Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Cerita Pendek tentang Hewan yang Penuh Makna dan Pesan Moral

Kompas.com - 30/08/2023, 16:48 WIB
Cerita Pendek tentang Hewan  Sumber Gambar: Freepik.com Cerita Pendek tentang Hewan 
Rujukan artikel ini:
60+ Dongeng Fabel Sepanjang Masa
Pengarang: Husna Widyani
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Membaca buku bersama anak bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada anak.

Salah satu buku yang cocok untuk dibaca bersama anak adalah buku yang berisi cerita-cerita pendek tentang hewan atau biasa juga disebut sebagai fabel.

Menurut KBBI, fabel adalah cerita yang menggambarkan watak dan perilaku manusia, tapi diperankan oleh hewan dan biasanya berisi pesan moral tentang kehidupan.

Satu fabel biasanya akan melibatkan lebih dari satu hewan yang bisa berbicara sehingga anak bisa ikut berpetualang dan berimajinasi saat membaca kisah-kisahnya.

Ada banyak sekali pilihan cerita pendek tentang hewan yang bisa dibaca, berikut adalah beberapa contohnya.

Kumpulan Cerita Pendek tentang Hewan

1. Buaya yang Lengah dan Kancil yang Cerdik

Mengisahkan tentang seekor kancil yang kelaparan, tapi tiba-tiba bertemu dengan buaya yang berada di tepi sungai.

Kancil kemudian berteriak dan mengganggu kawanan buaya yang tengah beristirahat.

“Kancil, diam kamu! Kalau tidak, kami akan memakan kamu setelah ini.” Kata salah satu buaya yang merasa terganggu dengan kehadiran kancil.

Kancil kemudian mengatakan bahwa dia adalah utusan dari raja hutan yang diminta untuk menyampaikan pesan kalau sang raja ingin memberikan hadiah istimewa kepada para buaya.

Dengan kecerdikannya, kancil meminta para buaya untuk berkumpul, dia juga mulai menghitung buaya itu satu persatu sampai akhirnya dia tiba di seberang sungai.

Tidak lama kemudian, kancil berlari ke tengah hutan dan berhasil lolos dari kawanan buaya yang mengancam ingin memakannya.

2. Musim Dingin Belalang dan Semut

Belalang yang sedang bersantai tiba-tiba melihat kawanan semut berjalan sambil membawa biji jagung ke dalam sarangnya.

Saat semut keluar dari sarangnya, belalang mengajak semut untuk pergi ke hutan dan bersenang-senang.

Para semut menolak dan menyuruh belalang untuk segera mengumpulkan makanan dan bersiap karena musim dingin akan segera tiba sebentar lagi.

Belalang memilih mengabaikan cerita semut dan pergi berjalan-jalan sendirian, ia bahkan tidak peduli tentang musim dingin dan tidak mau repot mengumpulkan makanan.

Akhirnya musim dingin tiba dan belalang tidak memiliki cadangan makanan untuk bertahan hidup, sementara para semut tengah menikmati kehangatan di sarangnya dan tidak perlu takut akan kelaparan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Tupai yang Sombong

Di sebuah hutan, ada seekor tupai yang terkenal sombong karena sering sekali mengejek binatang lain, terutama kancil dan kura-kura.

Saat kancil dan kura-kura sedang bermain bola, tanpa sengaja bola itu kemudian tersangkut di pohon dan membuat keduanya kebingungan untuk mengambil bola tersebut.

Tupai tiba-tiba saja keluar dari sarangnya sambil berkata, “Kasian sekali kalian, pasti kalian tidak bisa mengambil bola itu, hahaha.”

Tupai mengambil bola itu dan menolak untuk mengembalikannya kepada kancil dan kura-kura.

Sampai akhirnya keduanya memilih untuk pulang karena malas melihat tingkah laku tupai yang sombong dan aneh, mereka juga sudah rela kalau bola tersebut nantinya akan menjadi milik si tupai.

Tupai kaget mendengar kancil dan kura-kura berteriak sehingga ia kehilangan konsentrasi dan terjatuh ke dalam kubangan sisa air hujan.

Bola yang dipegang tupai kemudian berhasil ditangkap oleh kura-kura dan kancil, mereka juga menertawakan tupai yang tubuhnya basah dan dipenuhi oleh lumpur.

4. Dua Kambing yang Egois

Pada hari siang yang terik, ada 2 ekor kambing yang ingin menyeberangi jembatan, sayangnya jembatan tersebut sudah rapuh dan tidak bisa dinaiki sekaligus.

Kedua kambing tersebut sama-sama ingin menyeberang dan tidak ada satupun yang mau mengalah.

Di antara keduanya juga tidak ada yang mau memberi jalan, sampai akhirnya tanpa sadar mereka sudah sampai ke tengah jembatan.

Saat mereka bertengkar dan adu kekuatan satu sama lain, jembatan itu mulai goyang dan akhirnya ambruk sehingga kedua kambing itu jatuh ke sungai secara bersamaan.

Itu dia beberapa contoh cerita pendek tentang hewan yang bisa kamu baca bersama anak, atau juga bisa kamu bacakan kepada anak sebelum tidur.

Kalau masih kurang, kamu bisa temukan banyak cerita lainnya dalam buku 60+ Dongeng Fabel Sepanjang Masa karya Husna Widyani.

Buku ini berisi lebih dari 60 kisah tentang hewan yang seru, unik, dan tentunya bisa menghibur anak-anak di waktu luang mereka.

Tidak hanya itu, di setiap akhir ceritanya juga akan dilengkapi dengan pesan moral yang bisa dipelajari dan mulai diterapkan oleh anak dalam kehidupannya sehari-hari.

Dengan rajin membaca dongeng, anak-anak akan lebih mudah berempati pada sesuatu dan sekaligus juga bisa membangun kecerdasan emosionalnya sejak usia dini.

Buku ini bisa segera kamu pesan di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com