Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngaji Literasi dukung Penyusunan Naskah E-Book 1000 Tulisan Santri, PM Ummul Quro Al-Islami Bogor Raih Penghargaan Rekor MURI

Kompas.com - 14/07/2023, 12:04 WIB
Ngaji Literasi Sumber Gambar: Dok. Elex Media Komputindo  Ngaji Literasi
Rujukan artikel ini:
Santri Menulis
Pengarang: Ahmad Rifa`i Rif`an
|
Editor Ratih Widiastuty

Jakarta, 13 Juli 2023 - Pondok Modern Ummul Quro Al - Islami (PM. UQI) Leuwiliang Bogor berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada, Kamis, (13/08/2023).

Berlokasi di Mall Of Indonesia Kelapa Gading Jakarta, MURI memberikan penghargaannya kepada Pondok Modern Ummul Quro Al-Islami atas terciptanya Electronic Book (E-Book) yang ditulis oleh santri terbanyak.

Dalam hal ini, Ngaji Literasi dan Elex Media turut mendukung dalam proses penyusunan naskah E-Book 1000 tulisan santri hingga membantu proses penjualan E-Book tersebut ke platform Gramedia Digital.

Ketua Yayasan Pendidikan Ummul Quro Al-Islami, Saiful Falah, menuturkan rasa bangganya atas pencapaian santri PM UQI yang telah mengharumkan nama Pesantren pada kancah rekor nasional.

"Alhamdulillah Rekor Muri ini prestasi santri, atas dorongan para guru dan atas support dari Tim Elex Media dan Ngaji Literasi, ini hadiah untuk Pesantren yang sedang merayakan ulang tahunnya yang ke tiga puluh," tutur Saiful Falah.

Lebih lanjut, dirinya juga memberikan apresiasi kepada segenap tim majalah MISSI PM UQI yang telah bekerja keras memotivasi para santri agar lebih giat menulis sehingga terciptanya E-Book tersebut.

"Terkait dengan tulisan seribu santri ada tim dari majalah MISSI yang terjun langsung ada Roza, kemudian Agung, dan yang lainnya. Mereka luar biasa, mendorong santri untuk nulis, kemudian menuliskan artikel dari tulisan tangan ke komputer dan ini hasil perjuangan mereka," jelasnya.

Adapun harapannya, sambung Saiful Falah, bisa memotivasi santri yang lain dan juga para alumni untuk bisa menciptakan karya pribadi di bidang literasi.

"Jadi menulis itu sebuah agenda menciptakan monumen pribadi, jika Indonesia dengan prakarsanya Soekarno bikin monumen nasional (Monas). Kita sebagai individu ya bikin monumen pribadi dengan cara menulis, itu akan menjadi monumen pribadi yang dikenang sepanjang hayat," tutup Saiful falah.

Ngaji Literasi Ngaji Literasi

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Profil Perusahaan

Ngaji Literasi adalah sebuah program literasi untuk santri yang diinisiasikan oleh Gramedia.

Gramedia sebagai kelompok penerbit terbesar dan jaringan toko buku terluas di Indonesia ingin turut serta mewujudkan program literasi yang dijalankan pemerintah.

Gramedia ingin mengampanyekan dan menumbuhkan budaya membaca dan menulis, khususnya di pesantren-pesantren di Tanah Air.

Melalui program Ngaji Literasi, Gramedia ingin berbagi wawasan dan keterampilan bagi para santri dan pesantren melalui buku-buku dan penulis-penulis yang telah bekerja sama dengan Gramedia.

PT Elex Media Komputindo adalah sebuah perusahaan penerbit di Indonesia yang mengkhususkan diri dalam penerbitan buku, komik, majalah, novel, dan media cetak lainnya.

Didirikan pada tanggal 15 Januari 1985, Elex Media Komputindo merupakan salah satu anak perusahaan dari Kompas Gramedia Group.

Berdiri pada tahun 1970, PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia adalah salah satu Strategic Business Unit (SBU) Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bisnis retail dengan produk utama buku dan alat-alat tulis.

Hal ini berkaitan dengan misi untuk ikut berperan dalam usaha mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan.

Hingga 2020, Gramedia telah memiliki 122 stores yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam perkembangannya, PT Gramedia Asri Media melakukan pengembangan usaha seperti ekspor dan distribusi buku, pengadaan stationery, produk multimedia, fancy, CD, alat musik dan olahraga, serta penerbitan, dengan private label seperti Gramedia Kids, Teeny Teensy, Eversac dan Millors.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com