Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngaji Literasi hadir di Pondok Pesantren Nurul Huda Bekasi, Dukung Santri Indonesia Melek Literasi

Kompas.com - 05/06/2023, 10:56 WIB
 Ngaji Literasi Sumber Gambar: Dok. Elex Media Komputindo  Ngaji Literasi
Rujukan artikel ini:
Seperti Al-Ghazali
Pengarang: Dodi Mawardi
|
Editor Ratih Widiastuty

Bekasi, 2 Mei 2023 – Gramedia Kembali hadir mengadakan acara Ngaji Literasi di Pondok Pesantren Nurul Huda, Setu, Bekasi.

Pada acara ini, Ngaji Literasi berkolaborasi dengan penerbit Elex Media Komputindo, Toko Gramedia Cileungsi, dan Yayasan Pesantren Nurul Huda Setu Bekasi.

Acara ini dilakukan selama tiga hari, mulai hari Jum’at s/d Ahad.

Selain itu, acara Ngaji Literasi terdiri dari berbagai rangkaian acara seperti, Bazar Buku Gramedia, Seminar Motivasi Menulis, serta Kelas Kepenulisan.

 Ngaji Literasi Ngaji Literasi

Pada hari Jum’at (2/6), acara Ngaji Literasi dibuka dengan Seminar Motivasi Menulis yg disampaikan oleh Dodi Mawardi, penulis buku Seperti Al-Ghazali; Mengapa Santri Harus Menulis, serta salah satu penulis Best Seller Gramedia.

 Ngaji Literasi Ngaji Literasi

Peserta dalam acara Ngaji Literasi ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi MA Pondok Pesantren Nurul Huda, Setu Bekasi yang tergabung dalam kelas menulis dan siswa/i lain yang punya ketertarikan dalam bidang kepenulisan dan penerbitan buku.

 Ngaji Literasi Ngaji Literasi

Acara Ngaji Literasi kemudian dilanjutkan dengan kelas kepenulisan yang dibawakan oleh dua editor Penerbit Quanta, Kak Luky dan Kak Hedi.

Dalam kelas tersebut, peserta diarahkan untuk bagaimana membuat tulisan yang menarik dengan menggunakan outline dan struktur tulisan yang baik dan benar.

Kepala Sekolah MA (Madrasah Aliyah) Nurul Huda juga turut mengatakan bahwa dengan adanya acara Ngaji Literasi ini tentu akan sangat bermanfaat bagi seluruh santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Bekasi dalam memberikan motivasi kepada siswa-siswi agar semangat menulis sehingga nanti punya buku karya mereka sendiri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

 Ngaji Literasi Ngaji Literasi

Sebagai bentuk dukungan terhadap literasi santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Bekasi, Ngaji Literasi juga mengadakan Bazar Buku Gramedia selama tiga hari berturut-turut, dari Jum’at s/d Ahsehingga akan memudahkan bagi para Santri dalam membaca dan membeli buku.

Profil Perusahaan

Ngaji Literasi adalah sebuah program literasi untuk santri yang diinisiasikan oleh Gramedia.

Gramedia sebagai kelompok penerbit terbesar dan jaringan toko buku terluas di Indonesia ingin turut serta mewujudkan program literasi yang dijalankan pemerintah.

Gramedia ingin mengampanyekan dan menumbuhkan budaya membaca dan menulis, khususnya di pesantren-pesantren di Tanah Air.

Melalui program Ngaji Literasi, Gramedia ingin berbagi wawasan dan keterampilan bagi para santri dan pesantren melalui buku-buku dan penulis-penulis yang telah bekerja sama dengan Gramedia.

PT Elex Media Komputindo adalah sebuah perusahaan penerbit di Indonesia yang mengkhususkan diri dalam penerbitan buku, komik, majalah, novel, dan media cetak lainnya.

Didirikan pada tanggal 15 Januari 1985, Elex Media Komputindo merupakan salah satu anak perusahaan dari Kompas Gramedia Group.

Berdiri pada tahun 1970, PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia adalah salah satu Strategic Business Unit (SBU) Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bisnis retail dengan produk utama buku dan alat-alat tulis.

Hal ini berkaitan dengan misi untuk ikut berperan dalam usaha mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan.

Hingga 2020, Gramedia telah memiliki 122 stores yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam perkembangannya, PT Gramedia Asri Media melakukan pengembangan usaha seperti ekspor dan distribusi buku, pengadaan stationery, produk multimedia, fancy, CD, alat musik dan olahraga, serta penerbitan, dengan private label seperti Gramedia Kids, Teeny Teensy, Eversac dan Millors.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com