan diri dan membuat kita tidak mudah untuk menangis.

3. Minum Air

Menangis juga bisa memengaruhi sistem saraf, salah satu yang akan bereaksi adalah membukanya otot bagian belakang tenggorokan yang disebut sebagai glotis.

Minum air putih segar bisa membantu mengembalikan saraf yang sempat tegang tadi dan membuat perasaan kita jauh lebih tenang.

4. Pikirkan Hal-Hal yang Positif

Pikiran memang menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh, maka cobalah untuk mengalihkan pikiran dan memikirkan sesuatu yang lucu atau konyol untuk membantumu menangkal emosi serta membuat kamu bisa menahan diri untuk tidak menangis.

Walaupun tidak mudah, tapi cara ini bisa sedikit membantumu keluar dari perasaan sedih yang mengganggu konsentrasi kamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Olahraga

Salah satu penyebab kamu mudah menangis sebenarnya bisa disebabkan karena banyaknya tekanan, yang akhirnya membuat tubuh dan pikiran kamu menjadi stres.

Untuk menangani hal ini, kamu bisa coba untuk berolahraga yang ternyata bisa membantumu untuk mengontrol emosi.

Sebagai pemula, cobalah untuk melakukan olahraga-olahraga ringan misalnya seperti lari, yoga, atau bersepeda.

Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

6. Menulis Jurnal

Jika menahan tangisan rasanya sangat sulit, kamu mungkin bisa coba menyalurkan emosi melalui tulisan di buku harian.

Kamu bisa menulis apapun yang ingin kamu sampaikan supaya perasaan menjadi sedikit lebih lega dan bahkan bisa membuatmu kehilangan keinginan untuk menangis.

7. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur bisa disebabkan karena adanya perubahan hormon dan stres yang akhirnya membuatmu sulit untuk mengendalikan emosi dan jadi mudah sekali menangis.

Cobalah untuk memikirkan hal-hal yang membuatmu tenang.

Kamu juga harus mencoba untuk istirahat sesuai dengan waktu yang ideal karena akan sangat membantu tubuh dan pikiran supaya bisa lebih sehat serta segar.

Namun menurut buku It’s Okay to Cry karya Twoego, perlu kamu tahu bahwa orang yang mudah menangis sebenarnya bukanlah orang yang cengeng.

Hal ini karena tangisan sejatinya adalah sebuah bentuk luapan emosi yang tidak bisa tersampaikan.

Buku ini juga menjelaskan bahwa saat kamu merasa sakit hati, kamu tidak perlu terus memaksakan diri untuk tersenyum.

Tidak masalah untuk menangis karena ini mungkin bisa menjadi satu-satunya cara supaya kamu bisa lebih lega dan menerima diri sendiri.

Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa membelinya di Gramedia.com atau kamu juga bisa membaca buku versi digitalnya di aplikasi Gramedia Digital.


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.