Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkenalan dengan Tokoh Influencer Nomor Satu Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 25/10/2023, 18:00 WIB
Buku Muhammad Sang Influencer Dunia Sumber Gambar: Gramedia.com Buku Muhammad Sang Influencer Dunia
Rujukan artikel ini:
Muhammad Sang Influencer Dunia
Pengarang: SHODIQ.ELHAMBA
|
Editor Ratih Widiastuty

Influencer Pertama yang Berpengaruh Bagi Umat Islam

Nabi Muhammad merupakan sosok istimewa yang sangat berpengaruh bagi semua umat Islam.

Kisah hidupnya telah diceritakan berulang-ulang, baik melalui lisan maupun tulisan kepada setiap generasi yang silih berganti.

Sifat dan akhlaknya yang mulia tak pernah lekang oleh zaman, selalu relevan karena dapat kita contoh dan praktikkan di setiap waktu.

Muhammad Sang Influencer Dunia adalah karya nonfiksi terbaru dari Shodiq.elhamba diterbitkan penerbit Quanta—PT Elex Media Komputindo.

Buku ini memuat tentang kisah perjalanan dakwah Nabi Muhammad.

Bagian pembuka berisi tentang awal mula peradaban di kota Makkah sejak kedatangan Nabi Ibrahim, Siti Hajar, dan Nabi Ismail.

Cerita berpindah ke masa ketika agama Islam muncul dan disebarkan melalui tahap-tahap yang tidak selalu berjalan mulus.

Tentang bagaimana Nabi Muhammad yang pantang menyerah dalam berdakwah meskipun dihadang segala macam cobaan dan rintangan, melawan hal-hal batil dengan kebenaran yang dibawanya.

Mayoritas penduduk kota Makkah yang masih memeluk agama nenek moyangnya menentang keras ajaran baru yang disebarkan oleh Rasulullah.

Mereka memperlakukan umat Islam dengan buruk sehingga Nabi Muhammad dan para pengikutnya harus hijrah ke kota Habasyah dan Yatsrib.

Setelah kedatangan Nabi Muhammad, kota Yatsrib berganti nama menjadi kota Madinah.

Belum lagi dengan munculnya peperangan antara pasukan Islam melawan orang-orang kafir seperti Perang Badar dan Perang Uhud.

Kalau sudah berbicara tentang Nabi Muhammad, tentu saja kita tidak bisa lepas dari keberadaan tokoh-tokoh yang berperan penting dalam kehidupan beliau.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Mulai dari sosok pria terhormat seperti Abdul Muthalib, Aminah Sang Ibunda yang dimuliakan oleh Allah, Abdullah yang menjadi kebanggaan kota Makkah, pribadi yang sabar seperti Halimah si ibu susu, dan Abu Thalib yang penyayang.

Para istri Rasulullah seperti Khadijah dan Aisyah turut muncul di dalam buku ini.

Mereka adalah cerminan wanita sholehah yang patut dijadikan role model bagi wanita muslim masa kini.

Tak hanya itu, buku ini juga membahas beberapa nama para sahabat setia yang menyertai Nabi Muhammad selama beliau menyampaikan risalah Tuhan.

Setelah melihat judulnya yang menarik, saya merasa bahwa buku ini sangat tepat dijadikan sebagai salah satu media dakwah di era modern seperti sekarang.

Biografi Nabi Muhammad yang Tertulis Apik

Biografi Nabi Muhammad disajikan dengan narasi yang apik.

Penulis menghadirkan kisah hidup Sang Utusan Terakhir lewat kata-kata ala novel bergenre romance.

Hal ini menimbulkan kesan seperti seorang pujangga yang sedang merindukan kekasihnya.

Sesuatu yang bisa dibilang unik dan membawa kesegaran sebab biasanya buku-buku dengan bahasan serup dikemas dalam bentuk penulisan yang cenderung kaku.

Gaya bahasanya yang puitis membuat saya sebagai pembaca merasa tersentuh sehingga jadi terpancing ingin membuka terus setiap halamannya.

Walau tidak membahas kisah Nabi Muhammad hingga akhir hayatnya, buku ini cocok untuk kalangan anak muda yang ingin mengenal sosok Nabi Muhammad lebih dalam tanpa perlu khawatir soal sejarah yang selama ini akrab dengan kata "membosankan" dan "bikin ngantuk".

Karena sudah menjadi kewajiban kita sebagai muslim untuk mengetahui, memetik, dan mengamalkan sifat-sifat terpuji dari Sang Suri Teladan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Lewat buku ini kita dapat menyadari betapa pentingnya untuk meneladani akhlak Nabi Muhammad seperti berperilaku sabar, jujur, rendah hati, ikhlas, amanah, selalu berprasangka baik atau husnudzan, tawakal, dan senantiasa memuliakan sesama manusia.

Dapatkan buku Muhammad Sang Influencer Dunia di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com